Sukses

Fakta di Balik Tuduhan Penjual Es Puter Terkenal di Semarang Getok Harga

Liputan6.com, Jakarta - Tuduhan penjual getok harga kembali jadi sensasi online. Namun, konten kali ini justru berisi permintaan maaf dari pembeli yang mengaku suuzan karena mengira seorang penjual es puter di kota Semarang, Jawa Tengah menagihnya dengan harga tidak wajar.

"Aku dikasih tahu sama temanku kalau es puter di sini enak, jadi aku samperin aja," kata pengguna TikTok @iniclaramonica dalam unggahannya, beberapa waktu lalu.

Ia mengaku memesan es puter rasa cokelat, kelapa, dan alpukat. "Yuk coba yuk rasanya memang betulan enak, dan isiannya banyak banget," imbuh si pemilik akun.

Yang bikin suuzan, ia mengaku "kaget" harus membayar Rp20 ribu untuk seporsi es puter. "Aku kira harganya (Rp)7 ribu-an," tulisnya di rekaman berdurasi 32 detik tersebut.

Pasalnya, sebelum itu, ia mengaku makan nasi ayam seharga Rp15 ribu. "Masa es harganya (Rp)20 ribu? Tapi, ternyata harganya memang segitu. Aduh mohon maaf ya, pak," ucapnya.

"Mohon maaf aku sempet suudzon, tapi enak kok es puternya!" tulisnya sebagai keterangan foto. Di kolom komentar, ada pengguna TikTok, mengaku sebagai cucu penjual es puter, memberi penjelasan terkait tudingan tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pengakuan Warganet

Si pengguna TikTok mengaku cucu penjual es puter ini menulis, "Gini, aku mau jelasin kenapa harganya mahal, karena semua esnya dibikin dari 100 persen buah." "Wah makasih penjelasannya kak! Iya enak esnya titip salam ke kakeknya ya," balas si pemilik akun.

Di kolom komentar, tidak sedikit warganet yang membenarkan harga tersebut, bukan "nominal yang diketok." "Jangan kaget. Ini memang kelihatannya harganya mahal, tapi rasanya enak banget soalnya es conglik ini sudah melegenda," komentar seorang warganet.

"Eh ini biarpun mahal enak bgt loooh. Aku dulu ke situ juga enggak tahu kalau itu es krim populer, kirain murah. Pas udah nyuap, 'ini pasti mahal,'" timpal yang lain. Sampai artikel ini ditulis, video tersebut telah ditonton lebih dari 3,5 juta kali dan mengundang seribuan komentar.

3 dari 4 halaman

Es Puter Legendaris

Mengutip laman Visit Jateng, Rabu (19/1/2022), es puter conglik merupakan es krim tradisional dengan cita rasa yang unik. Rahasianya ada di bahan dasar es krim yang menggunakan bahan asli tanpa tambahan perasa.

Proses pembuatannya masih terbilang tradisional karena menggunakan termos yang diisi adonan es, lalu pada bagian luar termosnya ditempatkan garam krosok agar tetap bisa menghasilkan tekstur es krim yang beku.

Ada empat varian rasa: durian, kelapa muda, alpukat, dan cokelat. Dari empat varian rasa tersebut, bisa dipilih dua varian rasa jika ingin mencobanya dalam semangkuk es puter.

Porsinya disebut lumayan besar ditambah pilihan topping, seperti kolang-kaling, siwalan, roti, dan agar-agar. Untuk varian rasa durian, penyajiannya akan ditambahkan topping buah durian asli dan matang. 

Es puter bertekstur agak kasar ini sudah ada sejak 1982. Awalnya, es puter ini dijajakan Sukimin di daerah pecinan kota Semarang menggunakan gerobak kecil.

Nama "Conglik" memiliki arti "kacung cilik" atau dalam bahasa Indonesianya adalah pembantu kecil. Dulunya, resep dan cara pembuatannya diajarkan langsung oleh orang Belanda dan masih dijaga resepnya sampai sekarang.

4 dari 4 halaman

Infografis 7 Penyebab Sampah Makanan