Sukses

Kondisi Tukul Arwana Usai Alami Perdarahan Otak, Kini Rajin Fisioterapi

Liputan6.com, Jakarta - Tukul Arwana tengah berjuang sembuh dari perdarahan otak yang dideritanya. Komedian ini sempat menjalani operasi dan perawatan di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional.

Pemilik nama lengkap Tukul Riyanto tersebut juga rajin menjalani fisioterapi setelah keluar dari rumah sakit. Kondisi pelawak sekaligus presenter ini memaksanya absen sementara dari dunia hiburan Tanah Air.

Pada Februari 2022 lalu, manajer Tukul, Rizky Kimon sempat berbincang dengan awak media. Kala itu, perkembangan Tukul sudah dapat diajak berkomunikasi dan memberi isyarat untuk menyampaikan sesuatu.

"Kita kan masih tetap berharap dengan mukjizat, kalau optimis kita pasti optimis. Cuma kan balik lagi di Mas Tukul-nya, semangatnya beliau dan support," kata Rizky Kimon.

Dikutip dari video wawancarakanal YouTube KH Infotainment, pada Rabu, 2 Februari 2022, Rizky menyampaikan Tukul Arwana tak bisa menerima kunjungan setiap saat. "Satu lagi, terkadang kita membatasi yang menjenguk itu bukan karena apa-apa," lanjutnya.

"Terkadang jadwal fisioterapi itu bentrok. Jadi, saya harus menyesuaikan yang menengok dengan jadwal fisioterapi," katanya.

Fisioterapi merupakan hal yang sangat penting bagi pemulihan kondisi Tukul setelah mengalami perdarahan otak. Sesi tersebut rutin dilakukan dan dibutuhkan konsentrasi dan didukung oleh berbagai pihak, termasuk orang-orang terdekat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Fisioterapi

"Fisioterapi itu Mas Tukul harus fokus, karena melatih. Beda loh Mas, dilihatin sama di-support. Kalau misalkan teman-teman di sini nengokin, pasti teman-teman di sini ngelihatin kan. Mas Tukul pasti malu, kok aku dilihatin?" jelas Rizky Kimon.

Disampaikan pula anak-anak Tukul tiada henti mendukung ayahnya untuk bisa sembuh. "Support dari anak luar biasa. Dari Jovan, dari Vita, dari Mas Ega itu luar biasa," ungkap Rizky.

Tak hanya dari anak-anak dan keluarga, Tukul juga mendapat dukungan dan semangat dari orang-orang terdekat. Salah satunya dari Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang pada Februari lalu menjenguk sahabatnya, Tukul.

Hal tersebut terungkap usai akun Instagram TNI Angkatan Darat membagikan sebuah video yang memperlihatkan kedekatan Dudung dengan Tukul. Video itu menampilkan kedua sahabat ini saliing berbincang dan menghabiskan waktu bersama.

3 dari 4 halaman

Dijenguk Rekan-Rekan

Tukul pada akhir Januari lalu juga sempat dijenguk oleh Andre Taulany. Dikutip dari Showbiz Liputan6.com, saat menjenguk Tukul, Andre bahkan menyaksikan respons Tukul ketika dipancing bercanda dan melawak.

Andre sengaja membuat candaan ringan agar Tukul terhibur saat bertatap muka bersama. Andre menyampaikan, candaannya dimulai dari minuman teh manis yang disajikan di rumah Tukul.

"Tadi saya gimmick sedikit waktu dikasih teh manis sama yang jaga pas saya mau minum airnya saya taruh di tatakannya kan panas," cerita Andre dikutip dari channel YouTube-nya, Rabu, 26 Januari 2022.

"Begitu sudah saya taruh di tatakannya yang saya minum malah yang ini (yang di gelas) Mas Tukul langsung kayak mau mancing gitu mungkin maksudnya mau ngomong 'Bukan yang di situ (gelas) yang diminum' ha ha," lanjutnya.

Andre berkata bahwa Tukul sudah bisa berinteraksi dengan baik. Dia sudah bisa merespons lawan bicara meski bukan dengan kata-kata.

"Jadi tadi ngobrol banyak sama Mas Tukul walaupun belum bisa komunikasi tapi dari gestur, gerak tubuhnya, beliau merespons yang saya bicarakan," tuturnya.

4 dari 4 halaman

Dilarikan ke Rumah Sakit

Tukul Arwana sempat dilarikan ke rumah sakit. Pihak keluarga baru buka suara soal detik-detik presenter 58 tahun tersebut  dalam keadaan tak sadar.

Menurut putri Tukul, Novita Eka Afriana, ayahnya  kala itu sudah berada di lantai di depan sofa. Saat itu, adiknya, Zhovan, terus memanggil karena sang ayah diam tanpa reaksi.

Vita, begitu ia akrab disapa, menyampaikan awalnya berpikir sang ayah bercanda karena diam saat dipanggil. "Aku lagi di rumah di kamar, ayah itu di depan TV terus ade aku Zhovan panggil aku. Kok ayah diem aja, tiduran di depan sofa. Itu jam 5.30 WIB. Terus aku keluar aku pikir ayah bercanda karena diam aja," kata Vita seperti dilihat dari YouTube Indosiar, Selasa, 11 Januari 2022.

"Terus aku bilang, ayah kenapa, ayah enggak jawab gitu kan. Terus akhirnya didudukin aku kasih minum, udah enggak bisa minum, masih sadar, melek. Air minumnya tumpah terus masih dilap sama ayah, udah enggak bisa ngomong tapi (kasih reaksi lap) terus kayaknya ada yang salah nih," tambah Vita.