Sukses

Biar Hubungan Langgeng, Kamu dan Dia Wajib Tahu 5 Bahasa Kasih Ini

Menggandeng tangan atau mengusap kepala sebagai bentuk perhatian juga termasuk bahasa cinta.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memang selalu punya cerita cintanya sendiri. Pastinya akan sulit jika membandingkan jalinan asmaramu dan pasangan dengan pasangan lainnya. 

Pada akhirnya setiap pasangan mempunyai jalan idealnya sendiri untuk membangun hubungan agar lebih langgeng. Nah, bicara tentang hubungan yang langgeng, nggak lepas dari yang namanya mengungkapkan perasaan. 

Menurut Dr. Gary Chapman dalam buku berjudul The Five Love Languages, perasaan masuk kategori dalam bahasa kasih yang terbagi dalam lima kategori, yaitu kata-kata cinta, menghabiskan waktu bersama, memberi hadiah, melayani, dan sentuhan fisik. Selain itu, menurut Psikolog Elizabeth Santosa, penting bagi pasangan untuk memahami seperti apa tipe pasangannya.

"Ada tipe-tipe bahasa kasih yang kita perlu tahu dan harus dipahami. Pasangan kita masuk kategori yang mana jadi kita bisa memberikan kasih sayang secara tepat," jelas Elizabeth yang akrab disapa Lizzie. 

Biar lebih jelas, yuk simak lima bahasa kasih berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kata Cinta

Words of Affirmation atau kata cinta merupakan kategori pertama dengan pribadi yang memiliki tipe yang senang jika sering mendapatkan ungkapan cinta. Lizzie mencontohkan orang yang masuk ke dalam kategori ini, misalnya wanita yang senang dipuji atau mendapat puisi dari pasangannya.

 

3 dari 6 halaman

2. Waktu Berkualitas

Kamu pasti mendambakan waktu yang berkualitas (quality time) dalam hubungan kan? Menjadi hal yang lumrah, jika kamu lebih senang menghabiskan waktu berdua pasangan, dibandingkan menerima hadiahnya. Selain itu, orang yang termasuk kategori ini biasanya akan lebih memilih fokus terhadap pasangannya daripada sibuk memainkan gadget.

 

4 dari 6 halaman

3. Melayani

Acts of service atau melayani merupakan tipe orang yang senang apabila mendapatkan bantuan dari pasangannya. Bantuan itu nggak harus sesuatu yang rumit, melainkan bisa diwujudkan melalui hal simpel seperti membantu saat pasangannya mengerjakan tugas yang sulit. Jika kamu sudah berumah tangga, bisa juga dengan membantu pasangan menyelesaikan pekerjaan rumah. Bahu membahu dalam rumah tangga pastinya akan memunculkan rasa bahagia tersendiri, baik untuk pasangan dan untuk dirimu. 

 

5 dari 6 halaman

4. Sentuhan Fisik

Kategori ini biasanya masuk ke dalam kategori orang yang mengartikan hubungan percintaan melalui sentuhan sebagai cara menunjukkan kasih sayang. Misalnya, menggandeng tangan atau mengusap kepala sebagai bentuk perhatian. Lizzie menjelaskan, manfaat memahami tipe bahasa kasih yaitu agar setiap pasangan dapat menjalani hubungan yang lebih berkualitas.

 "Jangan sampai pasangan kita tipe yang ingin quality time, tapi yang kita kasih justru pujian atau hadiah," jelasnya. 

 

6 dari 6 halaman

5. Menerima Hadiah

Orang yang masuk dalam kategori ini biasanya senang apabila pasangannya memberikan sesuatu hal terhadapnya. Lizzie menjelaskan, orang yang masuk kategori ini bukan berarti matrelialistis.

"Kategori ini bukan berarti matre, hadiah juga nggak harus mahal, bisa dengan hadiah buatan sendiri. Tapi lebih kepada senang diberikan sesuatu yang nyata sebagai bentuk perhatian," papar Lizzie.

Nah, jika pasanganmu adalah tipe ini, tentunya kamu dapat memberikan hadiah spesial untuknya. Ketika kamu mengajaknya makan malam romantis misalnya, kamu bisa memberikannya perhiasan berlian model terbaru dari butik perhiasan mewah. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini