Sukses

Toko Roti Ungkap Cara Membuat Kue Pengantin Bertingkat

Ternyata ada trik tersendiri untuk membuat kue pernikahan bertingkat-tingkat tetap awet dan berharga tidak terlalu mahal.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu ciri khas dari pesta pernikahan adalah kue pengantin yang megah dan bertingkat-tingkat. Mempercantik visual kue tersebut, biasanya ditambahkan juga hiasan-hiasan bertema tertentu.

Mungkin banyak yang penasaran bagaimana cara membuat kue pengantin yang bertingkat-tingkat karena terkesan begitu sulit. Tahap demi tahap pembuatannya pun dibagikan toko roti @gulagulabake melalui akun media sosial mereka pada 15 Desember 2021.

Melalui unggahan video di TkTok, terlihat seseorang sedang menyusun styrofoam jadi sebuah kue bertingkat tiga. Kemudian, pembuat kue mulai menghias sisi stirofoam dengan krim berbentuk bunga cantik.

Pegunggah video itu menjelaskan bahwa sebagian kue pengantin yang dipesan tersebut dari stirofoam. Penggunaannya memudahkan dalam pembuatan kue pengantin, mengingat sangat sulit jika harus menggunakan kue asli yang ditumpuk. Terlebih, ada kue yang harus memiliki ukuran besar dan megah.

Selain itu, penggunaan stirofoam juga memudahkan proses pengiriman dari tempat pembuatan kue ke lokasi pernikahan. Dibanding kue asli, kue yang terbuat dari stirofoam tentu bisa didapatkan dengan harga jauh lebih murah.

"Wedding cake kebanyakan terbuat dari styrofoam, apalagi kalau cakenya gede banget sampai tujuh tingkat bahkan lebih. Biasanya enggak mungkin kalau itu full dari kue asli karena akan sulit banget dalam proses pengiriman dan biayanya juga sudah pasti mahal banget," jelasnya pada video viral itu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ada yang Kue Asli, tapi...

Meski begitu, ada juga kue pengantin yang dibuat dengan kue asli dan bisa dimakan. Kue tersebut biasanya dilapisi krim putih dan fondant. Namun, kue pengantin yang terbuat dari kue asli umumnya hanya dibuat untuk prosesi saja.

"Karena biasanya tamu undangan datangnya tidak bersamaan, sedangkan kue biasanya kuenya digunakan untuk foto-foto, jadi sayang banget kalau dipotong di tengah acara untuk dibagikan ke para tamu undangan. Jadi biasanya, kue pengantin ini digunakan untuk prosesi saja," terang akun itu lagi.

Unggahan video viral itu pun menarik komentar beragam dari para warganet, terutama di TikTok. Ada yang bertukar cerita tentang kue pernikahannya hingga berkomentar nyeleneh. "Udahlah pake tumpeng nasi kuning aja. Dijamin sejam udah abis," komentar seorang warganet

"Sebenarnya kalo menurut ku pake dummy alias sterofoam itu biar dekoran cake nya bisa lebih ‘wah’ dan aweettt, karna kalo pake kue asli itu cepet kempes gitu kuenya dan jauh lebih mahal harganya jadi jarang yang pesan. Ini pendapatku sebagai tukang kue juga yaa hehe," komentar warganet lainnya.

"Trus bisa dimakan gak krimnhya itu? sayang banget kalo ga bisa, mubzair ga sih?" timpal warganet lainnya. Sampai berita ini ditulis, unggahan tentang kue pengantin di TikTok sudah dilihat lebih dari 2,5 juta kali dan disukai lebih dari 130 ribu kali.

3 dari 4 halaman

Kue Pengantin Ambruk

Beberapa minggu lalu juga sempat viral tentang kue pengantin Danang D'Academy dan Hemas Nura. Usai menikah, Danang dan Nura mengikuti acara Ngunduh Mantu di kota kelahiran Danang di Banyuwangi, Jawa Timur.

Ada satu momen dari acara pernikahan tersebut yang menjadi viral di media sosial, yaitu saat memotong kue pernikahan. Pada unggahan di akun TikTok @maharagung.organizer yang dibagikan pada 17 Desember 2021, Danang dan Nura terlihat hendak memotong kue pengantin bertingkat setinggi sekitar dua meter.

Saat itu, keduanya tampak sudah siap memotong kue pernikahan. Namun, Danang terlihat terdorong hingga menjatuhkan bagian atas kue pengantin. Kue itu pun terbelah menjadi dua bagian. Danang sempat bengong melihat insiden tersebut.

Setelah itu, Nura tampak bersedih, menangis melihat kue pernikahannya ambruk. Danang pun mencoba menenangkannya. Tamu undangan yang hadir tampak histeris melihat momen kue pernikahan jatuh. Di akhir acara, Danang dan Nura meminta maaf atas insiden tersebut. Ia percaya ambruknya kue pernikahan mereka bukan tanda apapun.

4 dari 4 halaman

Gaun Pernikahan Raisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.