Sukses

5 Manfaat Daun Jambu Biji untuk Mengobati Sakit Gigi

Liputan6.com, Jakarta - Daun jambu biji memiliki manfaat yang luar biasa untuk pengobatan yang dapat dilakukan di rumah. Terlebih, aksesibilitas daun jambu biji terbilang mudah.

Ya, dilansir Dr Health Benefits, Kamis (2/12/2021), daun jambu biji bisa ditemukan di mana saja, seperti di dekat rumah dan bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan. Dari beberapa opsinya, daun jambu biji tercatat bermanfaat untuk kesehatan mulut, termasuk mengobati sakit gigi.

Sakit gigi mungkin jadi masalah umum, namun langsung pergi ke dokter gigi masih jadi mimpi buruk bagi banyak orang. Ini mengarahkan mereka memilih pengobatan rumahan terlebih dulu.

Daun jambu biji memiliki khasiat yang dibutuhkan untuk menyembuhkan sakit gigi. Berikut beberapa manfaat daun jambu biji untuk sakit gigi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

1. Sifat Anti-Inflamasi

Sakit gigi biasanya disebabkan peradangan di sekitar. Peradangan juga dapat memberikan efek lebih lanjut ke bagian sekitarnya, seperti pembengkakan pada gusi.

Peradangan biasanya menimbulkan sensasi nyeri pada gigi. Dalam hal ini, sifat anti-inflamasi alami dalam daun jambu biji dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan proses pemulihan sakit gigi.

3 dari 7 halaman

2. Menahan Rasa Sakit

Saraf yang meradang bisa menjadi penyebab utama sakit gigi. Dalam hal ini, Anda perlu menghentikan peradangan dan menyembuhkan rasa sakit yang disebabkannya.

Selain sebagai anti-inflamasi alami, daun jambu biji juga dapat berperan sebagai analgesik atau obat menahan rasa sakit. Jadi, Anda bisa mengonsumsi analgesik alami yang bisa disiapkan dari larutan daun jambu biji.

4 dari 7 halaman

3. Sifat Antimikroba

Salah satu penyebab sakit gigi adalah infeksi mikro bakteri. Hal ini disebabkan kebersihan mulut yang buruk. Dalam hal ini, berkumur dengan larutan daun jambu biji dapat menurunkan aktivitas mikroba dan menjaga kebersihan mulut dengan baik.

Berkumur dengan larutan daun jambu biji, dua hingga tiga kali sehari, dapat menjauhkan bakteri tersebut. Berkat kandungan flavonoid yang tinggi yang menjaga kebersihan mulut dengan sangat baik.

5 dari 7 halaman

4. Obat Rumahan yang Efisien

Terkadang kita mengalami sakit gigi tepat setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang sangat panas, dingin, atau manis. Namun, tahukah Anda bahwa sulit untuk menghilangkan sakit gigi hanya dalam satu kali perawatan?

Bahkan dapat menjadi lebih buruk ketika sedang makan atau minum sesuatu. Oleh karena itu, Anda dapat memetik beberapa daun jambu biji untuk obat rumah alami yang efektif dan mudah diakses untuk sakit gigi.

6 dari 7 halaman

5. Mengganti Kekurangan Mineral

Salah satu faktor penyebab sakit gigi adalah demineralisasi. Gigi membutuhkan mineral yang cukup untuk tetap kuat. Namun, karena kurangnya perawatan dan pola makan yang tidak sehat, kebiasaan ini dapat merusak lapisan mineral yang dibutuhkan gigi.

Kekurangan lapisan mineral dapat menyebabkan lapisan gigi yang keras menjadi lemah. Ini adalah penyebab utama peradangan dan rasa sakit pada gigi. Dalam hal ini, daun jambu biji dapat memberikan mineral yang cukup seperti zat besi dan kalsium untuk mendukung kekuatan lapisan gigi.

Itulah beberapa manfaat daun jambu biji untuk obat sakit gigi yang mudah dilakukan meski Anda sedang di rumah saja. Tertarik untuk mencobanya?

Penulis: Vania Dinda Marella

7 dari 7 halaman

Infografis Deretan Kandidat Obat Covid-19