Sukses

Jakarta X Beauty 2022, Produk Kecantikan Berbahan Aktif dan Minimalis Masih Jadi Jagoan

Jakarta X Beauty 2022 akan berlansung sampai 31 Juli 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta X Beauty (JXB) kembali terselenggara pada 28--31 Juli 2022 setelah absen dua tahun akibat pandemi COVID-19. Tidak kurang dari 200 booth merek kecantikan, lokal maupun internasional, yang memenuhi Hall A dan B Jakarta Convention Center (JCC).

Berdasarkan pengamatan Liputan6.com, Kamis, 28 Juli 2022, beauty brands yang berpartisipasi menawarkan keunggulan produk masing-masing. Tdak sedikit dari mereka yang tetap mengandalkan produk berbahan aktif dan langkah perawatan kulit minimalis sebagai jagoan, terutama untuk lini skincare.

Mineral Botanica jadi salah satu jenama lokal yang memboyong tiga serum hero mereka ke JXB 2022. Marketing manager-nya, Mellisa Fortunita, berkata saat ditemui di booth mereka di Hall B, "Ada serum (yang mengandung) Ceramide, Hyaluronic Acid, dan Niacinamide."

Lebih lanjut, Puteri Indonesia DKI Jakarta 2018 itu menjelaskan fungsi masing-masing serum. "Ceramide ini lebih sebagai anti-aging, lalu Hyaluronic Acid itu melembapkan kulit, dan Niacinamide cocok jadi perawatan pemilik kulit berjerawat dan kemerahan."

Di samping, Mellisa menyebut bahwa semua produk Mineral Botanica juga menggunakan bahan nabati dan tidak ada hewan yang diuji dalam prosesnya. Sementara itu, ELSHESKIN, yang baru saja re-branding logo mereka, memperkenalkan semata bahan-bahan esensial dalam produk.

Mereka mengklaim menghindari 36 bahan yang tidak diperlukan kulit, seperti oxybenzone, silikon, mineral oil, pewarna, dan pewangi. Sr. Media and Brand Partnership ELSHESKIN, Delia Everlin, mengatakan ketika ditemui di booth mereka di Hall A JXB 2022, "Misalnya, pewangi mungkin enak karena memberi aroma, tapi ternyata itu tidak diperlukan kulit. Jadi, ada tidaknya itu tidak memberi manfaat nyata pada kulit."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ragam Diskon

Pengunjung Jakarta X Beauty 2022 juga bisa mendapat ragam pengalaman langsung seputar kecantikan. Waterbased nail polish brand, Kynd, jadi salah satu yang mempersilakan pengunjung mencoba berbagai produk dan ragam aktivitas di booth mereka.

Kemudian, ada kumi yang memberikan layanan trial callus treatment secara cuma-cuma. Ada juga berbagai gerakan ramah lingkungan, seperti menukarkan botol skincare kosong untuk mendapatkan produk tabir surya di booth ACESKIN.

Di samping, tentu ada berbagai diskon yang dihadirkan hampir seluruh merek yang berpartisipasi di sana. Promosi ini ada yang berupa potongan harga langsung maupun mengadakan flash sale di jam-jam tertentu. Seperti pada Kamis sore, 28 Juli 2022, saat Avoskin menggelar flash sale antrean di booth mereka sampai mengular.

Pengunjung JXB juga bisa mengikuti rangkaian acara panggung, mulai dari beauty talkshow yang inspiratif hingga live performance oleh banyak influencer dan selebritas. Ini termasuk Raisa, Reza Artamevia, Tasya Farasya, Andien Aisyah, Abel Cantika, Tyna Dwi Jayanti, dan Refal Hady. Acara tahunan Female Daily tersebut sebelumnya sudah terselenggara di Surabaya tahun ini sebelum berlangsung di Jakarta.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

#YourBeautyMission

Jakarta X Beauty kali ini mengusung tema #YourBeautyMission, seperti yang digaungkan pada Surabaya X Beauty, Maret lalu, menurut keterangan meeka. Ini adalah sebuah ajakan untuk para penggemar kecantikan agar melakukan aksi-aksi untuk membawa perubahan, baik untuk diri sendiri maupun lingkungan.

Bisa diawali dengan hal-hal sederhana, seperti selalu mengaplikasikan tabir surya dan menjalani gaya hidup sehat demi kondisi kulit yang lebih baik, mulai memilah sampah dari produk kecantikan, berani menampilkan keunikan diri sendiri seperti warna kulit dan gaya makeup, serta memulai bisnis kecil di dunia kecantikan.

"Bangga sekali Female Daily dapat kembali menghadirkan Jakarta x Beauty tahun ini. Bagian yang paling menyenangkan dan mengharukan adalah melihat bagaimana industri kecantikan di Indonesia sudah jauh berkembang pesat sejak JXB pertama kali diadakan di 2017," kata CEO Female Daily Network, Hanifa Ambadar.

Ia menyambung, "Mereka bukan hanya berjualan produk, tapi juga menyebarkan banyak hal positif ke para beauty enthusiast, mulai dari bagaimana caranya mencintai diri sendiri, menjaga lingkungan, dan memiliki program-program CSR-nya masing-masing. Dengan semangat seperti ini, industri kecantikan di Indonesia pasti akan semakin melesat."

4 dari 4 halaman

Sederet Agenda Baru

Jakarta X Beauty 2022 juga menghadirkan sederet agenda baru. Di antaranya ada Showcase Best of Beauty Awards Winners untuk menemukan produk-produk unggulan yang terpilih sebagai pemenang penghargaan tahun lalu sebagai referensi belanja.

Lalu, Jastip Lounge dan shipping service khusus untuk kenyamanan pengunjung yang membuka jasa titip (jastip). Lalu, Live Shopping bersama para host yang terkenal di Instagram dan TikTok untuk menginformasikan beragam diskon menarik.

Ada juga Beauty Flatlay Station yang mewadahi para pengunjung berekspresi melalui foto-foto produk kecantikan yang baru saja mereka beli. Berikutnya adalah Beauty Empties Station yang menampung kemasan produk kecantikan bersih dan kosong milik pengunjung untuk didaur ulang.

Tidak ketinggalan, #YourBeautyMission Challenge yang bisa diikuti semua pengunjung. 100 peserta yang bisa menyelesaikan beberapa tantangan yang diberikan akan mendapat poin untuk ditukar dengan produk gratis di area point redemption station. Terakhir, permainan oleh FD Dudes yang akan berkeliling selama Jakarta x Beauty 2022 untuk memberi pertanyaan berhadiah produk gratis di area point redemption station.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.