Sukses

Sosok Brian, Drumer Kedua yang Keluar dari Sheila on 7

Liputan6.com, Jakarta - Sheila on 7 kembali kehilangan drummer mereka setelah Brian mengundurkan diri dari band asal Yogya itu. Keluarnya penggebuk drum tersebut dibenarkan oleh pihak manajemen.

Brian Kresna Putro diketahui sudah bergabung selama 18 tahun bersama Sheila on 7. Hingga saat ini, belum diketahui pasti penyebab ia keluar dari band yang berdiri pada 6 Mei 1996 itu. Namun, mereka masih saling follow di Instagram dengan Duta dkk sehingga Sheilagank, sebutan penggemar Sheila On 7 yakin mereka berpisah secara baik-baik.

Kecurigaan warganet tentang keluarnya Brian bermula karena ketidakhadirannya di sejumlah unggahan Sheila On 7. Dalam unggahan tersebut hanya terlihat tiga personel tersisa, yaitu Duta, Eros, dan Adam. Warganet kemudian mempertanyakan ketidakhadiran Brian.

Siapa Brian? Nama lengkapnya Brian Kresna Putro, tapi lebih akrab disapa Brian. Anak pertama dari tiga bersaudara itu lahir di Jakarta, 22 Januari 1981. Ia menamatkan studi di Universitas Atmajaya Jakata.

Berbeda dengan kebanyakan orang, sejak kecil Brian sudah bercita-cita menjadi musisi. Ia resmi menjadi drummer dari grup musik legendaris, Sheila On 7, menggantikan posisi Anton Widi Astanto hengkang dari band tersebut pada 2004 lalu.

Nama Brian sebagai drummer Sheila On 7 diperkenalkan pertama kali oleh Adam Subarkah (bassis). Namun, ia lebih dulu dijadikan anggota tambahan (sementara) pada 2004, yang kemudian resmi menjadi personel tetap Sheila On 7 pada 2006 saat perilisan album 507.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Banyak Penghargaan

Brian juga pernah tergabung dengan grup band lokal populer lainnya, Tiket, sebelum bergabung dengan Sheila on 7. Ia juga pernah merilis single Denganmu pada 13 Januari 2017 lalu.

Brian menerima banyak sekali penghargaan selama berkarier bersama Sheila On 7. Di antaranya, 150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa RollingStone 2009, Pemenang Class Music Heroes –Talk Less Do More Award 2009, dan The 50 Greatest Indonesian Drummers Rollingstone Indonesia November 2010.

Terhitung sejak 6 April 2022, Brian Kresno Putro sudah bukan lagi menjadi bagian dari Sheila On 7. Keputusan ini disepakati setelah melalui evaluasi, pertimbangan yang cukup panjang dan tentunya juga diskusi dengan Brian.

"Insyaallah semua ini kami jalani dengan penuh keikhlasan untuk tujuan yang terbaik bagi perjalanan hidup kedua belah pihak ke depannya," imbuh manajemen Sheila on 7 lewat pernyataan resminya, diberitakan kanal Showbiz Liputan6.com

Nama akun Instagram Brian juga telah berubah dari Brian So7 menjadi BrianKresnaPutro. Unggahan terbarunya, berupa potret keluarga di Hari Raya Idul Fitri, kebanjiran ucapan terima kasih dan salam perpisahan dari para penggemar.

 

3 dari 4 halaman

Salam Perpisahan

Warganet ramai mengomentari mundurnya Brian secara baik-baik dengan Sheila On 7. Mereka mengucapkan terima kasih kepada lelaki itu.

"Mas Bri, Terima Kasih sudah mewarnai hidup kami #Sheilagank .. Mohon Maaf Lahir Batin," tulis seorang warganet.  "Thankyou Mas Brian sudah bersama sheilaon7 selama ini !!! Sukses selalu mas bri," komentar warganet yang lain.

"Farewell, Mas Brian! Terima kasih sudah menjadi bagian dari Sheila on 7 selama ini. Sukses untuk karir kedepannya. 👏👏👏👏👏," komentar warganet lainnya. "Sampai ketemu lagi mas, Terima kasih utk waktunya di Sheila on 7," imbuh yang lain.

 "mohon maaf lahir dan batin mas bri. terimakasih udah jadi bagian dr keluarga Sheila On 7. semoga karir kedepannya lebih bersinar dan cemerlang. aamiin ❤️," komentar follower Brian. "Mas Brian, terima kasih, yaa. Sehat, lancar dan berkah senantiasa sekeluarga, Mas. 😊🙏" timpal warganet lainnya.

4 dari 4 halaman

Kesederhanaan Sheila On 7

Sheila On 7 sempat jadi perhatian setelah rider mereka beredar viral di dunia maya dan dibanding-bandingkan dengan dua selebgram yang tersandung kasus dengan Andhika Kangen Band. Untuk band sepopuler itu, daftar permintaan untuk manggung mereka dinilai sederhana.

Salah satu cerita kesederhanaan Sheila On 7 saat manggung ini dimuat dalam sebuah threadi di laman Twitter @jembercoret. Dalam thread tersebut, diceritakan bahwa Sheila On 7 adalah grup musik yang sederhana dan tidak banyak yang menuntut.

Salah satunya adalah soal transportasi dan pelayanan setibanya di Jember. Pakai dua mobil dari Yogyakarta ke Jember dan tanpa protokol bandara dan penyambutan-penyambutan seperti figur publik lainnya.

“Berawal dr konser Sheila di Jember th 2017. Waktu itu konsernya di daerah Baratan. HTM 50rb Aku agak beruntung krn ada kenalan Mas Duta di Jember yg ngajakin menyambut band sejuta copy ini,” tulis akun @jembercoret pada Sabtu (23/4/2022).

“Bahas dari raiders ini ya. Point penginapan aku skip krn EO sdh nyediakan Aston. Waktu di aston, rombongan SO7 tiba saat maghrib. Tau ngga, SO7 dr jogja ini mobilan. Cuma 2 mobil. Tanpa protokol bandara, penjemputan bandara dan tai2 kaya gini,” imbuhnya.