Sukses

4 Operator Penyewaan Campervan, Alternatif Seru untuk Kemping di Alam Terbuka

Liputan6.com mendata empat operator penyewaan campervan yang mulai banyak dilirik untuk menikmati kemping di alam terbuka. Simak harganya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Anda kangen berjalan-jalan? Ada fenomena baru yang mulai marak di sektor travel, yakni layanan penyewaan campervan untuk kemping seru di alam terbuka.

Para pelanggan tak perlu repot lagi mengatur liburan berkat layanan jasa penyewaan wisata campervan ini. Anda bisa tinggal duduk manis bersama keluarga untuk menikmati liburan yang bermakna. 

Meski terbilang mudah, Anda perlu menyiapkan dana cukup banyak, tergantung fasilitas yang digunakan. Lantas, siapa saja operator yang menyediakan layanan ini? Berikut empat di antaranya berdasarkan hasil penelusuran Liputan6.com, Kamis 20 Mei 2021.

1. Jogja Campervan

Jasa layanan campervan ini terletak di Yogyakarta, Indonesia. Anda bisa menikmati dua hari satu malam untuk beberapa lokasi yang dipilih seperti Bukti Watu Mabur, Waduk Sermo, Pantai Glagah, dan Pantai Watu Kodok.

Selain itu, terdapat sejumlah fasilitas tambahan, mulai dari perlengkapan camping hingga makan malam. Ada harga promo terbatas dalam periode booking Mei 2021, yaitu APV lepas kunci Rp700.000, APV Honeymoon Rp1.300.000, dan APV Group 4 pax Rp1.500.000.

Jogja Campervan memiliki tiga unit mobil yang diklaim rutin dibersihkan menggunakan disinfektan setiap selesai penyewaan. Jika Anda ingin menggunakan jasa ini, penting untuk membawa barang seperti pakaian yang nyaman, obat pribadi, keperluan pribadi dan cemilan kesukaan, untuk bekal kemping.

"Sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah, unit dibersihkan menggunakan disinfektan dan memastikan tamu dalam kondisi sehat," kata Jefri, admin Jogja Campervan, kepada Liputan6.com, Kamis 20 Mei 2021.

Anda yang ingin memesan jasa ini bisa menghubungi kontak di Instagram @jogjacampervan. Nantinya, Anda akan diberikan form untuk diisi.

 

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Puku Camper

Jasa penyewaan campervan ini berlokasi di Bali, Indonesia. Anda bisa menikmati kemping di luar ruangan hanya sehari semalam, di beberapa lokasi pilihan, yaitu Keramas Surf Camp, Bukit Asah, Bukit Surga, Pinggan Sunrise Spot, dan Danau Buyam.

"Tarif sewa campervan ada di harga Rp850 ribu hingga Rp1,2 juta. Saat ini terdapat promo sewa mulai dari Rp399 ribu untuk tipe tertentu," kata Indra Parameswa, founder Puku Camper kepada Liputan6.com.

Terdapat fasilitas pelengkap untuk setiap penyewa, seperti peralatan kemping, kasur yang nyaman, dan energi listrik sebesar 500-1000 watt dari tenaga surya. Saat ini, Puku Camper mempunyai empat unit mobil yang bisa disewa. Sistem yang dipakai adalah lepas kunci seperti rental mobil pada umumnya.

"Kami dapat menyediakan driver dengan biaya tambahan. Unit kami dikendarai layaknya mobil penumpang biasa, sehingga tidak diperlukan SIM khusus," jelasnya.

Jika Anda tertarik menggunakan jasa layanan ini, Anda bisa menghubungi akun Instagram @pukucamper atau laman pukucamper.com. Setelah itu, Anda akan dijelaskan prosedur secara detail.

 

 

3 dari 4 halaman

3. Everyday Holiday Campervan

Jasa campervan ini melayani pengalaman kemping di seputar Bandung Utara dan Selatan, seperti Green Grass Cikole, Rancaupas Ciwidey, Pine Forest, Sari Ater dan Jungle Milk. Anda bisa menikmati campervan ini dua hingga tiga hari dengan ketentuan lima orang dewasa dan dua anak di bawah 6 tahun.

"Untuk harga per mobil bukan per orang, berkisar Rp1,9 juta hingga Rp3,45 juta. Di hari Senin-Kamis terdapat diskon 30 persen. Harga tersebut sudah termasuk mobil dan supir, belum termasuk tiket dan parkir wisata pilihan," kata Limbert Hutahaean, pemilik layanan itu kepada Liputan6.com.

Ia menyebut jasa layanan ini sebagai kemping anti-ribet, karena tersedia sopir untuk membantu menyiapkan kemping. Fasilitas yang disediakan terbilang lengkap, seperti alat-alat masak, perlengkapan kemping, dan hiburan. Penyewa cukup membawa pakaian dan makanan yang disukai.

Limbert mengatakan pihaknya menerapkan 5M dan setelah selesai, mobil dan peralatan yang sudah dipakai akan dibersihkan kembali dan didisinfeksi. Anda yang ingin memesan jasa layanan ini bisa menghubungi Instagram @everydayholiday.id. Setelah itu, Anda akan dijelaskan lebih detail oleh pemilik jasa.

4. Jakarta VW Campervan

Seperti namanya, jasa ini berpusat di Jakarta Selatan dan melayani penyewaan campervan untuk kemping di sekitar Bogor, seperti Gunung Pancar, Sukamantri, Ciputri, dan Gunung Bundar. Tidak semata untuk kemping, jasa penyewaan campervan juga bisa dimanfaatkan untuk acara perkawinan, foto pre-wedding, dan pesta ulang tahun.

"Kalau kemping, mohon membawa alat masak, bahan makanan, dan tidur pribadi. Di jasa layanan kami harus memakai driver dari kami karena mobil tidak ada asuransinya,” kata Doddy.

Tarif penyewaan campervan mulai dari Rp500 ribu hingga Rp5,1 juta, tergantung fasilitas yang dipakai. Doddy mengaku pihaknya selalu menjaga kebersihan dan memenuhi protokol kesehatan, seperti menyediakan hand sanitizer di mobil serta sopir memakai masker sepanjang waktu. Untuk menggunakan jasa ini,, Anda bisa menghubungi ke laman jakartavwcanpervan.com. (Muhammad Thoifur)

4 dari 4 halaman

4 Risiko Mobilitas Saat Liburan di Masa Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.