Sukses

Semarak Ramadan 2021 di Singapura dan Rekomendasi Kuliner Halalnya

Liputan6.com, Jakarta Tak terasa kita sudah hampir menyelesaikan 30 hari Ramadhan, tentunya suasana yang hangat dan kedekatan bareng keluarga menjadi salah satu hal yang paling dirindukan saat Ramadan. Keindahan suasana bulan suci Ramadan ini juga dirasakan di Singapura lho! Yuk kita intip kembali apa saja yang terjadi selama Ramadan dari Singapura.

Beberapa destinasi wisata di Singapura bahkan memiliki event dan berbagai kegiatan dalam menyambut Ramadan dan juga Idulfitri. Setiap event yang terlaksana, tentunya sangat taat akan protokol kesehatan yang ada seperti selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan di mana pun berada.

Seperti Geylang Serai yang memiliki event bernama Hari Raya Light-Up 2021 dengan dekorasi lampu hias warna-warni yang menyala sepanjang malam. Makin lengkap dengan bazaar online yang bisa diakses melalui Bazaar-kita.sg

Nggak ketinggalan, Kampong Gelam yang menjadi destinasi wisatawan asing saat berkunjung ke Singapura pun punya cara seru dalam menyambut hadirnya bulan suci. Menghadirkan festival bernama Cahaya Ramadan, selama satu bulan penuh di Kampong Gelam akan banyak kemeriahan yang terbentang di sepanjang North Bridge Road hingga Bussorah Mall.

Di dalam konsep wisata halal, Singapura juga menawarkan beragam pilihan makanan halal yang dapat dinikmati oleh keluarga Muslim. Cari tahu rekomendasinya di dalam artikel ini ya.

Geylang Serai Hari Raya Light-Up

Kawasan ini salah satu contoh keragaman budaya di Singapura. Berbagai masakan dari Tiongkok, Melayu, India, dan peranakan dapat ditemukan di tempat ini.

Perlu diketahui, kawasan Geylang Serai ini merupakan kawasan pemukiman Melayu dan komunitas muslim terbesar di Singapura. Selama Bulan Ramadan, kawasan itu memiliki acara yang digelar di sepanjang kawasan Geylang Serai.

 

Bertema Geylang Serai Hari Raya Light-Up, acara tersebut bakal mengangkat tema budaya Melayu di Singapura. Geylang Serai Hari Raya Light-Up menjadi salah satu daya tarik masyarakat dikarenakan banyak lampu berwarna - warni menghiasai sudut kawasan tersebut.

Tak hanya berkilau, lampu - lampu tersebut disusun membentuk suatu bangunan atau sebuah bentuk. Biasanya, kubah masjid menjadi salah satu yang dibuat.

Acara tersebut bisa dinikmati mulai dari 9 April - 23 Mei 2021. Selain itu, hiasan lampu itu juga berada di Wisma Geylang Serai (WGS) sampai dengan pasar Geylang Serai. Semua ornamen dekorasi terpanjang di sana.

Selain kemeriahan dalam Bulan Ramadan, WGS memiliki segudang ada acara lainnya. Mulai dari bazzar sampai kuliner halal.

WGS juga menggelar acara Suara Sensasi yang tayang di Youtube maupun Facebook setiap Selasa dan Kamis dimulai sejak 15 April 2021 pukul 16.00 waktu setempat.

Nah, bagi pecinta kuliner jangan sampai ketinggalan acara WGS lainnya, seperti serial Jaguh Memasak di Facebook @wismageylangserai yang sudah bisa kamu simak melalui kanal officialnya. Bisa menambah menu masakan dengan cita rasa Singapura yang bisa kamu coba dari rumah.

Di Geylang Serai juga terdapat beragam kuliner halal yang bisa kamu coba nanti ketika sudah bisa kembali melakukan  perjalanan berlibur ke Singapura, berikut beberapa rekomendasinya:

 

2 dari 7 halaman

Thai To Go

Pecinta kuliner khas Thailand bisa mencicipi retoran satu ini. Bernama Thai To Go, resto ini mencoba menghidangkan menu asli Thailand dengan harga terjangkau. Sebut saja Salad Mangga Hijau, atau Salad Pepaya Hijau. Kamu juga bisa mencicipi sajian sup, seperti Sup Ayam Tom Yum dan Sup Seafood Tom Yum.

Alamat: 218b Changi Rd, Singapura (419737)

Jam buka: Minggu - Jumat, 07.00 - 20.00

 

3 dari 7 halaman

Hjh Maimunah

Buat kamu penikmat kuliner khas Melayu yang identik dengan rasa makanan yang kuat dan berempah tinggi, maka menu dari Hjh Maimunah adalah surga. Berdiri sejak tahun 1990an, tempat ini adalah kedai kuliner legendaris yang menyajikan makanan seperti Ayam Bakar Sunda dan Lemak Siput.

