Sukses

Patut Dicicipi, 7 Makanan Khas Ambon yang Enak dan Gurih

Liputan6.com, Jakarta Selain wisata bahari yang memesona, Ambon juga dikenal memiliki makanan khas yang patut dicoba. Makanan khas daerah Ambon memiliki keunikan dan cita rasa yang khas. Beragam jenis makanan khas daerah Ambon dapat ditemukan di sepanjang sudut kota. Mulai dari olahan nasi, sagu, ikan, hingga camilan penutup makanan khas daerah Ambon tak boleh begitu saja terlewat. Dilansir liputan6, berikut makanan yang patut dicoba ketika mengunjungi Ambon.

Nasi Bambu

Nasi Bambu terbuat dari beras ketan dan campuran santan. Beras dan santan kemudian dimasukkan ke dalam bambu yang sebelumnya telah dilapisi oleh daun pisang. Bambu kemudian dibakar cukup lama, kurang lebih 6 jam. Nasi Bambu memiliki cita rasa khas gurih dan nikmat dan cocok disantap bersama sajian ikan.

Nasi Lapola

Nasi lapola merupakan kombinasi antara nasi dengan kacang tolo. Nasi Lapola menjadi makanan khas Maluku yang sangat populer. Beras dan kacang tolo dimasak hingga setengah matang. Nasi kemudian ditaburi kelapa parut dan garam dan dikukus hingga matang. Rasa nasi ini gurih dan pulen.

Ikan Asar

Ikan Asar menjadi olahan ikan khas Ambon yang tak boleh terlewatkan. Ikan Asar merupakan olahan ikan cakalang atau ikan tuna yang diasapkan. Di sini ikan cakalang atau tuna dibumbui lalu ditusuk dengan bambu lalu diasapkan hingga matang. Ikan asar juga tekenal bisa bertahan lama dan menjadi salah satu oleh-oleh khas Ambon yang banyak diburu. Ikan ini biasa disantap bersama nasi hangat dengan sambal colo-colo.

Ikan Kuah Pala

Ikan Kuah Pala merupakan kuliner khas Banda, namun hidangan ini banyak ditemui di kota Ambon. Biasanya Ikan Kuah Pala menggunakan ikan cakalang sebagai bahan dasarnya. Ikan dipadukan dengan berbagai bumbu seperti bawang, asam jawa, merica, ketumbar, dan rempah khas Maluku yaitu pala. Ikan dimasak dengan santan kelapa memberikan perpaduan rasa gurih, asam, dan pedas yang nikmat.

Pisang Asar

Pisang Asar merupakan camilan berbahan dasar pisang yang diolah serupa dengan ikan asar. Camilan ini menggunakamn pisang raja yang di asapi hingga berwarna kecokelatan. Rasa manis Pisang Asar cocok menjadi teman minum teh di sore hari.

Roti Kering Kenari

Camilan khas Ambon lainnya adalah Roti Kering Kenari. Camilan ini terbuat dari roti tawar yang diberi taburan gula dan cacahan kenari di atasnya. Roti kemudian dikeringkan dengan cara dipanggang hingga berwarna kuning keemasan. Roti Kering Kenari bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas Ambon.

Kue Namu Namu

Kue Namu Namu memiliki tampilan mirip dengan panada dari Manado atau kue pastel yang dikenal di Jawa. Masyarakat Ambon menyebutnya namu-namu karena bentuknya mirip dengan buah namu-namu. Kue Namu Namu merupakan adonan tepung seperti pastel berisi ikan cakalang yang sebelumnya dimasak dengan bumbu rempah pedas.

Kalau kamu mau mencicipi makanan khas Ambon, kamu bisa pesan melalui ManisdanSedap.com. Platform yang merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com ini bukan hanya memudahkan pembeli memesan produk dari seluruh Nusantara.

ManisdanSedap.com juga menjadi ‘etalase’, dengan memajang jualan mereka dan menambahkan fitur pembelian langsung ke nomor WhatsApp Seller. Mudah berinteraksi dan bertransaksi, harapannya makin mudah menjaring pembeli, yuk gabung ke ManisdanSedap.com!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!