Sukses

Tips Memilih Warna Cat Dinding untuk Rumah Keluarga Milenial

Liputan6.com, Jakarta - Mewujudkan hunian yang nyaman dan penuh kesan menjadi impian banyak orang, tidak terkecuali keluarga milenial. Salah satu aspek yang penting diperhatikan adalah menghadirkan warna cat dinding rumah.

"Keluarga baru mungkin rumahnya belum yang besar, tapi mereka ingin secara detail dapat experience yang berbeda dari setiap ruangan dan itu dipengaruhi oleh warna," kata arsitek Ren Katili dalam acara virtual peluncuran Dulux Experience Store, Senin, 27 Juni 2022.

Ren melanjutkan, warna-warna mewakili suasana hati dan fungsi. Hal tersebut beriringan dengan pilihan untuk menentukan warna cat dinding dengan sentuhan yang memiliki fungsinya masing-masing.

"Biasanya (keluarga milenial) punya anak kecil ada yang diam dan aktif, kalau punya dua anak, warna di kamar anak kalem dikasih warna ceria untuk membangkitkan kreativitasnya," tambah Ren.

Sebaliknya, bagi keluarga yang memiliki anak yang aktif dapat memilih warna lebih ke spektrum biru. Nuansa tersebut akan menghadirkan sentuhan yang lebih kalem dan mereduksi segala hal yang sifatnya aktif.

"Setiap ruangan itu punya fungsi dan di-support dengan warna setiap ruangan," jelasnya.

Ren Katili menambahkan, "Keluarga milenial sudah mulai melek hal-hal yang sifatnya bisa liat di Pinterest dan lain-lain, tapi di balik itu semua ada ilmunya. Makanya, warna-warna setiap ruangan itu akan berbeda-beda."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tren Warna

Ren Katili juga menjelaskan terkait warna cat dinding yang tren tahun ini. "Warna yang tren tahun ini adalah Bright Skies, tahun lalu Brave Ground. Warna-warna sekarang lebih ke warna terang," ungkapnya.

Hal senada turut dikatakan oleh Head of Marketing PT. ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) Niluh Putu Ayu. "(Tren warna sekarang) warna-warna inspirasi seperti langit biru membuka harapan baru," terangnya.

Dalam pemilihan warna, Ren biasanya mendapatkan pertanyaan dari ibu-ibu yang tengah mencari warna yang sesuai dengan pilihan dan hunian mereka. "Saya kasih tahu warna yang sudah ada dengan filosofi-filosofi, jadi mereka akan paham," lanjutnya.

Guna memenuhi kebutuhan masyarakat dalam pencarian cat dinding, Dulux menghadirkan Dulux Experience Store. Di sana, pengunjung dapat menentukan cat dan pelapis yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Dulux Experience Store pertama di Indonesia ini berada di lokasi yang sama dengan Toko Madju Supermarket Bahan Bangunan di Kalimalang, Bekasi.

3 dari 4 halaman

Dulux Experience Store

Menurut Ayu, kehadiran Dulux Experience Store itu diharapkan bisa menghadirkan pengalaman berbelanja yang berbeda bagi masyarakat. Pihaknya menawarkan kemudahan dalam pemilihan pelanggan dalam menentukan warna yang diinginkan.

"Dengan melihat interaksi secara langsung, customer akan merasakan dan di berbagai ruangan memberi kesan yang berbeda," kata Ayu.

Ayu menerangkan, Dulux tidak hanya menjual warna, tetapi juga menjual mood. Itu karena cat dinding tidak hanya sekadar mewarnai rumah, tetapi membangun mood bagi pemilik rumah. "Ditambah warna dilengkapi fitur proteksi."

Dulux Experience Store, disebut Ayu, menyediakan inspirasi tambahan bagi pelanggan. "Saat mereka datang ke store karena kita tahu sekarang ini yang belanja cat bukan hanya bapak-bapak atau tukang, tapi juga milenial moms ingin banget dilibatkan untuk pemilihan cat warna rumah," lanjut Ayu.

"Juga mengubah stigma, bahwa yang ke toko bangunan bukan selalu bapak-bapak, tapi ibu juga sudah banyak yang seperti itu. Kita juga berbangga ide kita satu visi untuk melihat seperti apa consumer behaviour di Indonesia yang ingin melihat, merasakan, dan juga menyentuh," lanjut Ayu.

4 dari 4 halaman

Putih Jadi Warna Cat Rumah yang Paling Disukai

Putih jadi salah satu pilihan warna cat yang paling disukai oleh masyarakat. Putih memberikan kontribusi yang sangat bagus di antara warna-warna yang lain.

"Cat warna-warna yang lain juga banyak yang beli dan disukai, seperti warna kuning. Tapi,cat warna putih yang lebih dominan dibeli orang," kata Head of Marketing PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia), Niluh Putu Ayu di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat, 22 April 2022.

Ayu mengatakan banyak sekali orang yang menggunakan warna putih. Apalagi untuk interior, banyak orang yang menggunakan cat warna putih. "Warna itu yang paling banyak dibeli," tambah Ayu.

Selain warna putih, produsen cat itu juga menggambarkan orang Indonesia cenderung memilih warna cat yang kalem, yakni tone warna pastel yang lembut, mendekati warna putih. "Kayak kuning muda, ivory," kata Ayu.