Sukses

Sederet Tips dan Persiapan Liburan Bareng Anak ala Caca Tengker

Liputan6.com, Jakarta - Menciptakan momen indah lewat liburan bersama buah hati tercinta tentu menjadi keinginan setiap orangtua. Namun dalam pelaksanaannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan dengan matang.

Setiap orangtua tentu memiliki cara tersendiri dalam mengatur persiapan liburan bareng anak, begitu pula dengan mom influencer, Caca Tengker. Ia dan suami beberapa waktu lalu sempat mengajak kedua buah hati mereka, Ansara dan Aruni, ke Singapura.

"Mengosongkan waktu di liburan ini untuk anak, jadi bukan sambil mikirin belanjaan kita sendiri dan kerjaan. Memang, liburan berikutnya di liburan sekolah anak, benar-benar off kerjaan," kata Caca dalam acara virtual Shopee Media Gathering - Liburan Senang, Anak Riang, Rabu, 15 Juni 2022.

Ibu dua anak yang juga seorang psikolog klinis ini melanjutkan, meluangkan waktu sepenuhnya bersama anak saat liburan bertujuan bonding dan meningkatkan secure attachment dengan anak-anak. Jadi, tidak hanya kehadiran fisik saja yang penting, namun juga secara mental.

"Tujuannya ketika punya satu tujuan, aku sama Mas Barry biasanya lebih mudah untuk saling mengingatkan," tambah adik Nagita Slavina ini.

Caca Tengker juga menjelaskan tips liburan bareng anak adalah mempersiapkan kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan bersama-sama. Hal tersebut bertujuan agar anak-anak paham bahwa mereka disayang, dihargai, dan merasa kebutuhannya didengarkan .

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pastikan Keamanan dan Istirahat

Pemilik nama lengkap Alsi Mega Marsha Tengker ini juga menjelaskan hal lainnya yang pelu diperhatikan adalah keamanan destinasi yang akan dituju karena setiap kota memiliki kelebihan dan batasannya tersendiri. Aspek keamanan tersebut juga ditambahkan dengan aturan-aturan mengenai Covid-19, kebersihan, dan memastikan keamanan tempat yang akan didatangi bagi anak-anak.

"Karena anak enggak cuma satu, beda umur, beda kebutuhan eksplorasi," terang istri Barry Tamin tersebut.

Caca juga menjelaskan penting untuk mempersiapkan waktu istirahat. Ini dilakukan karena orangtua harus menjaga kesehatan. "Biar enggak cuma fisiknya yang kuat, tapi mentalnya juga kuat untuk mengedepankan kebutuhan anak," tambahnya.

Caca tak menampik dirinya juga menemui tantangan dalam masa persiapan liburan. Salah satu kendala yang begitu terasa adalah persiapan, mengingat dirinya, suami, hingga anak-anaknya memiliki banyak kesibukan.

"Ketika liburan, kita pengennya mentally available juga buat anak, enggak cuma fisik," terang perempuan kelahiran 3 Mei 1989 tersebut.

3 dari 4 halaman

Tantangan

Caca Tengker menjelaskan momen liburan hanya berpindah tempat, namun orangtua tetap mengurus buah hati. Orangtua juga harus memikirkan cara untuk tetap fit bagi dirinya dan anak-anak dari sebelum hingga setelah liburan.

"Kalau butuh waktu lama untuk liburan, pulangnya harus langsung kerja, jadi butuh stay fit," kata Caca.

Selain itu, ia juga menerangkan penting untuk mendiskusikan dengan buah hati dan memiliki tujuan yang sama tentang liburan tersebut. Caca menyebut, dirinya berusaha memberi pengertian pada putri pertamanya mengenai nilai liburan bukan untuk belanja.

"Gimana kasih tahu tentang kebersamaan kita semua. Boleh anak kecewa atau merasa enggak sesuai dengan kesukaan dia, itu bukan masalah yang besar menurut aku," jelas Caca.

Ia menambahkan, "Tapi menurut aku, masalah yang besar itu kalau tujuannya enggak sama ketika kita datang, Mereka punya ekspektasi yang berbeda. Keinginan berbeda bikin kita capai menghadapi anak tantrum, kita ikut tantrum, itu jadi berat."

4 dari 4 halaman

Tips

Caca Tengker memiliki beberapa tips terkait apa saja yang harus dilakukan dan tak dilakukan ketika liburan bareng anak. Salah satu hal yang masuk dalam daftar "to do" Caca adalah expect the unexpected atau siap dengan hal yang tidak terduga.

"Walau kita memang punya harapan, standar, tapi kita juga tahu semuanya tidak bisa kita kendalikan, itu dulu yang kita terima bahwa kita memang tidak bisa mengendalikan semuanya," katanya.

Caca melanjutkan, apabila terlalu berusaha mengendalikan semuanya karena sudah membuat rencana, tidak akan rela misal ada di luar kendali yang terjadi. "Misalkan kita sudah tahu kita mempersiapkan sebisa mungkin, tapi apapun yang terjadi bisa kita terima itu akan lebih mudah ketika di TKP dengan menerima kelelahan dan segala macam," tambahnya.

Poin kedua yang disebutkan Caca adalah pentingnya beristirahat ketika orangtua dan anak sudah mengalami kelelahan. Dikatakannya, istirahat itu sama pentingnya dengan berkegiatan.

"Kalau orang bilang bilang work hard, play hard, menurut aku ditambahin lagi rest hard juga karena semuanya harus balance, gimana caranya kita berfungsi kalau kebutuhan dasar kita tidak dipenuhi," lanjutnya.

Tak hanya istirahat, perlu pula memperhatikan asupan gizi dengan mengingat jam makan diri dan anak. "Sebisa mungkin teratur dan bergizi. Bukan enggak usah diet, tapi justru diet yang sehat dalam artian konsumsi makanan, vitamin, itu harus banget kalau buat aku. Karena dengan badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat," ungkap Caca.