Sukses

Cicip Makanan Indonesia, Solar MAMAMOO: Aku Cinta Kamu Petai

Selain menemukan kecintaan pada rasa petai, Solar MAMAMOO juga mencicip kembali makanan Indonesia favoritnya.

Liputan6.com, Jakarta - Palet rasa makanan Indonesia bukanlah hal yang baru bagi Solar MAMAMOO. Pemilik nama asli Kim Yong Sun ini sudah berulang kali mengatakan bahwa ia menyukai kuliner khas Indonesia, terutama nasi goreng.

Namun, melalui video di kanal YouTube-nya, baru-baru ini, leader grup MAMAMOO ini berkesempatan mencicip kuliner Indonesia secara lebih variatif. Klip berdurasi sembilan menit dan 52 detik ini merupakan hasil kolaborasi Solar dengan lifestyle influencer yang pernah tinggal di Indonesia, Sunny Dahye.

Di sana, perempuan yang besar di Bali ini telah mempersiapkan beberapa sajian Indonesia. Yang pertama dicicip Solar adalah ayam geprek. "Oh pedas sekali," katanya setelah suapan pertama, sambil terburu-buru menuangan minuman yang juga berasal dari Indonesia, yakni Tehbotol varian jasmine tea.

"Ini enak (tehbotol). Saya harus minum Tehbotol saat nanti saya ke Indonesia," ucapnya setelah mendapat penjelasan nama minuman tersebut dari Sunny. Dalam narasinya, co-founder brand kecantikan House of Fur ini mencoba mencari kuliner Korea yang punya cita rasa serupa agar Solar lebih mudah memahami.

Hidangan selanjutnya yang dicicip Solar adalah iga bakar yang disajikan bersama nasi goreng. "Wah ini gila (enak sekali). Dagingnya empuk banget," ucapnya kemudian diikuti dengan menyuap kuliner favoritnya, nasi goreng.

"Adakah satu sajian yang langsung terpikirkan saat seseorang memikirkan makanan Indonesia?" tanya Solar. "Ada," sahut Sunny, mengenalkan rendang yang pernah didapuk sebagai makanan terlezat di dunia oleh CNN.

Setelah mencicipi, Solar MAMAMOO mendeskripsikan rendang sebagai sajian yang punya rasa rempah yang hanya didapatkan di makanan Indonesia. "Saya pikir, rasa rempah Indonesia selalu menambah istimewa berbagai sajiannya," ucap Solar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jatuh Hati pada Rasa Petai

Melanjutkan cicip-cicip makanan Indonesia, Solar MAMAMOO sampai di pilihan lebih tidak biasa. Sunny merekomendasikannya untuk makan jengkol yang disebutkan Solar bercita rasa mirip kentang.

"Dan ini, petai," sambung Sunny. Dengan peringatan bahwa aromanya akan sedikit tajam, Solar malah menciumnya lebih dulu, dan mengatakan aromanya enak. Kendati sempat diserang rasa pahit setelah gigitan pertama, idol 30 tahun ini tetap menyukai cita rasa petai.

Setelah selesai, ia pun memilih makanan mana yang paling disukai. "Karena saya memang suka nasi goreng, saya akan mengeluarkannya dari pilihan," kata Solar.

Ia pun memilih iga bakar sebagai sajian favorit. "Dan, secara tidak diduga, petai," sebut Solar. "Aku cinta kamu, petai."

Sambil mencicip makanan Indonesia, keduanya pun berbagi perpektif tentang interaksi budaya pop antara Indonesia dan Korea Selatan. Solar pun meningat kembali momen MAMAMOO sempat memakai batik dalam tur mereka ke Indonesia pada 2019 lalu.

Ia pun mengenang perjalanan ke Indonesia, dan bagaimana semua orang yang ditemuinya sangat ramah. "Pertamanya saya berpikir, bagaimana bisa semua orang ramah. Tapi, ternyata benar demikian," ucap idol yang mengaku sebagai penggemar lama BTS ini.

3 dari 3 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.