Sukses

Maskapai Eropa Luncurkan Seragam Awak Kabin Tanpa Gender Pertama di Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Seragam termasuk hal penting bagi sejumlah profesi karena merupakan ciri dan pendukung dalam melakoni pekerjaan mereka. Salah satunya bagi awak kabin maskapai penerbangan, terutama pramugari dan pramugara.  Biasanya, pramugara akan mengenakan setelan jas dan kemeja, sementara pramugari dengan dress anggun dan mewah.

Namun, hal ini berbeda dengan maskapai penerbangan baru Islandia 'PLAY' yang menggunakan seragam tanpa gender. Maskapai ini memperbolehkan awak kabinnya untuk mix and match item dari seluruh koleksi seragam yang disediakan. Dengan gebrakan baru di dunia penerbangan itu, PLAY ingin menghapus identifikasi seragam pramugari dan pramugara.'

"Sepatu kets adalah pilihan yang tepat untuk memberikan kenyamanan selama bekerja. Ini adalah seragam non-spesifikasi gender, dan kru kami bisa memilih apa pun yang cocok untuk mereka dari beragam pilihan pakaian," terang PLAY dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari Simple Flying, Senin (14/6/2021).

PLAY juga mengizinkan awak kabinnya bereksperimen dengan penampilannya selama bekerja. Mereka akan mengizinkan awak kabinnya untuk mengecat rambut dengan warna apa pun, memakai cat kuku, dan merias wajah sesuai keinginan.

Mereka bahkan menghapus aturan terkait larangan bertato bagi awak kabin. Padahal, tato masih termasuk sesuatu yang sangat tabu di banyak maskapai penerbangan meskipun popularitas dan penerimaan tato meningkat di banyak negara dalam beberapa tahun terakhir.

Seragam non-spesifik gender ini mencakup kaus santai, jaket puffer sepanjang mata kaki, dan sepatu kets bermerek Nike. Seragam ini juga menyediakan pilihan gaun dan setelan potongan yang berbeda.

Menurut kepala maskapai Jónína Guðmundsdóttir, kru tidak akan dibatasi oleh pilihan seragam pria atau wanita. Mereka bebas memilih dengan tepat apa yang mereka inginkan.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengubah Citra Seragam Pramugari

Seragam ini juga merepresentasikan nilai-nilai kesederhanaan, keceriaan, daya saing, kesetaraan, dan kinerja tepat waktu. Dengan seragam tersebut, awak kabin tidak perlu kesulitan dalam setiap gerak-geriknya selama bertugas.

Seragam tersebut dirancang oleh pasangan desainer Islandia, Gunni Hilmars dan Kolla. Kedua desainer top ini ingin mengubah citra seragam pramugari yang sangat tradisional menjadi modern dan kasual.

"Kami mencoba untuk menghapus aturan ketat yang sering dikaitkan dengan seragam ini dan memasukkan pakaian santai, kain melar, dan sepatu yang dimaksudkan untuk melatih kaki Anda. Hasilnya adalah perpaduan antara activewear dan seragam yang segar," jelas Gunni.

Inovasi ini bukan saja berbeda tapi juga mengejutkan karena PLAY termasuk maskapai pendatang baru. PLAY didirikan pada 2019 usai tumbangnya maskapai penerbangan bertarif rendah Islandia lainnya.

3 dari 4 halaman

Maskapai Indonesia

Perusahaan tersebut awalnya akan diluncurkan pada 2020, tapi harus ditunda karena pandemi. Penerbangan pertama mereka dijadwalkan berangkat dari Keflavik pada akhir Juni 2021. Penebangan perdana ini akan dimulai dengan rute penerbangan ke London, Berlin, Paris, Kopenhagen, Barcelona, Alicante, dan Tenerife.

Maskapai dengan seragam beda dan unik juga ada di Indonesia, yaitu maskapai baru yang bernama Super Air Jet. Maskapai berbiaya rendah (LCC) ini mengklaim menyasar para generasi milenial di Indonesia.

Super Air Jet didirikan pada Maret 2021, didesain dan dipersiapkan agar memungkinkan banyak orang (penumpang) untuk bisa bepergian menggunakan pesawat udara tujuan wisata, pendidikan, pebisnis muda dan mengunjungi ke berbagai kota tujuan favorit.

Dalam unggahan di akun Instagram resminya, pramugari mereka terlihat menggunakan seragam berupa celana dan baju yang berwarna coklat muda. Kalau biasanya pramugari maskapai lainnya rambut harus disanggul, pramugari Super Air Jet tampil dengan model rambut yang sederhana dengan rambut pendek diatas pundak dan yang berambut panjang hanya dikuncir kuda.

4 dari 4 halaman

Maskapai Indonesia di Langit Eropa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.