Sukses

Miss Universe 2021 Digelar di Israel, Begini Komentar Miss Universe 2020 Andrea Meza

Ajang Miss Universe 2021 rencananya akan digelar di Israel bulan depan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemegang mahkota Miss Universe Andrea Meza menyebut, kontes kecantikan yang sudah berlangsung lama tidak boleh dipolitisasi. Ini menyusul keputusan ajang Miss Universe 2021 bakal diselenggarakan di Israel di tengah tekanan pada kontestan untuk keluar dari ajang itu sebagai bentuk solidaritas dengan Palestina.

Kontes Miss Universe ke-70 terjadwal akan digelar di kota resor Israel, Eilat, pada Desember 2021. Puluhan kontestan dari seluruh dunia akan tiba di sana dalam beberapa minggu mendatang untuk bersaing dalam sesi kostum nasional, gaun malam, dan pakaian renang. Mereka juga akan diuji kecakapan berbicara di depan umum dengan serangkaian pertanyaan wawancara, dikutip dari AP, Jumat (19/11/2021).

Namun, kontes tersebut jadi sorotan karena diadakan di Israel di tengah seruan boikot terhadap negara tersebut atas perlakuannya terhadap Palestina. Setidaknya satu negara telah membatalkan partisipasi mereka.

"Setiap orang dengan keyakinan berbeda, dengan latar belakang berbeda, dengan budaya berbeda, mereka semua berkumpul, dan ketika Anda berada di sana, Anda melupakan politik tentang agama Anda," katanya. "Ini hanya tentang merangkul wanita lain."

Meza mewakili Meksiko dan dinobatkan sebagai Miss Universe 2020 pada Mei 2021 setelah kontes itu ditunda akibat pandemi. Sesuai tradisi, ia akan menyerahkan mahkotanya di Eilat pada 12 Desember.

Israel berharap kontes tersebut akan membantu menarik wisatawan dan memproyeksikan citra Israel sebagai tujuan yang aman selama pandemi.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Negara Tuan Rumah

Paula M. Shugart, presiden Organisasi Miss Universe, mengatakan Israel telah masuk dalam daftar pendek negara tuan rumah "karena sejarahnya yang kaya, pemandangan indah, segudang budaya, dan daya tarik sebagai tujuan wisata global." 

PACBI, sebuah kelompok aktivis Palestina dan anggota pendiri gerakan boikot, meminta para kontestan untuk "tidak membahayakan perjuangan kami untuk kebebasan, keadilan, dan kesetaraan dengan menarik diri dari kontes."

Malaysia telah mengumumkan tidak akan mengirim kontestan. Pemerintah Afrika Selatan juga telah menarik dukungan untuk perwakilan negara tersebut atas partisipasinya dalam acara tersebut.

"Kekejaman yang dilakukan Israel terhadap Palestina didokumentasikan dengan baik," kata pihaknya, menambahkan bahwa "tidak dapat dengan hati nurani mengasosiasikan dirinya dengan itu." Kedua negara adalah pendukung kuat Palestina.

 

3 dari 4 halaman

Seruan Boikot

Kementerian Luar Negeri Israel menolak berkomentar. Permintaan komentar kepada Kementerian Pariwisata negara itu, yang menjadi tuan rumah kunjungan Meza ke Kota Tua, tidak dijawab.

Dampak dari gerakan boikot itu beragam. Ini telah mencatat sejumlah keberhasilan selama bertahun-tahun, dengan artis besar seperti Lorde dan Lana Del Ray membatalkan penampilan karena "kebijakan Israel."

Namun, bintang-bintang besar masih berkunjung ke Israel dan acara-acara besar seperti kontes lagu Eurovision,  termasuk penampilan Madonna, telah diadakan di negara itu meskipun ada seruan boikot tingkat tinggi. Kontes Miss Universe akan menarik kontestan dari Maroko dan Uni Emirat Arab, negara-negara Arab yang baru-baru ini menormalkan hubungan dengan Israel. 

4 dari 4 halaman

Infografis Sampah Kemasan Produk Kecantikan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.