Sukses

Cara Membuat Hobi Makeup Jadi Profesi Menjanjikan

MUA profesional seperti Oscar Daniel akan berpartisipasi untuk memberikan pelatihan makeup dalam program Paragon Beauty Academy.

Liputan6.com, Jakarta - Bakat aatu talenta makeup bisa dimiliki oleh siapa saja, tanpa terpaut gender dan usia. Berawal dari hobi bisa jadi profesi. Seseorang yang memiliki keahlian makeup bisa menjadikannya sebagai profesi yaitu makeup artist atau MUA.

Perlu latihan yang konsisten dan intensif untuk mengasah kemampuan makeup hingga akhirnya bisa menjadi MUA profesional. Selama lebih dari tiga setengah dekade hadir mengembangkan industri kecantikan Indonesia, PT Paragon Technology and Innovation (Paragon) meluncurkan program Paragon Beauty Academy (PBA).

Program ini ditujukan bagi mereka yang memiliki ketertarikan menjadi MUA profesional. Dengan memiliki berbagai produk kecantikan yang dapat digunakan para MUA untuk menghasilkan karya terbaiknya seperti Wardah dan Make Over, Paragon menyelenggarakan program PBA yang dibuka dalam Exclusive Class MUA dan Professional Class MUA.

CEO Paragon, Salman Subakat mengatakan, sebagai perusahaan yang sejak lama membangun industri kecantikan, Paragon selalu konsisten untuk tumbuh bersama masyarakat, salah satu perwujudannya melalui PBA.

Hal ini sejalan dengan pilar CSR Paragon yaitu pemberdayaan perempuan dan ekonomi. "Perkembangan MUA yang sangat pesat ini, merupakan bagian tak terpisahkan dari ekosistem pertumbuhan industri kecantikan di Indonesia," ucap Salman dalam peluncuran virtual Paragon Beauty Academy, Rabu, 30 Maet 2022.

"Banyak sekali MUA Indonesia yang juga berkiprah di kancah internasional, karena itu Paragon turut ambil bagian dalam menciptakan MUA-MUA profesional melalui PBA," sambungnya.  Untuk tahun ini, PBA akan dilaksanakan dalam beberapa batch.

PBA batch 1 telah dilaksanakan pada 12-25 Maret 2022, sementara batch 2 pada 11-15 April 2022 dan sekarang diluncurkan kembali batch berikutnya. Para peserta PBA akan tergabung dalam komunitas MUA Paragon dan mendapatkan training serta reward untuk menunjang karir sebagai MUA. profesional.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pendampingan Bisnis

Beberapa peserta terbaik juga akan mendapat kesempatan magang di televisi bersama tim art MUA profesional.  Menurut Beauty Community Manager, Indah Widhiastuti, PBA tak hanya mengajarkan skill makeup, tapi juga diajarkan terkait branding sosial media, tekhnik fotografi dan lainnya.

Tak hanya itu, setelah selesai mengikuti kelas, juga akan ada pendampingan bisnis. "Program ini cukup lengkap, mulai dari make up class hingga bisnis class, diharapkan lulusannya bisa mandiri dan menjadi MUA yang profesional," tuturnya.

PBA turut menggandeng para MUA profesional papan atas Indonesia sebagai pelatih. MUA profesional papan atas Indonesia seperti Anpa Suha, Olis Herawati, Dhirman Putra, dan Oscar Daniel akan berpartisipasi untuk memberikan pelatihan makeup dalam program Paragon Beauty Academy.

3 dari 5 halaman

Pengembangan Diri

"Merupakan kehormatan dapat bergabung menjadi head coach di paragon beauty academy. Materi yang diberikan sangat cocok untuk bekerja di dunia makeup artist. Bukan cuma teknik makeup, tetapi juga ada pengembangan diri dan itu menjadi kelebihan," jelas Head Coach Of Paragon Beauty Academy Oscar Daniel.

Ia menambahkan, untuk dapat masuk ke PBA, peserta harus memiliki dasar dalam makeup artist. Usia dan gender tidak menjadi halangan untuk dapat belajar. Selain melakukan pelatihan makeup, juga melakukan pelatihan sosial media branding, teknik fotografi dan sesi sharing bagaimana menjadi MUA.

4 dari 5 halaman

Disiplin dan Konsisten

Menurut Oscar pelatihan seperti Paragon Beauty Academy menjadi peluang bagi MUA untuk meningkatkan kemampuan dan memperbaharui tren makeup. "Untuk MUA wajib selalu update diri dan peka akan perkembangan dunia makeup, selalu belajar dan mengikuti perkembangan trend makeup. Selain itu sangat diperlukan disiplin dan konsisten," tutur Oscar.

PBA bersama MakeOver berharap ada perkembangan positif dan berupa kemajuan makeup artist di Indonesia. Dengan adanya event ini, diharapkan profesional makeup artist di indonesia akan tumbuh lebih banyak. "Kita berhapa kelas PBA ini mampu memberikan dampak pada industri makeup di Inndonesia maupun global," harap Oscar.

5 dari 5 halaman

Tren Perawatan di Klinik Kecantikan Tahun 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.