Sukses

5 Minyak Terbaik untuk Perawatan Kulit Wajah Alami

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah minyak alami telah menjadi bahan penting untuk pembuatan produk-produk kecantikan. Kemampuan alaminya mampu menghidrasi dan menutrisi berbagai jenis kulit, termasuk kulit wajah.

Terlepas dari namanya, minyak wajah tidak akan membuat wajah kamu jadi berminyak. Minyak wajah alami memiliki kandungan yang bermanfaat untuk membantu mengurangi peradangan dan membuat kulit wajah bercahaya.

Bila kamu ingin menghilangkan kemerahan, menghentikan iritasi akibat jerawat atau sekadar melembabkan wajah, berikut ini deretan minyak alami terbaik untuk kulit kamu seperti dilansir dari Healthline.

1. Minyak Kelapa

Penuh dengan vitamin E, minyak kelapa dapat digunakan sebagai pelembab tradisional. Karena penuh dengan asam lemak, minyak kelapa bertindak sebagai semacam penghalang pada kulit, menjaga kelembapan tetap terkunci. Jadi, secara alami anti bakteri dan anti jamur, membantu melindungi kulit dan rambut dari perubahan musim. Salah satu keunggulannya adalah memiliki bau yang enak!

2. Minyak Argan 

Minyak argan dikemas dengan vitamin E, antioksidan, dan asam lemak esensial. Ini cukup ringan untuk digunakan sebagai pelembab sehari-hari yang tidak berminyak, tetapi juga dapat digunakan untuk merawat mereka yang memiliki kondisi kulit yang lebih parah, seperti eksim. Berkat sifat antioksidannya, minyak argan bekerja untuk meningkatkan elastisitas kulit dengan menangkis kerusakan akibat radikal bebas, membuat kulit bercahaya.

2 dari 2 halaman

Perawatan Wajah Alami

3. Minyak Biji Rosehip

Minyak ini kaya akan asam lemak esensial dan mengandung vitamin E, C, D, dan beta karotin. Penuh dengan manfaat, membantu melindungi dan menghidrasi kulit, melawan kerusakan akibat radikal bebas, dan mengurangi kerutan. Tapi itu tidak semua! Vitamin dan antioksidan meremajakan kulit untuk mengembalikan elastisitas, membantu memperbaiki bintik hitam, dan mengurangi munculnya bekas luka.

4. Minyak Marula

Minyak marula kaya akan asam lemak dan konon mengandung 60 persen lebih banyak antioksidan daripada kebanyakan minyak lainnya, yang berarti ia memiliki kekuatan melawan penuaan dan kerusakan akibat sinar matahari. Minyak ini juga memiliki sifat antimikroba, sehingga ideal untuk kulit yang teriritasi atau berjerawat.

5. Minyak Jojoba

Minyak jojoba mirip dengan struktur kulit kita, minyak ini dapat mereplikasi atau melarutkan minyak, tergantung apakah kulit kamu memproduksi secara berlebihan atau kurang. Dengan demikian, dapat membantu menyeimbangkan produksi sebum dan menghilangkan jerawat. Terdiri dari mineral dan nutrisi yang bermanfaat, minyak jojoba juga berfungsi sebagai emolien untuk menenangkan kulit dan memberikan kelembapan sepanjang hari.

Minyak wajah alami merupakan salah satu rahasia untuk menjaga kecantikan. Sejumlah minyak alami di atas dapat menyerap ke dalam kulit dengan cepat, memberikan kelembapan instan dengan hasil akhir yang tidak berminyak. 

 

(*)