Sukses

Ketua Umum INKOWAPI Terpilih Jadi Anggota Kehormatan Seumur Hidup di The International Council of Women

Liputan6.com, Jakarta - Ada kabar terbaaru yang membahagiakan dari Ketua Umum Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (INKOWAPI) Sharmila Yahya. Ia baru saja terpilih menjadi The Life Membership atau anggota kehormatan seumur hidup pertama dari Indonesia dalam ajang The International Council of Women (ICW)-CIF 36th General Assembly di Avignon City Hall, Kota Avignon, Paris, Prancis pada 16-21 Mei 2022.

Bagi Sharmila penetapan sebagai The Life Membership yang pertama kali diberikan untuk Indonesia sejak The International Council of Women berdiri tahun 1888 ini dan bertepatan dengan 114 tahun Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2022.

Hal ini, menjadi sebuah kehormatan bagi Indonesia untuk mendorong peran aktif perempuan Indonesia dalam memperjuangkan hak, akses pendidikan, kesehatan serta keberagaman gender dalam dunia perdagangan dan profesional di tingkat Internasional.

“Ini sebuah kehormatan yang luar biasa. Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, Life Membership ICW ini memotivasi perempuan Indonesia untuk bangkit, aktif dan berkontribusi dalam berbagai bidang,” ujar Sharmila Yahya, delegasi Indonesia dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 21 Mei 2022.

Terlebih lagi dunia Internasional memandang bahwa perempuan sebagai garda terdepan untuk agen perubahan dan edukasi generasi masa depan. Kebebasan berusaha menjadi langkah akomodatif dalam pemberdayaan perempuan di era digitalisasi saat ini.

“Tentunya di era digitalisasi saat ini para perempuan dituntut untuk dapat meningkatkan kompetensi dan kapasitasnya dalam mewujudkan kesetaraan di bidang usaha,” terangnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemberdayaan Perempuan

Sharmila yang sekaligus Ketua Komite Tetap Kewirausahaan KADIN Indonesia ini, berkomitmen untuk terus mendorong pemberdayaan perempuan melalui sektor bidang usaha, baik skala UMKM, koperasi maupun kewirausahaan.

“Kedepan kita berharap perempuan Indonesia mampu menciptakan segala bidang kewirausahaan yang bisa membuka lapangan pekerjaan dan berdaya saing. Beyond entrepreneur target kedepannya,” jelasnya.

Dalam ajang The ICW-CIF 36th General Assembly di Avignon City Hall, Prancis ini, sekaligus menetapkan Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (KOWANI) Giwo Rubianto Wiyogo, kembali menjabat sebagai Vice President International Council of Women (ICW).

Selain Giwo, empat Vice President ICW terpilih adalah Fatma Fatos Inal (Turki), Pushpa Hedge (India), Jamal Hermes Ghibril (Lebanon) dan Nona Ricafort (Filipina). Dengan mengambil tema “Social Protection for All Women and Girls: Sustainable Development for the World”, Indonesia siap mewujudkan kesetaraan hak dan peran perempuan di kancah Internasional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.