Sukses

Di Balik Gaun Harnaaz Sandhu Saat Menang Miss Universe 2021

Liputan6.com, Jakarta - Harnaaz Sandhu berhasil membawa pulang mahkota Miss Universe 2021. Kemenangan perempuan berusia 21 tahun ini dirayakan dalam puncak acara yang diselenggarakan di Universe Dome, Port of Eilat di Eilat, Israel, Minggu, 12 Desember 2021 waktu setempat.

Mahkota pun diserahkan oleh Miss Universe 2020 Andrea Meza kepada Harnaaz Sandhu. Wakil India ini mantap mengungguli dua kontestan di Top 3 Miss Universe 2021, yakni 1st Runner-Up Nadia Ferreira (Paraguay) dan 2nd Runner-Up Lalela Mswane (Afrika Selatan).

Harnaaz Sandhu menjadi orang India ketiga yang memenangkan gelar Miss Universe. Sebelumnya, Sushmita Sen sukses dianugerahi Miss Universe 1994 dan Lara Dutta menyabet gelar Miss Universe 2000.

Saat berlaga di ajang Miss Universe 2021, Harnaaz Sandhu tampil memukau dalam balutan gaun malam. Dilansir dari News18, Sandhu mengenakan finale gown yang dirancang oleh desainer Saisha Shinde yang telah menerima berbagai penghargaan.

"Rasanya benar-benar luar biasa melihat impian Anda menjadi kenyataan bukan hanya untuk Harnaaz dan India, tetapi juga bagi saya karena saya ingat melihat Lara Dutta memenangkan Miss Universe pada 2000," katanya.

Saisha melanjutkan, setelah melihat momen itu, ia berangan suatu hari dapat mendesain busana untuk Miss India. Mimpinya terwujud ketika Harnaaz mengenakan gaun rancangannya dan menyabet gelar Miss Universe 2021.

"Jadi, pasti saya harus mengatakan bahwa itu adalah momen yang akan saya ingat selamanya. Gaun pemenang datang untuk saya," tambahnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Makna Gaun

Finale gown yang dikenakan Harnaaz adalah perpaduan gaya Saisha dan kepribadian Harnaaz. "Ada ekspektasi tertentu dari Miss India di kontes internasional," kata Saisha.

Desainer ingin Harnaaz terlihat anggun, cantik, dan gaunnya harus terlihat halus, namun pada saat yang sama ada sentuhan kuat. "Kebetulan merek saya sekarang setelah saya bertransisi menjadi seorang perempuan," tambahnya.

Gaun elegan rancangan Saisha dihiasi sulaman, stones, manik-manik, siluet melengkapi kepribadian Harnaaz. "Harnaaz percaya pada keberlanjutan, jadi kami menggunakan bahan bordir yang tersedia bersama kami dan tidak membeli yang baru," ungkap desainer tersebut.

"Juga, karena dia berasal dari Punjab, kami memasukkan motif yang diilhami phulkari dalam ansambelnya. Pola geometris yang identik dengan pola phulkari diberi sentuhan modern," kata Saisha.

3 dari 4 halaman

Kemenangan Harnaaz

Pada Top 3, kontestan mengikuti tantangan Final Question. Masing-masing kontestan diberi waktu 30 detik untuk menjawab pertanyaan yang sama.

"Nasihat apa yang akan Anda berikan kepada remaja putri yang menonton tentang bagaimana menghadapi tekanan yang mereka hadapi saat ini?" bunyi pertanyaan di Final Question.

"Saya pikir tekanan terbesar anak muda saat ini adalah mempercayai diri mereka sendiri," kata Harnaaz.

Ia menambahkan, untuk menjadi lebih baik, berhenti membandingan diri dengan orang lain. "Mari kita bicara tentang hal-hal yang lebih penting yang terjadi di seluruh dunia," jelasnya.

"Saya pikir inilah yang perlu Anda pahami, keluar, berbicara karena Anda adalah pemimpin hidup Anda, Anda adalah suara Anda sendiri, saya percaya pada diri saya sendiri dan itulah mengapa saya berdiri di sini hari ini," tutup Harnaaznya dibarengi gemuruh tepuk tangan penonton.

4 dari 4 halaman

Infografis Sampah Kemasan Produk Kecantikan