Sukses

Penumpang Berulah, Buka Pintu Darurat dan Jalan-Jalan di Sayap Pesawat

Penumpang yang membuka pintu darurat pesawat itu segera ditahan petugas Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang penumpang ditahan di Florida Selatan setelah ia diduga membuka pintu darurat dan berjalan di sayap pesawat. Penumpang itu menumpang pesawat American Airlines di Bandara Internasional Miami (MIA).

Departemen Kepolisian Miami-Dade (MDPD) mengatakan penumpang itu berjalan di sayap pesawat sekitar pukul 19.30 pada Rabu malam, 29 September 2021, saat pesawat sedang meluncur. Pesawat itu tiba dari Cali, Kolombia, melansir dari laman Insider, Kamis, 30 September 2021.

Polisi mengatakan, penumpang melompat dari sayap ketika petugas tiba dan ditangkap. Pihak berwenang mengatakan, insiden itu tidak menyebabkan penundaan dan penumpang lainnya dapat turun dari pesawat.

Dalam sebuah pernyataan, American Airlines membenarkani seorang penumpang di dalam penerbangan 920 dengan layanan dari Cali keluar dari pesawat melalui pintu darurat. Penumpang tersebut langsung ditahan.

"Pelanggan langsung ditahan oleh penegak hukum. Kami berterima kasih kepada anggota tim kami dan penegak hukum atas profesionalisme dan tindakan cepat mereka," kata maskapai itu.

Kantor Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS di Miami mengatakan kepada Insider bahwa mereka tidak terlibat dalam penangkapan tersebut. Departemen Kepolisian Miami-Dade dan Bandara Internasional Miami tidak segera menanggapi permintaan komentar mengenai peristiwa tersebut.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warga AS

Penumpang itu diidentifikasi sebagai Christian Segura. Lelaki berusia 33 tahun itu merupakan warga negara Amerika Serikat, melansir dari laman Fox News.

Dia melompat dari sayap setelah petugas tiba, menurut pihak berwenang. Polisi mengatakan dia ditahan oleh agen Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS.

Peristiwa penumpang buka pintu darurat kemudian berjalan di sayap pesawat bukan kali pertama. Sebelumnya, peristiwa serupa juga sempat terjadi di Turki.

3 dari 4 halaman

Kasus Penumpang Ukraina

Seorang perempuan asal Ukraina sempat menjadi bahan perbincangan karena aksi nekat berjalan-jalan di sepanjang sayap pesawat. Perempuan yang tak disebutkan namanya itu awalnya merasa kepanasan hingga ia sengaja membuka pintu darurat lalu melenggang ke luar dan berjalan di sepanjang sayap pesawat.

Ukraine International Airlines mengatakan perempuan itu membuka pintu darurat pesawat Boeing 737-86N beberapa saat setelah mendarat di Bandara Boryspil di Kiev dari Turki, dilansir dari laman The Sun, Kamis, 3 September 2020. Perempuan itu lalu berjalan ke sayap pesawat.

Dalam video yang beredar menunjukkan dia berjalan santai di sepanjang sayap sebelum naik kembali ke dalam kabin untuk bergabung kembali dengan keluarganya. "Pesawat itu mendarat dan hampir semua penumpang turun. Dia berjalan hampir sepanjang jalan dari ekor ke deretan pintu keluar darurat, membuka pintu dan keluar," kata seorang turis.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Heboh Penumpang Pesawat Membeludak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.