Sukses

Desainer Indonesia Rancang Kostum Nasional Terbaik di Mrs World 2022

Liputan6.com, Jakarta - Satu lagi desainer Indonesia yang membuktikan kualitasnya di panggung dunia. Perancang mode Eggie Jasmin dipercaya menggarap kostum nasional Mrs India World 2021, Navdeep Kaur, yang dinobatkan sebagai "Best National Costume" di kontes kecantikan Mrs. World 2022 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS).

Keterlibatannya, diceritakan Eggie, berawal dari bos Mrs India Inc., Mohini Sharma, yang secara langsung menghubunginya. "Beliau tahu saya dari euforia kemenangan kostum nasional Jihane (Almira) di ajang Miss Supra International (2021)," katanya melalui pesan pada Liputan6.com, Sabtu, 15 Januari 2022.

Sharma mengaku tertarik dengan karya-karya Eggie, hingga akhirnya mempercayakan desainer itu untuk mendesain kostum nasional wakil India di kontes kecantikan yang malam puncaknya berlangsung pada Sabtu, 15 Januari 2022, waktu AS tersebut. "Langsung berlanjut ke meeting online," imbuhnya.

Awalnya, pihak Mrs India Inc. meminta desain terinspirasi Dewi Durga. Tapi, karena satu dan lain hal, Eggie mengusulkan konsep sedikit berbeda. Ia berkata, "Sejujurnya, mereka menyerahkan semua ide ke saya. Jadi diberikan kebebasan, apalagi waktunya memang sudah sangat mepet."

Proses diskusi desain pun dilakukannya bersama Sharma. Rancangan final disetujui pada awal Oktober 2021. Kemudian, proses pembuatan kostum nasional itu mulai dilakukan pertengahan Oktober, dan selesai pada akhir November 2021. Selanjutnya, pengiriman dilakukan pada awal Desember.

"Jadi, totalnya kurang lebih 1,5 bulan sampai dikirim," ujarnya.

Ia menjabarkan, secara keseluruhan, tema kostum nasional itu menyoroti Kundalini Shakti atau Cakra Aura. Ini digambarkan dalam sosok ular, dengan spesifikasinya kobra, yang mana jenis ular ini berperan penting dalam cerita mitologi di India.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bertabur Berlian, Kristal, dan Mutiara

Pemilihan fabrikasinya, Eggie menjelaskan, menggunakan material premium, dilengkapi taburan 50 ribu diamond rhinestone. "Bahan dasar bajunya sendiri menggunakan fabrikasi korean squin gold metallic yang menyerupai sisik ular, ditambah aksesori ukir untuk bagian klat bahu dan klat tangan bertabur kristal," ia menguraikan.

Bagian lehernya menggunakan crystal coker bertabur kristal dan mutiara. Hiasan kepalanya, kata Eggie, merupakan poin utama dari kostum tersebut: berbentuk kepala kobra bertabur kristal cangkang, diamond rhinestone, dan mutiara.

"Begitu pun dengan tongkatnya menggunakan ukiran kepala kobra bertabur kristal," tutunya. "Boots menggunakan fabrikasi senada dengan material bajunya, ditambah aplikasi hiasan kepala kobra."

Jubah juga menggunakan bahan yang sama dengan baju, ia menambahkan, dengan bingkai renda bordir paisley bertabur diamond rhinestone.

3 dari 4 halaman

Menciptakan Kesempatan

Menurut Eggie, Indonesia adalah gudangnya orang-orang bertalenta luar biasa. Buktinya, sudah banyak desainer lokal yang diajak bekerja sama oleh pihak-pihak international, termasuk di bidang kontes kecantikan.

"Inti utamanya adalah kesempatan. Masih banyak yang belum mempunyai atau diberikan kesempatan tersebut," katanya.

Sebagai desainer, Eggie menilai penting untuk mengasah talenta dengan berkarya semaksimal mungkin, mengembangkan talenta yang dimiliki, mengerjakan yang tebaik dari sekecil apapun itu, serta menjaga kualitas karya.

Ia mengatakan, "Be unique dan mencoba banyak menjaring relasi, terutama yang berhubungan atau berkaitan dengan bidang yang kita tekuni. Insya Allah pasti akan ada yang melirik karya kita."

4 dari 4 halaman

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion