Sukses

Pemilik Rusun di Singapura Batasi Waktu Mandi 5 Menit bagi Penyewanya

Pemilik sebuah rusun di Singapura membatasi waktu mandi penghuninya hanya lima menit.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pemilik rusun harus punya strategi tersendiri agar banyak orang bisa tertarik untuk menyewanya, salah satunya dengan senyuman hangat. Namun bagi hampir 16 penyewa rusun HDB di sepanjang Anchorvale Road, Singapura, keramahan pemilik rusun tersebut berbeda dengan yang mereka alami, seperti aturan waktu mandi.

Dalam sebuah wawancara dengan 8world pada Jumat, 18 Maret 2022, seorang pria Malaysia mengatakan bahwa dia pindah ke rusun di lantai enam bersama saudaranya pada  15 Februar 2022. Selain sewa bulanan sebesar 800 dolar atau Rp8,5 juta, pasangan tersebut juga memberikan deposit Rp8,5 juta untuk kamar yang mereka temukan melalui Facebook, dikutip dari AsiaOne, Sabtu (19/3/2022).

Pria berusia 29 tahun itu menuduh bahwa pemiliknya, akan "mengawasi" setiap gerakannya di dalam rusun. Ada juga banyak aturan rusun yang aneh, seperti membatasi waktu mandi hingga lima menit dan tidak mengizinkannya menyalakan lampu di malam hari.

"Dia juga salah menuduh saya sebagai imigran ilegal. Dia tidak mengalah sampai polisi datang untuk mengkonfirmasi identitas saya," kata pria itu.

Kekisruhan terakhir datang ketika pemilik rusun itu mengklaim bahwa dia akan menjual rusunnya. Ia meminta para penghuninya agar pindah pada akhir Maret 2022. Setelah dia pindah pada 13 Maret 2022, pria itu meminta uang jaminannya dikembalikan, tapi pemilik rusun itu menolaknya dan mengancam akan memanggil polisi.

Setelah berbagi pengalamannya di media sosial, pria tersebut mengetahui bahwa ada hampir 20 orang yang memiliki pengalaman serupa dengan pemilik yang sama. Dia juga menemukan bahwa pemilik itu telah mengunggah iklan yang sama di media sosial untuk mencari penyewa baru.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Aturan Aneh

Penyewa lain sebelumnya mengingat bagaimana pemilik rusun akan menambah lebih banyak aturan pada perjanjian sewa yang telah ditandatangani sebelumnya.

"Suatu malam, dia tiba-tiba mematikan mesin cuci. Ia mengatakan bahwa kami tidak bisa mencuci di malam hari karena kebisingan akan mengganggu tetangga, jadi saya harus mencucinya mencuci pakaian dengan tangan," kata perempuan berusia 23 tahun kepada Shin Min Daily News.

 

3 dari 5 halaman

Tak Kembalikan Uang Jaminan

Penyewa lain memberi tahu 8world bahwa pemiliknya akan mengajukan alasan ketika dia diminta untuk mengembalikan uang jaminan. Meminta pihak berwenang untuk mengambil tindakan, pria itu berkata: "Apakah mungkin untuk mencegahnya menyewakan kamar? Jangan biarkan dia menghasilkan uang dengan cara ini melalui semua celah kontrak."

Sementara itu, pemilik rusun mengatakan bahwa penyewa telah membuat berita palsu terhadap dirinya. Dia mengklaim bahwa penyewa telah melanggar perjanjian sewa mereka dan dia pergi ke pengadilan dengan salah satu dari mereka.

4 dari 5 halaman

Renovasi

"Penyewa melanggar sewa dan membuat saya menghabiskan lebih dari 9.500 dolar untuk merenovasi rusunnya, tetapi uang jaminan mereka kurang dari 1.000 dolar. Bahkan hakim mengatakan kepada saya untuk tidak mengembalikan satu sen pun kepada mereka," kata perempuan itu.

"Saya telah menyewa kamar selama sekitar 20 tahun. Memang ada beberapa penyewa yang selalu melanggar sewa dan mencoba menipu," kata penyewa lain.

 

5 dari 5 halaman

Infografis Serba-serbi Rumah Ramah Lingkungan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.