Sukses

Filosofi Kerajinan Noken dalam Video Dokumenter Tali Yatoo Pengikat Papua

Video dokumenter kerajinan noken berjudul Tali Yatoo Pengikat Papua dapat disaksikan melalui platform streaming Vidio.

Liputan6.com, Jakarta - Noken adalah tas tradisional masyarakat Papua. Tas yang terbuat dari serat kayu ini begitu lekat dengan keseharian masyarakat Papua. Umumnya, warga setempat menggunakan noken untuk mengangkut hasil panen di kebun, hingga menggendong anak-anak.

Masyarakat Papua biasanya membawa noken bukan dengan tangan, melainkan dibebankan di atas kepala. Sebenarnya, noken tidak hanya sekadar benda multifungsi. Di balik itu, noken bermakna filosofis terkait dengan cara hidup dan budaya Papua.

Noken merepresentasikan simbol atas kehidupan yang baik, perdamaian, dan kesuburan di tanah Papua. Bahkan sejak 2012, UNESCO juga telah mengakui noken sebagai warisan budaya masyarakat Indonesia.

Memiliki nilai luhur yang diajarkan nenek moyang masyarakat Papua dari generasi ke generasi, Uniq On menyuguhkan sebuah video dokumenter singkat berjudul Tali Yatoo Pengikat Papua yang mengangkat informasi tentang noken.

Uniq On merupakan distributor konten yang menghadirkan beragam genre film dokumenter melalui platform streaming Vidio. Berbagai elemen kehidupan manusia, baik peristiwa, budaya, hingga keindahan alam di Indonesia dikemas dalam sebuah tayangan dokumenter khusus.

Bagi Anda yang ingin menonton dokumenter Tali Yatoo Pengikat Papua, bisa menyaksikannya pada video di bawah ini, atau kunjungi kanal Uniq On yang ada di platform streaming Vidio.

 

Saksikan videonya berikut ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.