Sukses

Balenciaga x Crocs Hadirkan Tas Karet Seharga Rp18,5 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Balenciaga kembali menghadirkan produk kolaborasi yang mencuri perhatian. Setelah alas kaki, rumah mode mewah asal Spanyol tersebut meluncurkan produk lain bersama Crocs.

Dikutip dari Hypebeast, Jumat (17/6/2022), Balenciaga dan merek foam clog melanjutkan hubungan kolaboratifnya dengan serangkaian pilihan tas karet. Produk kolaborasi itu adalah "Crocs Large Tote Bag" dan "Crocs Phone Holder With Strap" yang dibuat di Italia.

Tas karet dari Balenciaga dan Crocs ini hadir dengan tiga pilihan warna, yakni hijau, merah muda, dan hitam. Pembuatan produk tas tersebut memanfaatkan konstruksi karet EVA 100 persen.

Ada pun itu adalah bahan yang sama yang ditemukan pada penawaran alas kaki Crocs. Untuk tote bag besar menampilkan desain dua pegangan terbuka.

Gaya tersebut hadir dengan perforasi di bagian depan dan belakang, trim bertekstur, dan paku keling bertanda "Balenciaga." Sementara Phone Holder with Strap melanjutkan desain dengan strap tambahan yang dapat disesuaikan dan lebih banyak paku keling logo-debossed.

Berdasarkan laman resmi Balenciaga, Crocs Large Tote Bag dijual seharga 1.250 dolar AS atau setara Rp18,5 juta. Pada bagian deskripsi dijelaskan bahwa tote bag ini terbuat dari karet dengan bagian atas yang terbuka.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Sepatu Hak Tinggi

Bagian depan dan belakang tas juga tampak berlubang ala Crocs. Disampaikan pula cara untuk membersihkan tas karet ini, yaitu lap dengan kain lembut.

Sedangkan Crocs Phone Holder With Strap dijual seharga 775 dolar AS atau setara Rp11,4 juta. Produk phone holder ini hadir dengan tali yang bisa disesuaikan, dua pegangan, bagian atas terbuka, dan dibersihkan dengan lap kain lembut.

Tentu ini bukan kali pertama Balenciaga dan Crocs berkolaborasi. Sebelumnya, sepatu hak tinggi sempat diluncurkan saat peragaan koleksi Balenciaga Clones Musim Semi 2022. Fashion item unik ini bernama Stiletto clogs.

Sepatu hak tinggi kolaborasi ini menyuguhkan gaya khas Crocs, namun dengan tampilan lebih tinggi. Hal tersebut ditandai tambahan black tube heel yang mencolok di bagian belakang. Menurut keterangan di laman resmi Balenciaga, sepatu sepatu hak tinggi ini dibanderol 625 dolar AS atau sekitar Rp9,2 juta.

3 dari 4 halaman

Sepatu Bot

Stiletto clogs dan knee-high clogs hadir dengan tiga pilihan warna, yakni hijau, abu-abu, dan hitam. Sepatu kolaborasi ini juga menghadirkan branding Balenciaga yang halus pada bagian tengah. Menurut keterangan di laman resmi Balenciaga, sepatu sepatu bots ini dijual dengan harga 825 dolar AS atau sekitar Rp12,2 juta. 

Kedua brand ini juga telah bekerja sama pada 2017 lalu, yang menandai kerja sama pertama mereka. "Kami terinspirasi Crocs dan kami bekerja sama dengan mereka dalam interpretasi ulang Balenciaga," kata direktur kreatif Demna Gvasalia pada French Vogue kala itu.

"Balenciaga x Crocs bukan tidak mungkin, soal selera adalah nilai yang sangat subjektif," lanjutnya.

Selain dengan Balenciaga, Crocs juga telah menjalin kolaborasi dengan pesohor ternama dunia lain. Dikutip dari USA Today, Crocs juga berkolaborasi dengan produser dan DJ, Diplo. Mereka merilis sepatu bermotif tie-dye yang terinspirasi Diplo pada 8 Juni 2021 lengkap dengan "Jibbitz" berbentuk jamur (sisipan plastik untuk menghias lubang di atas sepatu) yang bersinar dalam gelap. Jika clog klasik bukan gaya Anda, Diplo juga merilis strapped sandal.

4 dari 4 halaman

Balenciaga x Yeezy Gap

Sementara itu, Balenciaga sempat menggandeng Yeezy Gap dalam meluncurkan kolaborasi bersama. Dilansir dari CNN, koleksi kolaborasi Yeezy Gap dan Balenciaga ini menghadirkan 25 potong, termasuk jaket denim yang dipasangkan dengan jeans, kaus logo, dan hoodie. Beberapa item busana ini menampilkan motif merpati yang mewakili "harapan."

Sebanyak delapan item mulai dijual pada 23 Februari 2022 pukul 09.00 pagi waktu Amerika Serikat. Namun, lima dari gaya uniseks edisi terbatas terjual habis dalam beberapa menit setelah diunggah online.

Harga koleksi ini berkisar antara 120 dolar AS sampai 440 dolar AS atau setara Rp1,7 juta--Rp6,3 juta untuk delapan potong. Barang fesyen kolaborasi tersebut tersedia di YeezyGap.com dan Farfetch.com.

Gap menyampaikan koleksi itu mencerminkan "siluet abadi yang diterjemahkan melalui lensa Kanye West dan direktur kreatif Balenciaga, Demna, berbagi visi desain utilitarian."

Potongan lainnya termasuk jaket puffer dan jumpsuit, barang-barang yang belum tersedia untuk dijual. Gap (GPS) pertama kali mengumumkan kemitraan tersebut, yang diberi nama "Yeezy Gap Engineered By Balenciaga," pada awal Januari 2022.