Sukses

Ayda Ingin Ciptakan Hubungan Harmonis Manusia dan Bumi Lewat Desain Interior

Rancangan Arsitektur dan Desain Interior dapat mewujudkan hubungan kolaboratif antara manusia dengan alam.

Liputan6.com, Jakarta - Melalui kompetisi desain mahasiswa dan mahasiswi Arsitektur dan Desain Interior terbesar di Asia, AYDA (Asia Young Designer Awards) ke-15 yang dipersembahkan oleh NIPPON PAINT, menghadirkan tema “CONVERGE: PUSHING THE RESET BUTTON”. Lalu, bagaimana rancangan Arsitektur dan Desain Interior dapat mewujudkan hubungan kolaboratif antara manusia dengan alam agar bisa terus hidup berdampingan?

Sejak pandemi Covid-19 merebak, beberapa negara di dunia menerapkan berbagai kebijakan pembatasan mobilitas untuk mengurangi risiko penularan. Kebijakan ini memaksa orang-orang untuk tetap tinggal di rumah. Kegiatan kerja, sekolah, tempat hiburan hingga ibadah pun harus dibatasi.

Hal ini ternyata menimbulkan perbaikan kondisi bumi karena berkurangnya Nitrogen Dioksida atau polutan lingkungan di beberapa negara yang biasa ditimbulkan oleh aktivitas manusia.

Dilema muncul, karena meskipun kondisi Bumi membaik, namun industri harus berhenti beroperasi akibat wabah penyakit yang tidak hanya berdampak bagi psikologis manusia tetapi juga pada stabilitas ekonomi.

Mark Liew, General Manager Nippon Paint Indonesia menyatakan AYDA telah diadakan di 17 negara di Asia. Diikuti lebih dari 1200 institusi pendidikan, dan berhasil memperoleh lebih dari 41.000 karya dan terus bertambah setiap tahunnya.

Kegiatan kompetisi desain Arsitektur dan Desain Interior ini mendapatkan dukungan dari para perusahaan top seperti Airmas Asri, Arkonin, Bitte, D&B Consultant, Grace Hartanti Design Lab, Gunasland, Spinindo Mitradaya, Suasana Studio, dan W Office sebagai juri sekaligus mentor kompetisi AYDA Indonesia.

Selain itu, AYDA juga bekerjasama dengan Harvard University Graduate School of Design, dimana pemenang utama di kompetisi AYDA Internasional akan mendapatkan kesempatan beasiswa untuk Design Discovery Program selama 3 minggu di Boston, Amerika Serikat.

“Kami menyambut gembira, setelah 2 tahun hanya bisa bertatap muka secara virtual, tahun 2022 ini akhirnya Nippon Paint dapat melaksanakan AYDA 2022/23 Campus Roadshow secara tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah,” terang Mark.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Karya Terbaik

Medan menjadi kota pertama di Indonesia untuk pelaksanaan AYDA 2022/23 Campus Roadshow secara tatap muka dan disambut antusias dengan partisipasi sekitar 270 mahasiswa/i dari 5 Universitas di kota Medan. AYDA 2022/23 Campus Roadshow akan dilanjutkan ke Universitas ternama lainnya secara Nasional.

Rosilawati, Rektor Institut Modern Arsitektur & Teknologi (IMAT) sekaligus ketua Himpunan Desainer Interior Indonesia Sumatera Utara menyatakan bahwa dirinya menyambut positif inisiasi yang dilakukan oleh Nippon Paint Indonesia, karena telah memberikan sarana dan prasana pengembangan kemampuan mahasiswa/i Arsitek dan Desain Interior dengan level Internasional.

“Saya berharap, kompetisi ini dapat menjadi jembatan bagi mahasiwa untuk terus bereksplorasi, hasilkan karya-karya terbaik untuk dukung perkembangan industri kreatif Arsitek dan Desain Interior di Indonesia, dan hadiah yang ditawarkan pun cukup menarik mulai dari kesempatan magang di perusahaan konsultan ternama hingga beasiswa Design Discovery Summer pada program Harvard Graduate School of Design” tambah Rosilawati.

Kompetisi AYDA 2022/23 akan mulai dibuka pada 1 Juni – 7 Oktober 2022, peserta yang tertarik mengikuti kompetisi ini dapat langsung mengakses berbagai informasi melalui : https://www.ayda-indonesia.com/ atau Facebook Page AYDA di: https://facebook.com/AYDAIndonesia/

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.