Sukses

Langkah-Langkah Jalankan Bisnis Salon Selama Pandemi COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Adaptasi cepat dan tepat dibutuhkan untuk mempertahankan bisnis di kondisi tak biasa, seperti pandemi COVID-19. Dalam kasus ini, sektor bisnis salon pun tak masuk dalam pengecualian.

Praktik sarat akan kontak fisik, hal yang justru diminimalisir selama krisis kesehatan global, membuat pihaknya harus memutar otak demi mempertahankan layanan. Setelah tutup di awal pandemi, salon telah kembali buka dengan menerapkan protokol kesehatan.

Di samping memerhatikan dengan ketat pelaksanaan aturan tersebut, menurut Diana Hadisuwarno, Art Director Hairbeat Beauty Lounge, ada beberapa langkah lain untuk jadi catatan. Ini terutama dalam menjaga kesehatan dan memberi rasa aman, baik bagi pelanggan maupun staf.

"Sterilisasi alat. Itu harus dilakukan setelah melakukan tindakan pada satu pelanggan. Itu salah satu cara memberi kenyamanan dan perasaan aman saat tamu berada di salon," tutur Diana dalam peluncuran daring CBD Hair Institute, pekan lalu.

Juga, ia menyarankan untuk melalukan tes COVID-19, minimal rapid test antigen, untuk para karyawan. "Tidak kalah penting juga selalu memakai handuk sekali pakai," imbuhnya.

Selain dari sisi protokol kesehatan, kata Diana, inovasi juga harus dicanangkan di ranah pelayanan. Misalnya, dengan opsi express highlights hair. "Dengan begitu, konsumen tidak berada di salon pada waktu yang lama. Efisiensi waktu ini penting, mengingat orang menghindari berada terlalu lama di satu tempat," katanya.

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 4 halaman

Terus Upgrade Kemampuan

Kendati pandemi masih berlangsung, kata Diana, uprage kemampuan, entah secara skill pribadi maupun pemanfaatan teknologi harus tetap dilakukan. Karenanya, melalui kelas-kelas daring, tenaga salon dan penata rambut profesional tetap harus teredukasi akan tren terbaru.

Soal ini, Diana bersama CDB Hair Institute membuka kelas daring teknik-teknik penataan rambut. Ini akan diselenggarakan sebanyak tiga kali yang masing-masing berlangsung pada 9 dan 23 Maret, kemudian disambung pada 6 April 2021.

Tanpa biaya alias gratis, pendaftaran kelas daring ini bisa dilakukan dengan menghubungi narahubung yang nomornya tertera di akun Instagram @cbdprofessional. Lina Lesmana, Technical Hair Expert, menjelaskan bahwa materinya nanti berupa teknik-teknik penataan rambut, mulai dari cutting, sampai colouring.

3 dari 4 halaman

Infografis Jangan Lengah Protokol Kesehatan COVID-19

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: