Sukses

Resep 'Rahasia' Membuat Ayam Kodok, Pas Untuk Rayakan Momen Spesial

Liputan6.com, Jakarta Jika kamu pernah melihat film Mr Bean, ada episode di mana Mr Bean akan merayakan Natal dan sedang menyiapkan ayam kalkun besar. Ya, ayam itu rencananya akan dibuat hidangan Chicken Ballotine.

Di Indonesia lebih dikenal dengan nama menu Ayam Kodok. Ya, di luar negeri memang menggunakan ayam jenis kalkun. Namun karena di Indonesia jarang ada jenis ayam tersebut, maka menggunakan ayam negeri utuh.

Lalu kenapa sih namanya Ayam Kodok? Jangan keburu khawatir ya, sebenarnya itu hanya penamaan saja dan nggak ada hubungannya dengan penggunaan kodok di menu ini. Hanya saja ketika menu ini dibuat, hasil akhirnya menyerupai kodok besar karena diisi dengan campuran daging sapi giling, roti, dan telur rebus.

Nah rahasia pembuatan resep Ayam Kodok ada di pemilihan ayamnya. Dalam akun Youtube Fatmah Bahalwan dijelaskan bahwa pemilihan ayam dalam proses pembuatan menu ini menjadi hal utama.

Fatmah menyarankan untuk menggunakan ayam ekor utuh dengan kulit yang mulus alias nggak ada cacat atau robekan. Biar lebih jelas, yuk ketahui resepnya berikut ini:

Bahan:1 ekor ayam, diambil kulitnya utuh1/2 kg ayam giling1/2 daging sapi giling5 potong roti tawar, rendam dalam air lalu remas1/2 kaleng liver pasta3 butir telur ayam2 sdt gula3 sdt garam1 sdt lada1/2 sdt vetsin/ chicken powder (optional)1/2 sdt pala4 butir telur rebus (untuk isi dalam)

Cara Membuatnya:1. Aduk semua bahan isi menjadi satu hingga rata kecuali telur rebus.2. Setelah kulit ayam dilepas, isi dalamnya dengan adonan daging dan beri tambahan telur rebus juga. Isi terus hingga ayam menjadi padat dan bentuknya seperti sekor ayam utuh kembali.3. Setelah selesai, tusuk-tusuk ayam, lalu kukus hingga matang selama lebih kurang 1 jam.4. Goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan.

Membuat Rollade:1. Sisa bahan isi ayam kodok, dibentangkan dalam kertas roti, isi tengahnya dengan telur puyuh dan mixed vegetable, lalu gulung dan kencangkan. Kukus selama 1 jam.2. Goreng rollade, kemudian potong-potong. Sajikan dengan wortel, buncis rebus, kentang goreng dan ketimun iris.

Saus:3 sdm mentega2 sdm terigu5 sdm kecap manis3 sdm kecap inggris1 btr maggi blok/ chicken powder1/2 sdt pala bub1 bh bawang bombay, iris halus500 ml air kaldu2 sdt garam2 sdt gula1/2 lada

Itulah resep Ayam Kodok yang bisa kamu coba di rumah. Apalagi sebentar lagi kan mau Tahun Baru Imlek, menu ini cocok untuk jadi hidangan spesial atau dijadikan hampers untuk keluarga atau kerabat.

Namun, jika kamu nggak ada waktu untuk membuatnya, jangan khawatir. Kamu bisa memesannya dari sekarang dengan sistem pre order di manisdansedap.com. 

Manisdansedap adalah platform yang hadir untuk membantu para penggemar kuliner dengan mudah menemukan beragam pre-order (PO) makanan dari seluruh nusantara dan bisa order dalam sekejap.

Manisdansedap merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com. 

Dengan dihubungkan ke fitur tombol pembelian, kamu dapat langsung menuju ke nomor Whatsapp Seller, memudahkan interaksi antara pembeli dan seller. Makin mudah gaet pembeli, yuk daftarkan usaha kulinermu ke ManisdanSedap.com!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(*)