Sukses

Ada Benda yang Bikin Salah Fokus di Bagasi Mobil Jokowi Saat Tonton MotoGP Mandalika

YouTuber Den Dimas berfoto di depan mobil Jokowi yang ikut menyaksikan MotoGP Mandalika 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi hadir saat gelaran MotoGP Mandalika 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Jokowi datang sebelum balapan MotoGP dimulai Minggu siang, 20 Maret 2022.

Seperti biasa, ia datang menggunakan mobil kepresidenan, Mercedes-Benz S600 Guard. Hal ini terlihat dalam sebuah unggahan Instagram YouTuber Den Dimas @buburayamracer pada 20 Maret 2022.

YouTuber ini berfoto di depan mobil Jokowi yang diparkir di dekat jalur balap Sirkuit Mandalika. Video yang diunggah itu sempat viral karena Den Dimas mengungkap isi bagasi mobil RI 1.

Dalam unggahan tersebut, Den Dimas tampak sedang berfoto di depan mobil sedan hitam tersebut. Di bagian depan mobil sedan itu terdapat plat bertuliskan ‘Indonesia’ dan bendera merah-putih.

"Ketemu mobilnya Bapak @jokowi," tulis Den Dimas dalam keterangan unggahannya. Ia juga mengunggah foto bagian belakang mobil Jokowi.

Dalam foto itu terlihat bagasi mobil tersebut sedang dibuka karena seorang pengawal Jokowi mengambil barang di dalam bagasi. Namun bukan barang-barang di dalam bagasi tersebut yang jadi perhatian Den Dimas, tapi ia fokus pada sebuah benda yang terlihat asing di bagasi mobil presiden.

Benda tersebut ternyata sebuah kemoceng terbuat dari bulu ayam. Kemoceng itu terlihat terbungkus rapi dan ditaruh di bagian atas tutup bagasi mobil.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tidak Anti Debu

"Mobil boleh german dan anti peluru, tapi kemoceng selalu sedia di bagasi," tulis Den Dimas. Potret ini pun mengundang banyak reaksi dari warganet.

"Kemoceng yang terbuat dari bulu ayam kampung pilihan," komentar seorang warganet. "Anti peluru tapi gak anti debu," tulis warganet lainnya.

"Gayanya bapak-bapak, eyang-eyang Indonesia, selalu ada kemoceng," timpal warganet lainnya. Sampai berita ini ditulis, unggahan tersebut sudah disukai lebih dari 56 ribu kali dan mendapatkan ratusan komentar.

3 dari 5 halaman

Jaket G20

Presiden Jokowi hadir di Mandalika bersama ibu negara, Iriana Joko Widodo. Kedatangan mereka disambut Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Hadi Tjahjanto.

Jokowi terlihat mengenakan jaket merah bertuliskan G20 dan celana panjang hitam, serta masker berwarna cokelat. Hadir juga sejumlah pejabat lain, termasuk Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua Wantimpres Wiranto, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, dan Gubenur Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

Tidak hanya menonton aksi para pembalap dunia, Jokowi sempat menyapa penonton di area tribun. Saat hujan turun dengan derasnya, Jokowi terlihat sempat merasa cemas. Karena kalau hujan tak kunjung reda dalam waktu tertentu, lomba MotoGP bisa saja diundur karena kondisi sirkuit tidak memenuhi syarat untuk balapan.

Jokowi juga tampak berbincang dengan CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta saat mengunjungi paddock Sirkuit Mandalika, Sebagai penyelenggara, Dorna adalah pihak yang punya wewenang untuk memutuskan apakah balapan akan tetap diteruskan, dibatalkan, atau diundur.

4 dari 5 halaman

Hujan Reda

"Ketika bertemu CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta, presiden menanyakan dengan kondisi hujan seperti ini, apa yang dilakukan biasanya," tulis siaran pers Sekretariat Presiden, dikutip dari kanal News Liputan6.com.  Carmelo pun meyakinkan Jokowi bahwa pertandingan MotoGP akan tetap bisa digelar dengan menunggu hujan reda.

Lomba MotoGP akhirnya bisa digelar setelah hujan reda. Ia kemudian menyerahkan piala pada para pemenang MotoGP Mandalilka 2022. Jokowi pun menyampaikan ucapan terima kasih atas penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Mandalika.

"Terima kasih, terima kasih, semoga balapan hari ini berlangsung lancar dan menarik," tutur presiden. Meski merasa puas, ia mengaku perhelatan MotoGP Mandalika belum berjalan sempurna.

Mulai dari persiapan hingga balapan berakhir, Jokowi ingin hal yang belum sempurna itu dapat diperbaiki di masa mendatang. "Memang masih ada hal yang perlu dievaluasi, diperbaiki. Saya kira ini event jangka panjang dan tahun depan akan kita perbaiki," kata Jokowi.

5 dari 5 halaman

MotoGP Indonesia Mandalika 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.