Sukses

Jelang Malam Final Puteri Indonesia 2022, 3 Ratu Kecantikan Dunia Tiba di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang malam final Puteri Indonesia 2022, Jumat, 27 Mei 2022, Indonesia menyambut kedatangan tiga ratu kecantikan dunia hari ini, Rabu (25/5/2022). Mereka adalah Miss Universe 2021, Harnaaz Kaur Sandhu; Miss International 2019, Sireethorn Leearamwat; dan 1st runner up Miss Supranational 2021, Karla Guilfu Acevedo.

Di Instagram Live akun Puteri Indonesia, Rabu pagi, tampak Miss Universe Indonesia 2020 Ayu Maulida dan Kepala Departemen Komunikasi Yayasan Puteri Indonesia (YPI) Mega Angkasa bersiap menjemput Miss Universe 2021, Harnaaz Kaur Sandhu, yang mendarat di Jakarta, pagi ini.

"Jam 11 (siang) menjemput Miss International (Sireethorn Leearamwat). Pukul 21.00, kami akan menjemput 1st runner up Miss Supranational 2021 (Karla Guilfu Acevedo) karena dari Puerto Rico. Semuanya sudah terbang ke Indonesia. Mohon doanya untuk kelancaran semuanya," Mega mengatakan.

Di unggahan berikutnya, mereka pun memperlihatkan momen kedatangan Harnaaz. Membiarkan rambut panjang bergelombangnya tergerai, perempuan asal India ini mengenakan cutbray jeans yang dipadankan dengan inner dan blazer berwarna gelap sebagai atasan.

Sebagai pelengkap penampilan, ia memakai kacamata hitam dan tentunya selembang bertuliskan "Miss Universe 2021." Gayanya kian menawan dengan tas tangan dan pointy toe stiletto heels berwarna netral.

"Welcome to Indonesia (selamat datang di Indonesia)!! Miss Universe 2021 @harnaazsandhu_03 sudah tiba di Indonesia dan di jemput langsung oleh Puteri Indonesia 2020 @ayumaulida97 bersama bapak @angkasamega," begitu bunyi keterangan unggahannya.

Setelahnya, Miss Universe 2021 langsung diarahkan menuju hotel bintang lima di bilangan Jakarta Selatan. Kedatangannya langsung disambut manajemen hotel. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bertema Borobudur

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kuswisnuwardhani, mengatakan saat ditemui Januari 2022, bahwa ada 45 finalis, bukan 39 seperti biasa, yang berlaga di malam final Puteri Indonesia 2022.

Ia berkata, saat ditemui di penyelenggaraan audisi nasional Puteri Indonesia 2022, "Ada tambahan enam finalis Kepulauan Favorit yang mewakili Sumatra, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Bali + Nusa Tenggara, dan Indonesia Timur yang dipilih berdasarkan hasil voting."

Soal tema penyelenggaraan Putri Indonesia 2022, pihaknya memilih "Borobudur." "Ini merupakan dukungan Yayasan Puteri Indonesia untuk kebangkitan pariwisata yang merupakan lokomotif ekonomi kreatif dan ekonomi berbasis budaya," tuturnya.

Putri menjelaskan, dalam implementasinya, rangkaian jadwal kontes kecantikan itu akan menggunakan visual warna yang menyoroti keagungan salah satu destinasi super prioritas tersebut. Ini termasuk aspek pemilihan mode, hingga visual secara keseluruhan, katanya.

Tetap berlangsung di tengah pandemi COVID-19, pihaknya bermaksud memberi semangat pada masyarakat, khususnya generasi muda. "Kita tidak boleh kalah dengan pandemi. Bagaimana mulai belajar hidup berdampingan dengan menaati protokol kesehatan. Untuk finalis, wajib sudah vaksin (COVID-19) dua dosis," ia menjelaskan.

3 dari 4 halaman

Pemilihan Puteri Favorit Daerah

Soal kriteria pemilihan Puteri Indonesia, Putri menyebut tetap pada prinsip 3B: beauty, brain, dan behavior. Poin-poin ini nantinya akan dikembangkan sesuai kebutuhan dari masing-masing kontes kecantikan yang diikuti Yayasan Puteri Indonesia.

"Misalnya, Miss Universe lebih pada uniquely beautiful. Tidak ada kriteria baku memang, tapi kurang lebih menonjolkan bahwa cantik itu bisa dalam beragam bentuk, dan bagaimana bisa bermanfaat bagi komunitas," urainya.

Kemudian, Miss International lebih menyoroti keragaman budaya dan bagaimana menjembatani perbedaan budaya di dunia. Sementara, Miss Supranational adalah tentang hiburan.

"Jadi, lebih pada bagaimana perempuan punya kelebihan dari segi itu (hiburan), punya passion ke sana, karena penyelenggaaannya juga bekerja sama dengan stasiun TV besar di Eropa dan Amerika Serikat," ujar Putri.

Untuk pemilihan Puteri Favorit Daerah, publik dapat memberi suara sebanyak-banyaknya pada finalis favorit pilihan mereka melalui laman vote.puteri-indonesia.comi. Juga, dengan cara memindai kode QR QRIS.

"Semua memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk meraih gelar Puteri Indonesia yang akan dikirim ke ajang Miss Universe, Puteri Indonesia Lingkungan akan mengikuti ajang Miss International, dan Puteri Indonesia Pariwisata akan mengikuti ajang Miss Supranational," Mega mengatakan. 

4 dari 4 halaman

Daftar 45 Finalis Puteri Indonesia 2022

Aceh: Eggy Fegri

Sumatra Utara: Sarah Desideria

Sumatra Barat: Erviera Syahnaz

Riau: Annisya Putri

Kepulauan Riau: Charmelita Dhita

Jambi: Bela Puspita

Sumatra Selatan: Extika Florenza

Bangka Belitung: Sabrina Daniel

Bengkulu: Syafaniar Virgyen

Lampung 1: Feby Annisa

Lampung 2: Irene Garcia

DKI Jakarta 1: Angelia Rizky

DKI Jakarta 2: Saira Saima

DKI Jakarta 3: Nitya Paramita

DKI Jakarta 4: Nurkhotimah

DKI Jakarta 5: Cindy Mc Guire

DKI Jakarta 6: Maureethania

Banten 1: Chrissy Fransisca

Banten 2: Shinta Yuliasmi

Jawa Barat: Melanie Berentz

Jawa Tengah: Catherine Widya

DI Yogyakarta: Erina Sofia

Jawa Timur: Adinda Chresheilla

Bali 1: Laksmi Shari

Bali 2: Jazmine Rowe

NTB: Sheilla P.

NTT: Breldy Angela

Kalimantan Barat: Arisda Oktalia

Kalimantan Selatan: Fransisca

Kalimantan Tengah: Stella Bella

Kalimantan Tengah 2: Yasmin Deliana

Kalimantan Timur: Magiana Ignasia

Kalimantan Utara: Astrid Nicolien

Sulawesi Selatan 1: Adila Amalia

Sulawesi Selatan 2: Dini Nur Fitri

Sulawesi Barat: Defanda Azzahra

Sulawesi Tenggara: Arina Rezkyana

Sulawesi Tengah: Pinkan Abigail

Sulawesi Utara: Keisy Elfrani

Gorontalo: Rafa Mutiara

Maluku: Jaswin K. Dhillon

Maluku Utara: Gusti Chairunnysa

Papua Barat: Kezia Mirella

Papua 1: Dina Ludia

Papua 2: Elisabeth