Sukses

Vershome dan NutriSari Angkat Keindahan Indonesia Lewat Lomba Kreasi Dessert dan Visual Berkelas

Peserta lomba harus mengkreasikan menu dessert menggunakan bahan dasar berbagai varian NutriSari yang bercita rasa buah-buahan khas Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - - Kolaborasi di berbagai bidang usaha belakangan ini semakin diminati dan dilakukan banyak produsen. Selain berkolaborasi dengan produk kosmetik, kini produk makanan atau kuliner juga menjalin kerja sama dengan bidang seni. Hal itu dilakukan oleh produsen minuman serbuk dari sari buah, NutriSari.

Mereka berkolaborasi dengan Vershome, perusahaan kreatif yang bergerak di bidang Interior and Exhibition Booth Design dan dibalut dengan seni fotografi. Mereka membuat Project Vers taste, yaitu proyek kreasi dessert dengan tampilan unik dan menarik serta mengangkat keindahan Indonesia.

Diadakan bersamaan dengan momentum peringatan Kemerdekaan ke-76 Indonesia, Project Vers taste bertujuan untuk merayakan keindahan alam dan budaya Indonesia serta ragam cita rasa buah-buahan khas Indonesia. Selain itu, berbagai hasil kreasi dessert berbahan dasar NutriSari ini juga diharapkan bisa menginspirasi para pebisnis Food and Beverage (F&B) di Indonesia.

Dengan begitu mereka bisa keluar dari zona nyaman dan berinovasi melahirkan ide menu-menu dessert yang baru dan menarik sehingga dapat mendukung bisnis mereka, khususnya di masa pandemi seperti sekarang. Project Vers taste yang mengusung tema “dessert, reimagined” ini melibatkan ssembilan orang interior desainer muda Indonesia yang ditantang untuk berimajinasi untuk mengkreasikan menu dessert.

Mereka harus menggunakan bahan dasar berbagai varian NutriSari yang bercita rasa buah-buahan khas Indonesia. Tidak hanya itu, mereka juga ditantang untuk menghidangkan kreasi dessert tersebut dengan penampilan yang sekreatif mungkin, didukung dengan teknik food-plating yang menarik dan fotografi berkelas tinggi.

"Ide awal lahirnya proyek ini terinspirasi dari kekayaan alam, budaya, serta buah-buahan asli Indonesia. Kami ingin menantang para interior designer muda kami untuk keluar dari zona nyaman mereka, memperkenalkan elemen keindahan Indonesia melalui kreasi dessert yang nikmat dan dipadukan dengan visual yang berkelas," jelas Roni Timothy, Creativepreneur dan Founder Vershome dalam jumpa pers virtual Vershome X NutriSari, Kamis, 12 Agustus 2021.

Menurut Stephanie Wonoadi, Brand Manager NutriSari, proyek ini sejalan dengan NutriSari yang saat ini memiliki lebih dari 30 varian rasa, termasuk buah-buah khas Indonesia. Ada Jeruk Peras, Jeruk Manado, Mangga Gandaria, dan sebagainya, sehingga dapat mempromosikan buah-buahan khas Indonesia agar makin dikenal oleh masyarakat luas.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dipilih 4 Pemenang

Semua hasil karya peserta dinilai secara profesional oleh juri yang berkompeten di bidangnya. Mereka adalah Desiree Tarigan (Founder Mamitoko), Teresa Tanubrata (Founder Grumpy Kitchen), serta Stephanie Wonoadi (Brand Manager, NutriSari).

Nantinya akan dipilih empat pemenang, yakni Juara 1, Juara 2, juara favorit berdasarkan online voting di Instagram NutriSari, serta Si Jeruk Award by NutriSari, yaitu penghargaan bagi kontestan yang kreasinya dinilai paling inspiratif dan berdampak untuk ide dessert pebisnis F&B di Indonesia.

Roni menambahkan, penilaian hasil karya para peserta dilakukan berdasarkan empat kriteria utama, yakni: Edible yaitu dapat dikonsumsi dengan tetap mempertahankan nilai produk NutriSari yang bercita rasa segar, bergizi, dan sehat. Kriteria lainnya adalah bisa menjadi inspirasi bagi para pebisnis dan UMKM kuliner Indonesia dalam menyajikan kreasi dessert dengan cara unik.

3 dari 4 halaman

Punya Mimpi Besar

"Unsur lainnya adallah kreativitas, mengandung unsur ‘Storytelling’ ke-Indonesiaan yang sesuai dengan tema Vers taste dengan mempertahankan unsur ‘Shape & Pattern. Kriteria terakhir adalah Budget, yakni modal produksi terbatas, yaitu tidak lebih dari Rp 150 ribu untuk menghasilkan kreasi dessert tersebut," terang Roni.

Menurut Roni, Vershome percaya bahwa inspirasi dan kreativitas bisa muncul dari mana saja dan siapa saja. Mereka punya mimpi besar untuk dapat berkolaborasi dengan brand-brand dan event-event besar berskala global seperti Met Gala, Coachella, Super Bowl Half Time Show dan berbagai acara akbar lainnya.

Mereka meyakini talenta-talenta Indonesia mampu bersaing dengan talenta-talenta global, termasuk di bidang kreatif. "Kami juga memiliki visi besar untuk menjadikan kota di Indonesia seperti Jakarta sebagai ‘creative hub’ para penggiat dunia kreatif di luar negeri untuk mencari inspirasi dan referensi bagi karya-karya mereka. Kami percaya kota-kota besar di Indonesia menawarkan cerita yang tidak kalah luar biasanya dibandingkan dengan New York, Paris, dan London," pungkas Roni.

4 dari 4 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.