Sukses

Bayi Orangutan Lahir di Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Liputan6.com, Jakarta - Kebun Binatang Gembira Loka (GL Zoo) Yogyakarta menyambut kelahiran seekor bayi orangutan. Momen kelahiran bayi orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) ini terjadi pada 4 Juni 2021 dini hari.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Liputan6.com, bayi orangutan tersebut lahir dengan berat badan 1,57 kilogram. Kelahiran bayi orangutan ini menambah jumlah satwa di Kebun Binatang Gembira Loka (GL Zoo) Yogyakarta.

"Balai KSDA Yogyakarta mengapresiasi keberhasilan manajemen GL Zoo dalam upaya perlindungan, penyelamatan, dan pelestarian satwa dilindungi," kata Kepala Balai KSDA Yogyakarta, Muhammad Wahyudi, Sabtu, 12 Juni 2021.

Bayi orangutan dirawat manusia atau hand-rear dua hari setelah kelahiran. Hal tersebut dikarenakan induk orangutan belum mau menyusui sang bayi, bahkan cenderung berperilaku agak agresif di malam hari.

Petugas berupaya melaksanakan training agar induk mau mendekati dan menyusui bayinya. Tapi, karena belum ada pergerakan dari induk untuk menyusui anaknya, maka pemberian susu dilakukan oleh petugas kepada bayi orangutan.

Selanjutnya secara berkala, bayi orangutan diberi susu setiap tiga jam. Setelah dirawat manusia, terpantau kondisi induk orangutan normal.

2 dari 5 halaman

Kondisi Baik

Bayi orangutan juga terpantau dalam kondisi baik dengan suhu tubuh stabil. Bayi orangutan lancar meminum susu 150--160 mililiter per hari sesuai berat badannya.

Kini, bayi orangutan telah mengalami kenaikan berat badan menjadi 1,61 kilogram. Proses urinasi dan feses bayi orangutan terpantau lancar.

Pengamatan terhadap kondisi induk dan bayi orangutan GL Zoo terus dilakukan secara intensif. Hal tersebut dilakukan guna memantau kondisi induk dan anaknya.

3 dari 5 halaman

Doa Warganet

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sempat mengunggah kabar kelahiran bayi orangutan di akun Twitter resmi. Turut dibagikan pula potret sang bayi orangutan tersebut.

"Halo #SobatHijah, satu individu orangutan lahir di Kebun Binatang Gembira Loka (GL Zoo) Yogyakarta. Bayi orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus) ini lahir pada tanggal 4 Juni 2021 dini hari dengan berat badan 1,57 Kg. #orangutan #Konservasi #satwakita #KLHK," demikian bunyi keterangan unggahan pada 13 Juni 2021.

Kabar ini turut disambut antusias oleh warganet. "Lucu banget, gemees deh. Kasih nama Junior aja, kan lahir bulan Juni. Semoga baby orangutan ini selalu sehat biar populasi orangutan semakin bertambah dan tidak punah," tulis akun wulansalamah.

4 dari 5 halaman

8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: