Sukses

Seoul Fashion Week Bakal Kembali Digelar Oktober 2022

Liputan6.com, Jakarta - Peragaan busana dua tahunan terbesar Korea Selatan, Seoul Fashion Week, akan diadakan secara langsung pada Oktober 2022. Gelaran ini dilaksanakan setelah dua tahun pesta mode ini dibatasi akibat pandemi Covid-19, kata Pemerintah Metropolitan Seoul, Senin, 20 Juni 2022.

Dikutip dari Korea Times, Minggu, 26 Juni 2022, Seoul Fashion Week Spring/Summer 2023 akan dimulai pada 11 Oktober 2022 mendatang. Peragaan busana ini akan berlokasi di Dongdaemun Design Plaza (DDP) di pusat kota Seoul selama lima hari, demikian bunyi pengumuman itu.

Ini akan menjadi acara yang digelar secara langsung untuk pertama kalinya sejak awal pandemi Covid-19. Maka dari itu, kota tersebut juga akan kembali mengundang pembeli global dan wartawan asing ke acara itu.

Langkah ini dilakukan dalam upaya untuk membantu menghidupkan kembali industri mode dalam negeri. Seoul juga telah memperluas cakrawala pertunjukan untuk memasukkan perusahaan mode kecil dengan penjualan tahunan setidaknya 150 miliar won (Rp1,7 triliun) sebagai peserta.

Di sela-sela itu, Seoul juga akan menjadi tuan rumah serangkaian acara. Meski jumlah penonton akan ditentukan di kemudian hari sesuai dengan pedoman anti-pandemi Korea Selatan, kata pejabat kota.

Juga pada Oktober 2022, kota ini akan menyelenggarakan peragaan busana dan stan Seoul Fashion Week di Paris bekerja sama dengan Tranoi, pameran dagang resmi Paris Fashion Week. Pejabat setempat menjelaskan langkah ini dilakukan untuk mempromosikan penjualan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 
2 dari 4 halaman

Kai EXO

Kai EXO menambah daftar panjang portofolionya di dunia fesyen. Pemilik nama asli Kim Jong In didapuk jadi duta global Seoul Fashion Week 2022 pada Selasa, 14 September 2021, lapor allkpop, Rabu, 15 September 2021.

Ia diumumkan sebagai wajah resmi pekan mode bergengsi itu oleh Kota Seoul. Penyelenggara menyatakan, "Duta global kami Kai memiliki pengakuan global dan penggemar di seluruh dunia."

"Kami berharap ia akan meningkatkan kesadaran akan Seoul Fashion Week dan minat di Seoul," imbuhnya. Karena pandemi, acara fesyen itu akan ditayangkan secara digital pada 7 hingga 15 Oktober 2021.

Rangkaiannya dijelaskan akan menampilkan tidak kurang dari 37 film fashion yang berlatar di sederet landmark bersejarah Kota Seoul, termasuk Istana Gyeongbuk yang ikonis. Penetapannya dianggap sebagai "cara kreatif untuk mengajak penonton menyelami sejarah dan budaya Seoul."

Karena itu, "past-present-future" dipilih sebagai konsep besar penyelenggaraannya tahun ini. Rangkaian acara pekan mode ini nanti bisa disaksikan di laman resminya maupun di YouTube.

3 dari 4 halaman

Kata Kai

Di akun Instagram-nya, Kai EXO pun berbagi pesan pribadi. "Seoul Fashion Week 2022, di mana kalian dapat merasakan keindahan tradisional Korea, juga sejarah dan kepekaan Seoul, akan diadakan selama tujuh hari dari 7 hingga 15 Oktober di landasan pacu digital. Kami menantikan perhatian dan cinta kalian," tulisnya.

Kai EXO memang telah secara konstan bercerita soal jatuh hati pada fesyen. Ia didaulat jadi duta global Gucci pertama dari Korea Selatan pada 2019 lalu.

Dalam rangkaian kerja sama, Kai sudah mengungkap koleksi kapsul perdananya dengan rumah mode itu, tahun lalu. Berselingan dengan jadwal perilisan karya solonya kala itu, koleksi ini menyertakan aksen hewan favorit Kai, yakni beruang.

"Gucci adalah merek mewah dan tak memberi kesan bahwa itu adalah sesuatu yang biasanya Anda kenakan dalam kehidupan sehari-hari," kata Kai dilansir dari Soompi. "Tapi, dengan beruang lucu, itu jadi terlihat jauh lebih santai."

"Saya pikir Anda bisa mengekspresikan gaya Anda dengan lebih manis karena ada beruang di mana-mana. Orang-orang dari berbagai rentang usia juga dapat memakainya dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya.

4 dari 4 halaman

Seoul Fashion Week 2020 Batal Digelar

Dilansir dari The Korea Herald, Jumat, 28 Februari 2020, Seoul Fashion Week yang rencananya bakal digelar bulan depan harus dibatalkan mengingat kekhawatiran pada penyebaran virus corona yang kian meningkat di Korea.

"Kami telah memutuskan secara internal untuk membatalkan Seoul Fashion Week 2020 musim gugur dan musim dingin dan akan memberi tahu pihak terkait mengenai keputusan itu dalam beberapa hari," kata seorang pejabat dari Pemerintah Metropolitan Seoul yang bertanggung jawab atas pekan mode tersebut.

Pihaknya akan mencari cara untuk mendukung dan membantu desainer di Korea, yakni dengan cara menjadi tuan rumah pameran desain internasional lainnya. Pejabat juga menambahkan bahwa Seoul Fashion Week 2021 musim semi--musim panas akan diadakan pada Oktober mendatang sesuai jadwal.

Seorang pejabat dari Seoul Design Foundation, penyelenggara Seoul Fashion Week, menyebut akan mengumumkan pembatalan secepat mungkin setelah keputusan dibuat. "Kami sedang menunggu pemberitahuan dari Pemerintah Metropolitan Seoul mengenai masalah ini." ungkapnya.

Seoul Fashion Week awalnya dijadwalkan pada 17--21 Maret 2020. Sebanyak 36 desainer dijadwalkan untuk berpartisipasi dalam pertunjukan Seoul Collection utama, menurut Pemerintah Metropolitan Seoul.

Ada sekitar 135 pembeli dari 12 negara Asia dan 30 pembeli dari AS dan Eropa telah diundang ke Seoul Fashion Week sebelumnya, dengan fokus kuat pada Pasar Asia, di mana desainer Korea memiliki peluang lebih tinggi untuk mencetak penjualan.