Sukses

Putri Sulung Raja Belanda Tolak Tunjangan Tahunan Sebesar Rp28 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Putri sulung Raja Belanda, Putri Catharina-Amalia melepaskan haknya atas tunjangan tahunan yang bernilai besar. Ia bakan mengirim surat tulisan tangan kepada Perdana Menteri Belanda Mark Rutte.

Dilansir People, Rabu (16/6/2021), surat itu dikirim putri sulung Raja Belanda pada Jumat, 11 Juni 2021. Ia memberitahu kepada Mark soal keputusannya menolak tunjangan bernilai hampir 2 juta dolar AS atau setara Rp28,5 miliar hingga ia menjalankan tugas kerajaan.

"Pada 7 Desember 2021 saya akan berusia 18 tahun dan, menurut hukum, menerima tunjangan," kata Putri Amalia dalam sebuah surat yang diterbitkan oleh NOS publik Belanda.

"Saya merasa itu tidak nyaman selama saya tidak melakukan apapun untuk itu, dan sementara siswa lain memiliki waktu yang jauh lebih sulit, terutama dalam periode virus corona ini," lanjutnya.

Putri Amalia melanjutkan, ia berniat mengambil jeda setahun sebelum memilai studi sarjananya. Ia menyebut akan membayar hampir 400 ribu dolar AS atau sekitar Rp5,7 miliar yang menjadi haknya selama ia menjadi mahasiswa.

Putri sulung Raja Belanda tak akan menuntut biaya 1,6 juta dolar AS atau sekira Rp22,8 miliar hingga ia mengeluarkan biaya tinggi dalam perannya sebagai Princess of Orange. Putri Amalia lulus ujian terakhirnya di Christelijk Gymnasium Sorghvliet di Den Haag pekan lalu dan mendapat predikat cum laude.

2 dari 5 halaman

Tradisi

Sesuai dengan tradisi Belanda, Putri Amalia mengibarkan bendera negara bersama tas punggungnya. Momen itu terangkum dalam sebuah video yang dibagikan ke akun media sosial keluarga kerajaan Belanda.

"Saya baru saja mendapat telepon dengan berita bahwa saya lulus!" katanya. "Saya ingin mengucapkan selamat kepada semua lulusan lain dan berharap siswa lain sukses dengan kembali di periode kedua."

Putri Amalia berbagi rencananya untuk mengambil jeda setahun sebelum melanjutkan pendidikannya. Hal tersebut disampaikannya pada Hari Raja atau perayaan ulang tahun Raja Willem-Alexander pada April, awal tahun ini.

"Saya ingin bepergian sebentar, menemukan dunia, melakukan hal-hal yang mungkin tidak dapat saya lakukan dalam waktu dua puluh tahun," katanya, menurut Netherlands News Live.

3 dari 5 halaman

Hari Raja

Pada Hari Raja lalu, dirasakan oleh Raja Belanda sebagai momen yang sangat istimewa di masa corona Covid-19. Momen itu tampak dari keterangan potret yang diunggah pada 27 April 2021.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada semua orang untuk itu. Ini adalah Hari Raja yang tidak akan pernah terlupakan dan semoga tidak akan pernah terulang kembali," tulisnya.

Dalam potret itu, mengabadikan kebersamaan keluarga kerajaan Belanda. Raja dan Ratu berpose dengan tiga buah hatinya, yakni Putri Amalia, Putri Alexia berada, Putri Ariane.

 
4 dari 5 halaman

Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: