Sukses

Ada Warkop Indonesia di Tengah Kota New York

Warkop NYC bermaksud membawa gaya autentik warung Indonesia ke tengah kota New York. Ada menu apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Mendapati restoran Indonesia di luar negeri memang bukan sesuatu yang baru. Tapi, bagaimana dengan yang konsepnya warung kopi alias warkop? Berlokasi di kota New York, Amerika Serikat, Warkop NYC, digagas dengan ide kreatif tersebut.

Di salah satu unggahan akun Instagram-nya, 1 Februari 2022, mereka menulis, "Kenalkan: WARKOP NYC. Warkop adalah singkatan dari warung (toko ramah lingkungan) dan kopi. Warkop bermaksud membawa pengalaman autentik warung Indonesia ke kota sarat akan peleburan ini."

"Sekarang Anda mungkin mempertanyakan 'warung' yang merupakan pendekatan utama kami ke tempat ini, kami berharap dapat memberi Anda perasaan seperti di rumah sendiri," pihaknya menambahkan.

Di unggahan-unggahan selanjutnya, Warkop NYC berbagi sekilas gambaran warkop yang dimaksud. "Orang-orang, kopi, bersantai, mengobrol, dan kenyamanan," tulisnya menggambarkan nuansa warkop.

Pihaknya juga membocorkan jajaran menu yang bisa diantisipasi di sini. Sesuai janjinya, mereka memboyong berbagai sajian andalan warkop Indonesia, seperti mi instan dan gorengan yang tampaknya bakwan.

Setelah resmi dibuka, tidak butuh lama bagi Warkop NYC untuk menarik perhatian. Keberadaannya telah jadi sensasi online sejak awal bulan ini. Salah satu yang kedapatan sudah mampir adalah pemilik kanal YouTube, MahMud di New York.

Lewat sebuah video yang diunggah pada Jumat, 4 Maret 2022, ia mengatakan bahwa Warkop NYC berlokasi di area Hell's Kitchen. Setelah masuk, rekaman itu memperlihatkan menu yang ditawarkan.

Tampak di sana ada Indomie berbagai rasa yang bisa disajikan bersama topping pilihan, seperti keju, telur, sayur, sosis sapi, dan udang. Pelanggan juga bisa memesan porsi single yang dibanderol tiga dolar AS atau sekitar 43 ribu, maupun double seharga lima dolar AS atau sekitar Rp72 ribu.

Selain itu ada juga berbagai macam "makanan pembuka," termasuk tempe dan tahu goreng. Ada pula menu khas warkop lainnya, yakni roti bakar dan pisang bakar.

Pilihan minumannya tidak kalah beragam, dari es soda gembira, sampai berbagai sajian kopi. Selain itu, mereka juga menyediakan beberapa pilihan susu, seperti oat dan almond milk. Secara keseluruhan, rentang harga di warkop ini adalah 0,5--7 dolar AS atau sekitar Rp7 ribu--Rp100 ribu-an.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Nuansa Indonesia

Selain dari menu makanan, yang mana ada juga kerupuk plus kalengnya yang khas, Warkop NYC sepertinya mau menghadirkan nuansa Indonesia lewat dekorasinya. Tampak ada beberapa pajangan khas Indonesia, termasuk wayang.

Ada juga tumpukan kardus mi instan, sebagaimana sering ditemukan di warkop-warkop di Indonesia. Mereka bahkan menggantungkan sandal jepit yang sudah tidak asing bagi orang Indonesia di dekat kasir.

Liputan6.com sudah menghubungi Warkop NYC untuk berkomentar.

3 dari 5 halaman

Area Hell's Kitchen

Telah disinggung bahwa Warkop NYC berlokasi di area Hell's Kitchen. Melansir NYC GO, Sabtu, 5 Maret 2022, wilayah ini dikenal sebagai rumah bagi banyak restoran yang menyajikan masakan dari seluruh dunia.

Ada empanada Argentina, ramen Jepang, borekas Druze, makanan jalanan Thailand, dan sekarang, sajian warkop khas Indonesia. Tempat ini juga pusat kehidupan malam malam yang populer, dari klub jazz, hingga lounge di puncak gedung, semua ada. 

4 dari 5 halaman

Terinspirasi dari Geng Motor

Teater dan tarian berkembang sangat dekat dari Broadway. Pintu masuk utara High Line berada di ujung selatan area ini. Lalu, di dekat Hudson River Park yang megah, ada Intrepid Sea, Air & Space Museum, dan titik keberangkatan Circle Line Sightseeing Cruises.

Namanya sendiri, menurut Compass, diambil dari nama geng motor abad ke-19 yang terkenal. Reputasinya yang keras dan lokasinya yang jauh di barat membuatnya semula tetap di bawah radar.

Tapi, Hell's Kitchen hari ini jauh dari citra yang dibangkitkan namanya. Dalam 10 tahun terakhir, pengembang dan pemilik usaha kecil telah mengakar di lingkungan yang sedang naik daun ini.

5 dari 5 halaman

Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.