Sukses

Tempat Rekreasi di Bali Bagi-Bagi Sembako dan Makanan Gratis Saat PPKM Darurat

Liputan6.com, Jakarta - Berbagi kepada sesama di tengah masa sulit karena pandemi Covid-19 dapat diwujudkan dengan beragam cara. Satu di antaranya membuka posko peduli bagi-bagi sembako dan makanan gratis, seperti yang dilakukan oleh sebuah tempat rekreasi di Bali, Big Garden Corner.

Tempat rekreasi yang berlokasi di Jalan Bypass Ngurah Rai, pojok perempatan lampu merah Waribang, Padanggalak, Sanur, Denpasar Timur tersebut awalnya membagikan unggahan di akun Instagram pada Selasa, 13 Juli 2021. Spanduk itu berlatar warna kuning dengan bertuliskan pesan di dalamnya.

"Big Garden Corner peduli sembako dan makanan GRATIS yang butuh bebas ambil, yang mampu bebas isi," demikian bunyi keterangan di unggahan itu.

Tepat di sebelah spanduk, terdapat rangka besi yang digunakan sebagai tempat menggantung bantuan. Ada pula spanduk memanjang dengan keterangan yang sama juga dipasang di depan pintu masuk tempat rekreasi itu.

Corporate Manager Big Garden Corner Eddy Mustofa menjelaskan timnya berupaya tetap berkegiatan di tengah operasional tempat rekreasi yang harus ditutup dan restoran yang tidak diperkenankan dine-in. Mereka lantas terpikir untuk membuat aksi peduli yang dapat bermanfaat bagi sesama di tengah kondisi sulit ini.

"Kita patungan bikin nasi bungkus, awalnya 30 buah karena kita lihat lokasi di wilayah kita (dilewati) orang-orang pekerja proyek, kuli, pengamen dan sebagainya. Akhirnya kita create ide itu dengan menyediakan support alat, seperti meja dan gantungan," kata Eddy saat dihubungi Liputan6.com, Senin (19/7/2021).

2 dari 5 halaman

Ragam Donasi

Seperti keterangan di dalam spanduk, Eddy melanjutkan, siapapun yang membutuhkan dapat mengambil makanan dan sembako yang tergantung di posko peduli. Sementara bagi yang ingin berdonasi, dipersilakan untuk mengisi di posko tersebut.

"Dari situ, Alhamdulillah respons masyarakat yang kasih dan ada niat baik berbagi, akhirnya kita dapat support donasi-donasi yang masuk menaruh makanan dan sembako di area itu," tambahnya.

Eddy menjelaskan, aksi peduli ini diharapkan dapat menginspirasi banyak pihak sehingga ada lebih banyak posko-posko peduli di berbagai wilayah. Posko peduli oleh Big Garden Corner berlangsung setiap hari dari pukul 10.00--18.00 WITA.

Eddy dan pihak tempat rekreasi juga membentuk tim kecil untuk memantau pengambilan secara merata. "Kita buat tim kecil dengan anak-anak kantor supaya merata, enggak orang-orang itu saja yang ambil, jadi biar terpantau," tambahnya.

3 dari 5 halaman

Tak Ada Batasan Waktu

Pengambilan donasi dan donatur terbuka untuk masyarakat umum. "Yang memang benar-benar butuh dengan kondisi kesulitan saat ini dan terbuka untuk siapapun yang ingin berdonasi," tambahnya,

Dikatakan Eddy, aneka donasi yang disalurkan oleh masyarakat melalui posko peduli ini. Ada dari mereka yang menyumbangkan nasi bungkus, beras, mi instan, minyak goreng, gula, hingga perlengkapan mandi.

"Aksi ini enggak pernah menargetkan sampai kapan selesai, biar mengalir saja untuk selesainya kapan, sejauh orang yang masih berdonasi dan kita tetap melakukan apa yang bisa kita lakukan dengan memberi itu, berharap semuanya cepat selesai," tutupnya.

4 dari 5 halaman

Aturan Pembatasan PPKM Darurat Jawa Bali

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: