Sukses

Lego Luncurkan Replika Kapal Titanic, Diklaim Jadi Set Balok Terbesar di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Legena kapal Titanic menginspirasi banyak pekerja kreatif. Setelah dibuatkan film pada 1997 dan 2010, kini giliran Lego yang akan meluncurkan set terbaru yang terinspirasi dari kapal yang tenggelam dalam pelayaran perdananya pada 1912. 

Melansir CNN, Minggu, 10 Oktober 2021, Lego akan meluncurkan model Titanic yang terdiri dari 9.090 blok Lego. Replika kapal paling terkenal di dunia itu diklaim sebagai set Lego terbesar, mengalahkan replika Colosseum yang memiliki jumlah balok sebanyak 9.036 buah.

Kapal replika sepanjang 53 inci memiliki model menyerupai replika kapal RMS Titanic. Kapal Lego memiliki skala 1:200 dan termasuk jembatan kapal, dek pejalan kaki, dan kolam renang. Kapal asli Titanic berukuran 220 kali lebih besar dari replika ini.

Terbagi menjadi tiga bagian untuk memperlihatkan interior kapal, termasuk tangga besar first-class, yang terbentang di atas enam dek. Ruang makan yang bergaya Jacobean dan ruang mesin juga menjadi detail dari kapal Lego ini.

Selain itu, terdapat pula detail seperti kabin, ruang merokok, sekoci, bangku, dan ruang baca. Detail dari kapal Titanic asli yang memiliki 300 jendela atau lubang yang biasa digunakan untuk menembakkan meriam.

"Ini merupakan perjalanan yang luar biasa untuk membuat ulang kapal ikonik dari blok Lego menggunakan cetak biru yang telah dibuat lebih dari seabad yang lalu," kata Mike Psiaki, Desainer Grup Lego, dilansir dari Sportskeeda.

Menurut Psiaki, rancangan LEGO Titanic ini berfokus pada detail dan skala yang luar biasa. Kapal ini dirancang dengan akurat.

"Merancang LEGO Titanic tidak hanya berfokus pada detail dan skala yang luar biasa, tetapi juga akurasi, ini mengizinkan kami untuk membuat salah satu pengalaman membangun yang sangat menantang," ujar Psiaki.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Label 18+

Set kapal Titanic yang diproduksi oleh LEGO diberi label ‘18+’. Hal tersebut diperuntukkan bagi para penghobi mainan Lego untuk mengoleksi seri Kapal Titanic ini.

Kapal ini cocok bagi para penghobi Lego. Bahan yang digunakan untuk membuat balok-balok dibuat dari bahan yang berkualitas tinggi dan mudah untuk lepas dan pasang.

Untuk mendapatkan satu set LEGO Titanic, tentunya tidak akan murah. LEGO Titanic ini dijual seharga 629,99 dolar Amerika atau hampir mencapai Rp9 juta. Pembeli yang berminat harus memesan dulu.

 

3 dari 4 halaman

Tenggelam di Samudra Atlantik

Kapal Titanic yang asli berlayar dari Southampton, Inggris ke New York pada 10 April 1912. Kapal ini disebut sebagai kapal penumpang terbesar pada saat itu dan diklaim memiliki teknologi yang tidak akan tenggelam.

Namun, fakta berkata lain. Sekitar tengah malam pada 14 April 1912, kapal ini menghantam gunung es di Samudra Atlantik Utara dan langsung tenggelam kurang dari tiga jam.

Menurut laporan dari Senat Amerika Serikat, sebanyak 1.517 orang meninggal dan korban selamat sebanyak 706 dari total penumpang serta awak sebanyak 2.223 penumpang. (Gabriella Ajeng Larasati)

4 dari 4 halaman

Hilangnya Kapal Selam KRI Nanggala 402

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS