Sukses

Damri Buka Rute Jakarta-Banyuwangi, Berapa Tarifnya?

Liputan6.com, Jakarta - Publik akan segera menikmati layanan rute baru Damri, Jakarta-Banyuwangi. Perjalanan tersebut akan menempuh jalur via Cirebon, Semarang, Probolinggo, dan Jember.

Berdasarkan keterangan yang dibagikan di akun Instagram resmi Damri Indonesia, baru-baru ini, perjalanan rute Jakarta-Banyuwangi ini akan diluncurkan pada Jumat, 24 Desember 2021. Perjalanan perdana ini berangkat dari Pool Damri Kemayoran pukul 14.00 WIB.

Tarif layanan Damri rute Jakarta-Banyuwangi untuk kelas Eksekutif dibanderol Rp380 ribu dan Rp445 ribu bagi kelas Royal. Sementara untuk tujuan Lumajang atau Probolinggo (Terminal Bayuangga) dihargai Rp325 ribu (Eksekutif) dan Rp375 ribu (Royal).

Rute Jakarta ke Jember (Terminal Tawang Alun) untuk Eksekutif seharga Rp350 ribu dan Royal Rp400 ribu. Damri rute Cirebon berangkat dari Terminal Harjamukti pukul 17.30 WIB dengan tujuan Lumajang atau Probolinggo (Terminal Bayuangga) Rp285 ribu (Eksekutif) dan Rp337.500 (Royal).

Dari Cirebon ke Jember (Terminal Tawang Alun) untuk Eksekutif seharga Rp325 ribu dan Royal Rp4375 ribu. Juga, tujuan Banyuwangi (Terminal Brawijaya) seharga Rp350 ribu untuk Eksekutif dan Rp400 ribu Royal.

Dibuka pula perjalanan dari Semarang atau Solo, tepatnya dari Pool Damri Semarang pukul 19.30 WIB dan dari Pool Damri Solo 21.00 WIB. Perjalanan dari kedua wilayah ini dengan tujuan Lumajang atau Probolinggo (Terminal Bayuangga) dibanderol Rp200 ribu (Eksekutif) dan Rp250 ribu (Royal).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Beda Kelas Eksekutif dan Royal

Perjalanan dari Semarang atau Solo menuju Jember (Terminal Tawang Alun) untuk Eksekutif seharga Rp240 ribu dan Royal Rp300 ribu. Terakhir, jika berangkat dari Semarang atau Solo menuju Banyuwangi (Terminal Brawijaya), tarifnya seharga Rp275 ribu untuk Eksekutif dan Rp325 ribu untuk Royal.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun dari Call Center Halo Damri, Rabu (22/12/2021), yang membedakan kelas Eksekutif dan Royal adalah dari tempat duduk. Damri Eksekutif memiliki 28 tempat duduk dengan format kursi 2-2.

Sedangkan Damri Royal memiliki 21 tempat duduk dengan format kursi dua di kanan dan satu kursi di sisi kiri. Selebihnya, fasilitas kedua kelas ini sama, yakni terdapat toilet di dalam bus dan penumpang mendapat satu kali makan.

3 dari 4 halaman

Syarat Perjalanan dengan Angkutan Darat Selama Nataru

Bagi pelaku perjalanan dengan angkutan darat, seperti Damri, wajib mengetahui beberapa syarat bepergian di masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Mengacu pada Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 109 Tahun 2021, penumpang wajib menunjukkan kartu vaksin dosis kedua.

Penumpang juga harus menyertakan hasil negatif tes antigen paling lambat 1x24 jam sebelum keberangkatan. Penumpang wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Pelaku perjalanan jarak jauh usia di bawah 12 tahun diwajibkan melampirkan hasil negatif RT-PCR maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan. Bagi pelaku perjalanan jarak jauh usia di bawah 12 tahun tidak diwajibkan melampirkan kartu vaksin.

4 dari 4 halaman

Infografis WFH Bukan Berarti Jalan-Jalan ke Luar Kota