Sukses

Ada Semangat Kemerdekaan di Mahakam 10K 2022 di Ibu Kota Nusantara

Mahakam 10K akan menjadi salah satu event nasional yang bergengsi di Kalimantan Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Sungai Mahakam merupakan “Ikon Geografis Kalimantan Timur” dengan panjang sekitar 920 km, sebagai sungai terbesar di Kalimantan Timur. S ungai Mahakam menjadi representasi yang menghubungkan berbagai daerah di Kalimantan Timur.

Beragam aktivitas mulai dari rutinitas kegiatan warga, pariwisata, kuliner, hingga olahraga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang berkunjung.  Kalimantan Timur sendiri secara keseluruhan saat ini sedang dipersiapkan untuk menjadi “center” bukan hanya untuk pembangunan Ibukota Nusantara, tetapi juga dengan kegiatan pendukung lainnya.

Samarinda, sebagai salah satu kota penyangga Ibukota Nusantara diproyeksikan akan menjadi kota metropolitan rendah karbon dengan konsep sustainable, green, dan technology advanced sudah selayaknya unjuk gigi menunjukkan geliat yang seharusnya dipancarkan oleh sebuah pusat negara.

Salah satunya dengan mengadakan event nasional yang membuat mata tertuju pada Kalimantan Timur. Dengan mengusung tema nature, food, and people for sport tourism, Mahakam 10K akan menjadi salah satu event nasional yang bergengsi di Kalimantan Timur.

Hal itu yang menjadi pemantik gagasan Hetifah Sjaifudian selaku Waketum DPP Partai Golkar dan Wakil Ketua Komisi X DPR RI. Ia menelurkan gagasan event Mahakam 10K 2022 di sekitar jembatan sungai Mahakam, Samarinda.

“Olahraga lari sangat populer di Indonesia. Banyak orang yang senang lari, apalagi kalau melintasi area yang memanjakan mata. Di pinggiran Sungai Mahakam, banyak spot yang menarik, salah satunya jembatan Mahakam.

Nah, kami pilih event Mahakam 10K 2022 karena dengan adanya pandemi Covid-19 kemarin masyarakat sudah rindu akan aktivitas outdoor yang menyehatkan, selain tubuh menjadi bugar, masyarakat juga bisa mengenal lebih jauh tentang Sungai Mahakam,” jelas Hetifah Sjaifudian, dalam siaran persnya, 3 Juli 2022.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peradaban Baru

Hetifah menambahkan, lomba lari bertaraf nasional yang terbuka untuk umum ini paling pas dilaksanakan pada Agustus agar peserta yang ikut lebih semangat mengikuti lomba lari, dengan membawa pesan gelora Hari Kemerdekaan RI.

“Yuk kita sambut perayaan hari Kemerdekaan Indonesia dengan semangat berolahraga. Dengan adanya Ibu kota Nusantara, sudah selayaknya masyarakat dari berbagai kalangan termasuk pelajar dan teman-teman disabilitas ikut menyemarakkan kegiatan ini. Kita tunjukkan pada dunia bahwa Kalimantan Timur siap menjadi pusat peradaban baru Indonesia,” tutur Hetifah.

Senada dengan Hetifah, Ketua Pelaksana Mahakam 10K, Siswanda H. Sumarto menyebutkan, di tepian Sungai Mahakam terdapat jalur lintasan yang sering dipakai warga untuk jalan-jalan santai dan olahraga. Jadi, lintasannya memang cocok untuk lomba lari.

3 dari 3 halaman

Protokol Kesehatan

“Kami mengutamakan konsep sport tourism untuk event lomba lari ini. Alasannya sederhana, Sungai Mahakam dan umumnya Kalimantan Timur punya beberapa objek wisata menarik, tapi masih banyak orang di Indonesia belum mengenalnya.

Di sekitar Mahakam juga, setiap hari ada saja orang senang olahraga lari. Jadi, sangat cocok kalau pengenalan potensi wisata di Mahakam melalui penyelenggaraan lomba lari.” Kata Siswanda. Mahakam 10K 2022 akan menjadi agenda olahraga tahunan agar masyarakat luas akan lebih tahu daya tarik tersembunyi di sekitar sungai Mahakam.

Sementara itu, Husni Kamil dari Teratas.id selaku Race Director Mahakam 10K 2022 menyebutkan, Mahakam 10K 2022 diseleggarakan pada tanggal 21 Agustus 2022 di Hotel Harris Samarinda akan diselenggarakan secara hybrid, yaitu melakukan langsung di Samarinda dan secara virtual dengan kategori 5K khusus pelajar dan 5KM/10KM untuk umum.

“Kami menyiapkan event ini secara teknis maupun non teknis bagi para peserta agar merasa aman dan nyaman, terutama soal prokes atau protokol kesehatan. Mengingat pandemi belum berakhir dan untuk menjaga keamanan bersama,” tekan Husni Kamil.

Untuk informasi lebih lengkap dan pendaftaran Mahakam 10K 2022 datat dilihat di www.mahakam10K.com atau IG @mahakamrun10K. Info lebih lanjut mengenai lomba Mahakam 10K bisa menghubungi Hady Saparudin (081233894333).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.