Sukses

Kanye West Dituduh Nunggak Biaya Sewa 13 Baju Desainer Langka Seharga Lebih dari Rp6 Miliar

Kanye West juga disebut belum mengembalikan 13 baju desainer langka yang dipinjamnya dari seorang konsultan.

Liputan6.com, Jakarta - Kanye West kembali terbelit kasus. Kali ini, peraih Grammy 24 kali itu dituduh menunggak biaya sewa sekitar 13 baju branded yang dipinjamnya dari Maret 2020.

Tuntutan diajukan pengarsip mode David Casavant. Stylist, kolektor, dan konsultan mode berusia 31 tahun itu menuntut rapper tersebut melunasi biaya sewa baju yang ditunggak sebesar 221 ribu dolar AS dan membayar 195 ribu dolar AS sebagai ganti rugi 13 "baju langka dan berharga" yang hilang. Total, biaya yang harus dibayar Kanye mencapai lebih dari Rp6,2 miliar.

Menurut TMZ, Casavant mendata ada 13 dari 49 pakaian yang belum dikembalikan Kanye. Di antara 49 pakaian yang terdaftar dalam invoice David adalah jaket denim biru vintage yang didesain Helmut Lang.

Dikutip dari laman Daily Mail, Jumat (8/7/2022), Ye mengenakan jaket jins Helmut Lang itu untuk penampilannya di video musik Rihanna berjudul Four Five Seconds. Video musik yang dirilis pada 2015 itu disutradarai Inez dan Vinoodh.

David Casavant Archive telah bekerja sama dengan Kanye sejak 2014. Selama itu, mereka tidak pernah bermasalah sebelumnya. Tapi menurut DCA, pria yang mengubah namanya jadi Ye itu berhenti membayar biaya sewa mingguan untuk 13 baju desainer yang disewanya.

Dari daftar yang diperoleh TMZ, di antara baju itu berupa hoodies, cape, celana kargo, dan jaket parka bernilai 50 ribu dolar AS karya desainer Helmut Lang, Raf Simons, dan Ann Demeulemeester. Pihak Kanye West belum menanggapi tudingan tersebut hingga saat ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dandani Kim

Casavant menjalin kerja sama tidak hanya dengan Kanye, tapi juga mantan istri si rapper, Kim Kardashian. Ia bahkan sudah 12 kali tampil dalam portofolio online milik David, termasuk saat mengenakan celana kargo Helmut Lang bersama putranya, Saint West.

Foto Kim dan putranya diunggah Casavant pada Februari 2020. Casavant yang lahir di Tennessee, New York itu juga meminjamkan pakaian desainer pada Travis Scott, Rihanna, Paul McCartney, Lady Gaga, Kendrick Lamar, Pharrell, Lorde, Tom Brady, 21 Savage, Young Thug, dan Solange.

Di luar masalah itu, publik mengapresiasi pengaruh Kanye pada dunia fesyen. Bersama Adidas, mereka melambungkan brand Yeezy hingga meraup untung jutaan dolar.

Ia juga memengaruhi gaya busana Kim Kardashian selama bertahun-tahun. Kim bahkan menyebut rapper itu terobsesi mendandaninya. Saat keluar untuk makan siang dengan saudara perempuannya, Kourtney dan Khloe, Kim mengungkap bahwa Kanye West mengatakan, "Ia ingin berhenti dari segalanya dan mendedikasikan hidupnya untuk jadi stylist saya."

"Kanye selalu mendandani saya," Kim mengaku. "Pada awal 2000-an, ia benar-benar hanya mengirimi saya e-mail random dengan semua penampilan ini dan seperti apa gaya saya seharusnya.

3 dari 4 halaman

Penopang Fashion

Selama delapan tahun pernikahan mereka, Kanye kerap membantu Kim menemukan inspirasi gayanya. "Ketika berbicara tentang gaya saya, saya selalu memiliki Kanye sebagai penopang seperti ini untuk mengajari saya banyak hal tentang mode," tambahnya.

Setelah Kanye dan Kim berpisah, ia kehilangan penopang fesyennya selama ini hingga memaksanya mencari tahu sendiri. Ia mengaku selama ini selalu bergantung pada orang lain.

"Saya pikir selama ini saya selalu bergantung pada orang lain. Saya lupa bahwa saya punya pendapat juga. Dan saya lupa bahwa saya juga bisa membuat keputusan," ucap Kim.

Ia menambahkan, "Kanye akan mengirimi saya begitu banyak gambar referensi, sehingga selalu jadi hal yang kami sukai. Tapi, ada juga sisi saya yang menginginkan kemerdekaan total juga."

"Saya hanya ingin pakaian berbaris di kamar saya – saya robot. Saya akan melakukannya seperti itu," katanya pada Kourtney dan Khloe.

 

 

4 dari 4 halaman

Koleksi Baju Kim

Kim juga sempat mengungkap soal gudang besar di rumahnya yang berfungsi menampung baju-baju yang pernah dipakainya selama 15 tahun tampil sebagai selebritas. Pendiri label SKIMS itu memperkirakan ada sekitar 30 ribu baju yang tersimpan di gudang rumahnya.

"Aku sekarang sedang dalam perjalanan yang benar-benar seru hanya untuk menebak seperti apa era fashion baruku nanti. Aku hanya berharap, sejujurnya, untuk menemukan sedikit inspirasi hari ini, karena aku memiliki begitu banyak banyak dari era mode yang berbeda," ujarnya dalam episode The Kardashian terbaru, dikutip dari laman People.

Kim mengaku sangat senang melihat koleksi baju-baju lamanya agar ia bisa mengenang kembali masa lalu sekaligus mencari tahu ke arah mana ia akan bergerak berikutnya. Dalam episode tersebut, ia juga membahas soal mendefinisikan ulang gayanya setelah perceraian dari Kanye.

Tidak hanya menimbun, Kim juga mendaur ulang koleksi lamanya agar bisa dikenakan dengan tampilan baru. Pada akhir Mei lalu, ia mengaku bahwa gaun yang dikenakan dalam pesta pernikahan Kourtney Kardashian dan Travis Barker di Italia juga pernah dikenakannya 11 tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.