Sukses

Fakta-Fakta Olympic Stadium, Lokasi Konser BTS 2022 di Seoul

Olympic Stadium di Seoul jadi tempat konser BTS 2022, Permission to Dance On Stage.

Liputan6.com, Jakarta - Konser BTS yang digelar pada 10--13 Maret 2022 berlangsung di Olympic Stadium Seoul. BTS Permission to Dance on Stage jadi peristiwa penting bagi ARMY, demikian penggemar setia BTS akrab disapa.

Sebelumnya, tujuh member BTS tak diperbolehkan tampil di Seoul selama lebih dari dua tahun karena pandemi Covid-19. Kini, mereka tampil memikat para penggemarnya dari Olympic Stadium Seoul.

Tempat tersebut adalah stadion serbaguna yang terletak di Seoul, Korea Selatan dan dibangun untuk Olimpiade Musim Panas 1988 dan Asian Games 1986. Stadion ini memiliki kapasitas 69.950 kursi dan juga dikenal sebagai Jamsil Olympic Stadium, dilansir dari laman sportskeeda, Jumat (11/3/2022).

Stadion ini dirancang oleh Kim Swoo-Geun dan pekerjaan konstruksi untuk stadion dimulai pada 1977. Tujuan hadirnya stadion saat itu adalah menjadi tuan rumah Asian Games pada 1986.

Namun, stadion tersebut dijadikan pusat tawaran Korea Selatan untuk menjadi tuan rumah Asian Games. Pada 1988 stadion ini jadi lokasi Olimpiade.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Biaya

Stadion ini dibangun dengan biaya 430 juta dolar AS atau Rp6,1 triliun. Stadion ini termasuk peringkat ke-4 dalam daftar tempat paling mahal yang dibangun untuk Olimpiade Musim Panas.

Garis-garis profil stadion meniru lekukan elegan dari vas porselen Dinasti Joseon Korea. Kursi penonton didistribusikan dalam dua tingkat, tertutup seluruhnya.

3 dari 5 halaman

Peresmian

Stadion ini resmi dibuka pada 29 September 1984. Pembukaan stadion ini tujuh tahun setelah pekerjaan konstruksi dimulai.

Stadion ini tidak pernah digunakan untuk acara olahraga internasional sejak Olimpiade 1988. Namun, ini digunakan oleh Asosiasi Sepak Bola Korea untuk menggelar pertandingan sepak bola sesekali.

 

4 dari 5 halaman

Pertandingan Utama

Pertandingan sepak bola pertama yang diadakan oleh Stadion Olimpiade Seoul adalah pertandingan persahabatan internasional antara Republik Korea dan Jepang. Pertandingan itu diadakan pada 30 September 1984 dan dimenangkan oleh Jepang dengan selisih 2-1. Takashi Mizunuma dan Kazushi Kimura mencetak gol untuk tim Jepang.

Selain itu,  pada 28 Mei 2000, Yugoslavia bermain imbang tanpa gol dengan tuan rumah dalam pertandingan persahabatan internasional lainnya. Pertandingan ini dimainkan menjelang persiapan Yugoslavia untuk Kejuaraan Eropa UEFA 2000.

 

 

 
 
5 dari 5 halaman

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.