Sukses

Intip Sederet Tips dan Trik Interior Rumah Hemat Energi 

Mira Natasya memberikan tips dan trik bagaimana menerapkan interior rumah yang hemat energi.

Liputan6.com, Jakarta Menyambut tahun baru tak akan lengkap tanpa memiliki resolusi. Dengan resolusi kamu tentu akan semakin semangat menjalani hari dan mencapai tujuan. Salah satu resolusi yang perlu dimiliki di tahun baru adalah menghemat energi listrik. Dengan demikian kamu juga akan menghemat pengeluaran.

Perubahan gaya hidup pasca pandemi telah berdampak pada peningkatan daya listrik yang sangat signifikan. Umumnya banyak bersumber dari penggunaan beragam barang elektronik.

Karena fenomena itulah, penting sekali bagi kita untuk mengetahui cara menghemat energi sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan daya listrik dan juga mengurangi pemanasan global.

Dalam sebuah acara Instagram Live dengan tema Interior Rumah Hemat Energi bersama Asuransi Astra melalui produk asuransi rumah tinggal Garda Home di akun @garda.oto beberapa waktu lalu, Mira Natasya sebagai nara sumber sekaligus pemilik akun Instagram @rumahpertigaan memberikan tips dan trik bagaimana menerapkan interior rumah yang hemat energi.

1. Sirkulasi udara yang baik

Langkah pertama adalah menciptakan sirkulasi udara yang baik. Selain memberikan rasa segar di ruangan, adanya bukaan untuk sirkulasi udara juga dapat mengurangi penggunaan pendingin ruangan atau AC. Seperti yang diketahui penggunaan AC dapat memakan listrik dengan daya yang besar.

Sirkulasi udara yang baik ini bisa didapatkan dengan cara  menempatkan cross ventilation atau taruh bukaan ruangan yang banyak dan lebar sehingga angin bisa mengalir. Solusi lain yang dapat dilakukan adalah dengan sering-sering buka pintu dan mengadakan exhaust fan agar sirkulasi udara yang masuk dan keluar tetap terjaga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Penempatan interior yang tepat

Interior merupakan penguat suasana di setiap bagian ruangan. Namun, penempatan interior ini harus diperhatikan agar ruangan tetap terlihat rapi dan tidak terlalu padat.

Gunakanlah interior yang fungsional yang masih senada dengan warna ruangan. Misalnya meja makan yang bisa dilipat atau tempat tidur yang di bawahnya bisa menjadi storage. Hal tersebut dapat menjadi solusi agar ruangan tetap terlihat terbuka dan luas.

Untuk menambah suasana ruangan terasa sejuk, asri dan segar, kamu juga bisa memanfaatkan lahan dengan menghadirkan tumbuhan hijau.

3 dari 3 halaman

3. Bijak menggunakan barang elektronik

Penting sekali untuk dapat memilah penggunaan listrik, menyalakan yang memang harus digunakan, dan jangan lupa matikan apabila sudah tidak digunakan.

Di samping penggunaan alat elektronik dengan watt rendah, kamu juga bisa meminimalisir penggunaan listrik dengan memaksimalkan energi yang bisa diperbaharui seperti angin ataupun matahari. Dengan banyak bukaan di rumah, secara tidak langsung kamu juga dapat menghemat penggunaan lampu karena cahaya yang masuk ke dalam ruangan.

Itulah tips dan trik menerapkan interior rumah yang hemat energi. Tentu masih banyak tips lainnya, namun praktekkan dulu tiga hal di atas.

Setelah memastikan rumah hemat energi, sayang rasanya apabila tidak dilengkapi dengan perlindungan bagi rumah tinggal. Dengan adanya perlindungan dari asuransi, kamu juga dapat terhindar dari pengeluaran dana yang mendadak dan besar karena adanya risiko yang datang secara tidak terduga.

Asuransi Astra melalui produk asuransi Garda Home dapat berikan perlindungan akan risiko flexas (Fire, Lightning, Explosion, Impact of Falling Aircraft, and Smoke), yaitu perlindungan untuk risiko kebakaran yang disebabkan oleh api, sambaran petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, dan asap.

Untuk informasi lebih lanjut dan cara mendapatkannya, Anda dapat mengunjungi langsung unit layanan Asuransi Astra yang tersebar di beberapa wilayah strategis di Indonesia, ataupun secara online dengan mengunjungi gardaoto.com.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini