Sukses

Ratu Elizabeth II Tampil Lagi di Depan Publik, Tebar Senyum Semringah

Liputan6.com, Jakarta - Ratu Elizabeth II sempat tidak terlihat di depan publik selama beberapa pekan. Kini, ia kembali tampil di muka umum. Ratu terlihat bahagia dengan membagikan senyum semringah saat melakukan tugas kerajaan di Skotlandia.

Istana Buckingham sebelumnya mengatakan bahwa Ratu, yang telah mengalami masalah mobilitas selama beberapa bulan terakhir, mungkin tidak bisa lagi melakukan perjalanan.

Namun, penggemar kerajaan terkejut sekaligus gembira setelah video Ratu Elizabeth II turun dari kereta di Edinburgh tanpa bantuan dibagikan oleh media sosial resmi Kerajaan Inggris. Seorang pengguna Twitter menulis, "Sungguh senyuman yang luar biasa, Yang Mulia," sementara yang lain menambahkan, "Bukankah Ratu kita terlihat luar biasa?!"

Di Instagram, penggemar kerajaan hampir tidak bisa menahan kegembiraan mereka. Salah satunya berkomentar, "Sang Ratu terlihat luar biasa. Dia pasti senang berada di Skotlandia."

Ratu Elizabeth II dipercaya tengah memiliki semangat yang baik saat ia mengambil bagian dalam upacara penting yang berlangsung di halaman depan Holyroodhouse, kediaman resmi bangsawan di Skotlandia.

Melansir Daily Beast, Rabu, 29 Juni 2022, selama upacara, Ratu secara simbolis menyerahkan kunci ibu kota Skotlandia oleh Lord Provost. Sesuai tradisi, ia kemudian mengembalikan kunci dengan mempercayakan para pejabat terpilih untuk menyimpannya.

Ratu tersenyum berdiri di halaman depan istana, dengan seorang anggota rombongannya memegang payung di atas kepalanya. Ia bergabung dengan putra bungsunya, Pangeran Edward, dan istrinya Sophie.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Upacara Angkatan Bersenjata

Sepanjang acara, Ratu Elizabeth II beberapa kali menebar senyum semringah seakan menandakan kondisi tubuhnya sudah semakin fit. Kunjungan itu dilakukan tiga pekan setelah Platinum Jubilee yang menandai 70 tahun dirinya bertakhta di Kerajaan Inggris.

Meski kondisinya tampak membaik, fakta bahwa Ratu Elizabeth II sudah berusia senja membuat dirinya tidak bisa lagi melakukan tugas sesuai kebutuhan.

Pada Selasa, 28 Juni 2022, Ratu juga menghadiri upacara angkatan bersenjata di taman Istana Holyroodhouse. Acara tersebut menampilkan anggota angkatan bersenjata berparade di depan Ratu sebagai bagian dari penyerahan kunci Kastil Edinburgh.

Sebelumnya, Ratu Elizabeth II juga mengubah tatanan rambutnya. Setelah menata rambutnya dengan gaya yang konsisten selama beberapa dekade, rambutnya tampak sedikit lebih pendek dalam foto-foto baru yang dirilis dari pertemuan di Kastil Windsor, minggu lalu.

Dikutip dari People, dalam potret dari pertemuannya dengan Uskup Agung Canterbury Justin Welby dan audiensi dengan Gubernur New South Wales, Margaret Beazley, rambut Ratu terlihat telah dipangkas di bagian belakang dan samping. 

3 dari 4 halaman

Platinum Jubilee

Gaya rambut ini tampak setelah perayaan Platinum Jubilee Ratu awal Juni ini. Gaya rambut Ratu yang lebih panjang sebelumnya terakhir terlihat pada 2 Juni 2022. Tampilan itu terlihat saat ia pergi tanpa topi bertepi lebar khasnya untuk upacara penyalaan suar di awal perayaan empat hari Jubilee-nya.

Ajudan dekat Ratu Elizabeth II, Angela Kelly, baru-baru ini memperbarui buku larisnya The Other Side Of The Coin: The Queen, the Dresser and the Wardrobe untuk memasukkan refleksi tentang kehidupan Ratu selama pandemi Covid-19.

Ia juga menyebut perannya dalam memotong dan mengatur rambut Ratu. Kelly menulis, "Mulai Maret 2020 dan seterusnya saya mencuci rambut Ratu setiap minggu, mengatur dan menatanya, bahkan memangkasnya saat dibutuhkan. Tim saya menamakannya Kelly's Salon."

Meski ini bukan pengalamannya bersama Ratu, Kelly mengakui bahwa ia merasa gugup pada awalnya dan Ratu tahu itu. "Selama dua minggu pertama, saya gemetar," ia mengatakan.

 

4 dari 4 halaman

Menata Rambut

Lebih lanjut Kelly bercerita, "Saya hanya pernah menata rambutnya sekali atau dua kali sebelumnya saat berada di Royal Yacht Britannia. Ratu sangat baik ketika ia menasihati saya tentang cara yang sangat spesifik untuk memasukkan rol."

Saat Kelly semakin nyaman dengan tugas barunya, Ratu tidak takut untuk menyuarakan pendapatnya. "Ketika saya semakin percaya diri, saya yakin Ratu mengira saya seorang profesional dan mulai meneriaki saya, 'Jangan lakukan itu, lakukan dengan cara ini. Itu benar, Anda mengerti, jangan mengubahnya.' Saya berpikir, ya ampun, saya butuh gin dan tonik," ucap Kelly.

Ia menyebut, "Jadi saat Ratu sedang mengeringkan rambutnya, saya berkata kepadanya, 'Saya pergi untuk minum minuman keras karena ini sangat menegangkan, membuatnya tepat untuk Anda."

Setelah "istirahat yang sangat dibutuhkan," Kelly akan kembali ke rumah rias untuk menata rambut Ratu, menggunakan hairspray untuk memastikannya bertahan selama seminggu.

Kelly merasakan tekanan ekstra untuk dua penampilan yang disiarkan pada April 2020 ketika Ratu menyampaikan pidato khusus, dan sekali lagi untuk pidato Natal.