Sukses

Fakta Menarik Dzaki Sukarno, Pria Keturunan Indonesia Peraih Tiket Emas American Idol

Dzaki Sukarno mendapat tiga yes dari juri American Idol dengan membawakan musik country.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Dzaki Sukarno mendadak jadi buah bibir. Pria keturunan Indonesia itu berhasil meraih tiket emas di ajang pencarian bakat American Idol 2021.

Dzaki yang kini berusia 20 tahun merupakan keturunan asli Indonesia. Ibu dan ayahnya orang Indonesia dan fasih berbahasa Indonesia hingga kini.

Di balik suaranya yang indah, ternyata Dzaki merupakan bagian dari Angkatan Udara AS. Selain bergabung dengan militer, ia juga seorang mahasiswa bisnis pertanian di New Mexico State University dan bekerja di industri pertanian.

Dzaki tinggal di La Cruces, New Mexico, bersama keluarganya. Ia mempunyai seorang saudara laki-laki dan dua saudara perempuan. Keikutsertaannya dalam ajang American Idol tak lepas dari ajakan temannya. Karena pandemi Covid-19, ia harus melalui audisi melalui aplikasi Zoom sebelum bertemu langsung dengan para juri.

"Awalnya saya nggak mau ikut, tapi saya bolos dari kelas dan ikut audisi. Dan sekarang saya di sini, Alhamdulillah," kata Dzaki, dikutip dari Youtube VOA, Kamis (18/3/2021).

Saat audisi itu, ia membawakan dua lagu country. Menurut Dzaki, musik countru merupakan dunianya. Ia terpengaruh lantaran kerap pergi ke country fair serta menonton rodeo.

Kesukaannya akan budaya country juga memengaruhi caranya berbusana. Ia pernah menghadiri perkumpulan komunitas Indonesia dengan penampilan yang berbeda yaitu menggunakan sepatu boots, celana jeans, ikat pinggang besar serta topi koboi. Karena itu pula, ia sempat disebut bukan orang Indonesia. Tetapi, ia sangat bangga bisa mewakili Indonesia dengan membawakan musik country.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

ST12 hingga Coboy Junior

Kesenangan Dzaki pada dunia musik dipengaruhi kedua orangtuanya. Dzaki mengaku ayah dan ibunya berbakat dalam dunia seni. Sejak kecil, ia kerap mendengarkan ayahnya bermain gitar, sedangkan ibunya sering mendengarkan lagu-lagu milik musisi Indonesia, seperti Melly Goeslow dan ST12.

Ia juga mengaku bahwa saat kecil kerap mendengarkan lagu-lagu milik Coboy Junior. Sampai sekarang, Dzaki masih sering mendengarkan lagu-lagu Indonesia bersama ibunya.

"Saya nggak tau kalau dia ikut audisi, tahunya pas dia udah dapet Golden Ticket. Saya dukung segala keputusannya selama itu baik untuk dia dan selalu berada di jalan yang lurus," kata M Eko Sukarno, ayah Dzaki.

Setelah mendapatkan tiga "yes" dan tiket emas, langkah Dzaki selanjutnya adalah berkompetisi di ronde "Hollywood Week". Langkahnya masih panjang dan ini merupakan langkah awal baginya.

Ia ingin mempersiapkan dengan sangat baik dan mempersembahkan penampilan terbaiknya pada babak berikutnya. Ia pun ingin mempersembahkan kesuksesan tersebut untuk keluarganya.

"Tujuan saya adalah dapat melangkah sejauh mungkin dalam kompetisi ini. Dari sana, saya mau buat musik saya sendiri. Saya ingin mempopulerkan nama saya terutama sebagai penyanyi country Indonesia. Sejauh ini, tidak ada penyanyi country yang berasal dari Indonesia dan saya ingin jadi yang pertama," kata Dzaki sembari menujukan wajah gembiranya. (Dinda Rizky Amalia Siregar)

3 dari 3 halaman

Pro-Kontra RUU Permusikan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.