Sukses

Kenalan dengan Willow, Kucing Penghuni Gedung Putih

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga Joe Biden tidak hanya memiliki anjing peliharaan. Pengelola urusan publik Biden mengumumkan pada 28 Januari 2022 lalu bahwa keluarga Presiden ke-46 Amerika Serikat ini juga telah mengadopsi seekor kucing bernama Willow.

Dikutip dari NPR, Senin (20/6/2022), Ibu Negara Jill Biden rupanya adalah orang di balik pengadopsian kucing berbulu pendek abu-abu tersebut. Ini setelah Willow menyela pidato Jill di sebuah peternakan Pennsylvania selama kampanye Presiden Biden pada 2020.

"Willow sangat mengesankan Dr. Biden pada 2020 ketika dia melompat ke atas panggung dan menyela ucapannya selama kampanye dihentikan. Melihat ikatan langsung mereka, pemilik peternakan tahu bahwa Willow milik Dr. Biden," kata Michael LaRosa , juru bicara ibu negara, dalam rilis berita.

Kucing ini dinamai dari kampung halaman ibu negara Willow Grove, Pennsylvania. Willow menjadi yang pertama tinggal di Gedung Putih sejak Presiden George W. Bush dan kucing hitam ibu negara Laura Bush, India.

Pada Desember 2021 lalu, Biden menyambut Commander, anak anjing German shepherd berusia empat bulan. Pada Juni, anjing tertua Biden, Champ, mati.

Sementara itu, Major, yang mereka adopsi dari penampungan hewan pada 2018, dipulangkan setelah berjuang beradaptasi dengan lingkungan Gedung Putih yang sibuk. Momen mengadopsi Major ini terjadi 10 tahun setelah Joe dan Jill menyambut anjing mereka Champ, menurut NBC News.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 
2 dari 4 halaman

Ikut ke Delaware

Dikutip dari CNN, Senin (20/6/2022), pada Jumat, 17 Juni 2022, kandang Willow terlihat dibawa oleh seorang anggota staf dari kediaman Gedung Putih ke Marine One. Helikopter kepresidenan mengangkut kucing itu bersama dengan Presiden Joe Biden dan ibu negara Dr. Jill Biden ke Rehoboth, Delaware, dan rumah keluarga.

"Willow sering menghabiskan akhir pekan bersama Keluarga Presiden, termasuk di Rehoboth, Wilmington, dan Camp David," demikian kata sekretaris pers ibu negara Michael LaRosa kepada CNN.

Ketika Willow tidak dibawa pergi untuk akhir pekan, kucing itu memiliki hak istimewa untuk berkeliaran di Gedung Putih. Areanya sebagian besar terbatas pada lantai dua dan tiga kediaman eksekutif Gedung Putih.

CNN diberitahu bahwa Willow sangat menikmati solarium, ruang terang di atas Portico Selatan, tempat dia "menerima banyak perhatian dari staf Executive Residence." Di Wilmington dan di Camp David, "dia sering duduk di teras di bawah sinar matahari," kata LaRosa.

3 dari 4 halaman

Kematian Champ

Kembali ke rumah, Willow juga suka mengunjungi staf yang bekerja di Sayap Timur, tidur siang dengan santai di meja sekretaris pers, mengejar mainannya masuk dan keluar kantor dan umumnya terbuka terhadap goresan. Sekali atau dua kali, Willow menjelajahi di luar wilayah kekuasaannya, sampai ke kantor kepala pengantar di lantai utama, tepat di sebelah pintu masuk Utara.

Staf East Wing telah membuat tanda untuk memperingatkan ketika Willow keluar yang menampilkan foto wajahnya dan berbunyi: "Willow sedang berkeliaran! Harap tutup pintu ini."

Seperti kebanyakan kucing, Willow tidak terlalu peduli dengan anjing, meskipun dia dan Commander sekarang memiliki "hubungan yang hangat dan menyenangkan," menurut LaRosa. "Kami tidak membuat hubungan mereka dengan istilah manusia seperti 'bos'," katanya.

Sementara, Joe dan Jill Biden mengumumkan kematian anjing mereka, Champ, yang telah bersama mereka selama 13 tahun. "Keluarga kami kehilangan teman kami yang penuh kasih Champ hari ini. Saya akan merindukannya," tulis Presiden Biden di Twitter, Sabtu 19 Juni 2021 waktu setempat.

4 dari 4 halaman

Kata Biden

"Di saat-saat kami yang paling menyenangkan dan di hari-hari kami yang paling dilanda kesedihan, dia ada di sana bersama kami, sensitif terhadap setiap perasaan dan emosi kami yang tak terucapkan. Kami mencintai anak kami yang manis, baik dan akan selalu merindukannya," kata the Bidens dalam sebuah pernyataan, dikutip dari BBC.

Pihaknya melanjutkan, bahkan ketika Champ melemah di bulan-bulan terakhirnya, dia akan segera menarik dirinya ke atas, ekornya selalu mengibas-ngibas, dan membujuk untuk usapan. "Di mana pun kami berada, dia ingin berada, semuanya langsung lebih baik ketika dia berada di samping kami," tambah mereka.

Pada masa mudanya, ketika Joe Biden menjadi wakil presiden, Champ "paling bahagia mengejar bola golf di halaman depan Observatorium Angkatan Laut atau balapan untuk menangkap cucu-cucu kami ketika mereka berlari di sekitar halaman belakang kami di Delaware", kata Bidens.

Kedatangan Champ dan Major, anjing penyelamat berusia tiga tahun yang diadopsi Bidens pada 2018, menandai kembalinya hewan peliharaan ke Gedung Putih setelah hiatus di bawah mantan Presiden Donald Trump. Major diberitakan pada Maret 2021 lalu karena dilaporkan dua kali menggigit orang-orang di Gedung Putih.