Alamat: 20 Joo Chiat Rd, Singapore 427357

Jam buka: Senin - Sabtu, 07.00 - 20.00

 

4 dari 7 halaman

Cahaya Ramadan di Kampong Gelam

Selain program dari WGS, dalam bulan Ramadan tahun ini, Singapura juga memiliki acara Cahaya Ramadan di Kampong Gelam. Ditandai oleh lampu – lampu emas berkilauan dan dekorasi cahaya yang mampu menyihir setiap orang yang melihatnya.

Bertema 'Cahaya Ramadhan', acara ini diarahkan untuk menghidupkan kembali semangat Ramadhan sekaligus menanamkan tradisi, nilai budaya, dan jejak sejarah Kampung Gelam.

Dekorasi lampu yang apik terbentang di sepanjang North Bridge Road, Arab Street, Kandahar Street, Baghdad Street, Bussorah Street, dan Bussorah Mall.

Pertunjukkan lampu itu juga bisa disaksikan di Masjid Sultan. Dengan tema The Light of Gelam, cahaya masjid itu sangat terang dan memesona mata setiap orang melihatnya.

Dalam pertunjukkan tersebut, masyarakat tetap menjalan protokol kesehatan selama masa pandemi.

 

Selain itu, Cahaya Ramadan di Kampong Gelam juga memiliki program acara Proyek Parklet di Gerbang Sultan. Proyek ini nantinya, segala karya furniture jalanan dipasang di lahan untuk menciptakan ruang komunitas bagi pengunjung Kampong Glam untuk bersantai, diinisiasi oleh One Kampong Gelam (OKG) bekerja sama dengan Roger & Sons dan dengan dukungan dari Urban Redevelopment Authority. Nah, untuk informasi lebih lanjut kamu bisa cek di https://cahayaramadan.visitkamponggelam.com.sg/

Siapa yang tak tahu, di Kampong Gelam adalah surganya pilihan beragam makanan Halal di Singapura, ada beberapa tempat baru yang tidak boleh kamu lewatkan di kunjunganmu nanti:

 

5 dari 7 halaman

The Ramen Stall

Berjalan - jalan di di Kampong Gelam emang bikin kenyang. Satu lagi food stall yang jadi jujukan adalah The Ramen Stall. Menghadirkan aneka kuliner Jepang halal, menu yang wajib dipesan tentu saja adalah Volcano Ramen. Jangan khawatir, The Ramen Stall aman dikonsumsi karena tidak mengandung pewarna dan MSG.

Alamat: 787 North Bridge Road, S198755

Jam buka: Senin - Jumat 17.00 - 05.00 dan Sabtu - Minggu 12.00 - 05.00

 

6 dari 7 halaman

Lickety

Pecinta es krim merapat! Lickety menghadirkan aneka jenis es krim yang lezat dan menggugah selera. Beragam menu seperti Dark Angel, Vanilla Bean, hingga Lavender Honey menjadi varian yang wajib dicoba. Fix, aneka jenis es krim di Lickety akan membuatmu jatuh cinta pada suapan pertama.

Alamat: 34 Bussorah Street, S199452

Jam buka Setiap hari 11.00 - 23.00

 

 

7 dari 7 halaman

Fluff Bakery

Penyuka dessert dan aneka makanan manis wajib coba Fluff Bakery yang jadi surganya kuliner mood booster. Fluff Bakery kondang akan cupcake lembut dengan rasa lokal ikonik seperti Durian Pengat yang jadi cemilan tradisional Melayu. Nggak afdal pula kalau kamu berkunjung ke Fluff Bakery tanpa memesan menu andalan lain seperti cupcake Salted Caramel serta Red Velvet Nutella. Nggak ada yang bisa menolak semua menu di sini.

Alamat: 4 Jalan Pisang, S199071

Jam buka: Senin - Sabtu 12.00 - 19.00

Singapura saat ini mempersiapkan destinasinya dengan beragam penyesuaian baru agar kelak dapat menyambut wisatawan mancanegara dengan aman dan nyaman. Sebelum kamu angkat koper dan menikmati keindahan Singapura lagi, yuk #VisitSingapore secara virtual dulu dan catat rekomendasi artikel ini untuk hidupkan kembali impianmu travelling dari rumah. #SingapoReimagine

 

(*)

BERANI BERUBAH: Lepas Gengsi, Jemput Rezeki