Sukses

Pariwisata Mulai Membaik, Tiket.com Ungkap 5 Besar Destinasi Wisata Favorit Indonesia di Awal 2021

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 memang belum berlalu, tapi dunia pariwisata sudah mulai menunjukkan tren meningkat. Hal itu dikatakan co-founder & Chief Marketing Officer Tiket.com Gaery Undarsa. Menurut Gaery, sejak kuartal IV tahun lalu beberapa bagian dari industri sudah mengarah kepada pemulihan.

"Sejak kuartal IV tahun lalu beberapa sektor di bidang travel dan pariwisata sudah mulai pulih. Tentunya belum seratus persen tapi sudah ke arah yang benar," terangnya dalam konferensi pers virtual, Senin, 19 April 2021.

Gaery menambahkan, di Tiket.com, pembelian tiket pesawat pada kuartal I-2021 naik 331 persen, booking hotel juga naik di angka 321 persen, dan tiket produk To Do di angka 10.083 persen.

Selain itu, di kuartal I-2021 Tiket.com juga mencatat pertumbuhan angka user sebesar 299 persen atau sekitar tiga kali lipat. Menurutnya, peningkatan angka-angka ini karena semakin tingginya kepastian pulihnya ekonomi di masa pandemi, terutama di bidang pariwisata.

Program vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan yang ketat di bagian-bagian bisnis pariwisata juga membuat masyarakat lebih tenang dan nyaman melakukan kegiatan pariwisata dan berpergian.

"Makanya di tahun ini kita optimistis karena program vaksinasi di indonesia itu. Indonesia termasuk salah satu negara yang paling cepat melakukan vaksinasi," ujarnya.

2 dari 4 halaman

Bermitra dengan Kemenparekraf

Pesta diskon tahunan Tiket.com Mendadak OTW (Online Tiket Week) yang digelar pada 5 – 11 April lalu berhasil memberikan pemasukan tambahan di awal kuartal II-2021.

Kampanye Mendadak OTW mendorong angka pembelian tiket pesawat sebesar 81 persen, booking hotel sebesar 131 persen, dan tiket TO DO sebesar 75 persen.

Sejak awal tahun, Tiket.com bermitra dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam mendorong popularitas sekaligus mengajak masyarakat untuk berwisata yang patuh protokol kesehatan ke destinasi super prioritas.

Dari catatan tiket.com, lima besar destinasi domestik pada kuartal I-2021 berdasarkan penjualan hotel pada saat Mendadak OTW adalah Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, dan Yogyakarta. Sedangkan untuk tiket pesawat, lima besar destinasi favorit adalah Surabaya, Medan, Makassar, Bali dan Yogyakarta.

3 dari 4 halaman

5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut: