Sukses

Mengenal Taman Wisata Alam Pulau Burung dan Pulau Suwangi di Kalimantan Selatan

Liputan6.com, Jakarta - Kalimantan Selatan memiliki banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi para wisatawan. Di antaranya Taman Wisata Alam (TWA) Pulau Burung dan Pulau Suwangi atau terkenal dengan nama TWA Busuwa.

"Ditunjuk sebagai Taman Wisata Alam sejak tahun 2019 dengan luas ± 1.239 Ha, sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SK. 652/MENLHK/SETJEN/PLA.2/8/2019 yang Terdiri dari 2 (dua) pulau yaitu Pulau Burung dengan luas ± 545 Ha dan Pulau Suwangi dengan luas ± 694 Ha," tulis akun @ayoketamannasional_official, Kamis, 10 Juni 2021.

TWA Busuwa ini terletak di Selat Laut yaitu selat yang memisahkan Pulau Kalimantan dan Pulau Laut. Letak administratif berada di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

"Kawasan ini memiliki formasi ekosistem pantai, mangrove dan hutan dataran rendah, juga merupakan habitat bekantan dan berbagai jenis burung, termasuk burung terestrial dan jenis - jenis burung pantai/litoreal," imbuhnya.

Di kawasan ini, ada beberapa satwa liar yang dilindungi seperti bekantan, burung kangkareng perut putih dan rangkong badak dapat dijumpai. Namun, satwa liar tersebut tidak boleh diganggu.

2 dari 5 halaman

Berbasis Masyarakat

Saat ini, TWA Busuwa dikelola sebagai Taman Wisata Pendidikan Alam berbasis masyarakat. Selain menikmati hutan mangrove, berbagai fasilitas spot foto disediakan untuk pengunjung berswafoto ataupun foto bareng keluarga atau teman.

"Selain itu juga tersedia fasilitas gazebo bagi pengunjung yang ingin duduk santai dengan menikmati indahnya pemandangan sekitar," lanjutnya.

Ke depannya, TWA ini akan disiapkan pilihan wisata minat khusus bagi mereka yang suka tantangan seperti treking di hutan dataran rendah. Mereka juga dapat bersepeda di Pulau Suwangi dan wisata mangrove sambil mengamati bekantan di Pulau Burung.

"Kami tunggu kedatangannya sobat semua, Jangan lupa dengan protokol kesehatan," harapnya.

3 dari 5 halaman

Flora di TWA Busuwa

Pulau Suwangi terletak di antara Pulau Laut dan Pulau Kalimantan, Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu. Sementara itu, Pulau Burung terletak di tengah selat laut, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu.

Selain satwa, TWA Busuwa memiliki sejumlah flora, di antaranya kantung semar dan pelawan (spesies pohon dengan batang berwarna merah dan bagian kulit luar mengelupas). Di samping itu, terdapat sirih lurik, ulin, bakau laki, termasuk juga terdapat spot foto yang menarik bagi pelancong.

4 dari 5 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: