Sukses

Apa Saja Aturan Membawa Powerbank ke Kabin Pesawat?

Liputan6.com, Jakarta - Ada sederet aturan yang wajib dipatuhi ketika akan naik pesawat udara. Salah satu yang perlu diketahui adalah mengenai membawa pengisi daya portabel atau powerbank.

Menurut keterangan yang disampaikan di akun Instagram resmi Yogyakarta International Airport (YIA), berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SE. 015 tahun 2018 tentang Ketentuan Membawa Pengisi Baterai Portable (Powerbank) dan Baterai Lithium Cadangan pada Pesawat Udara, terdapat beberapa peraturan yang perlu diketahui.

Pertama, powerbank atau Baterai Lithium cadangan dengan kapasitas tidak melebihi 20.000 mAh (100Wh) diizinkan untuk dibawa ke dalam pesawat udara.

Kedua, powerbank atau Baterai Lithium cadangan dengan kapasitas lebih dari 20.000 mAh (100Wh) tetapi tidak melebihi 32.000 mAh (160Wh) diizinkan maksimal dua unit tiap penumpang dengan persetujuan dari maskapai pengangkut.

Ketiga, powerbank atau Baterai Lithium cadangan dengan kapasitas melebihi 32.000 mAh (160Wh) atau tidak mencantumkan kapasitasnya dilarang dibawa masuk ke dalam pesawat udara.

Keempat, powerbank atau Baterai Lithium cadangan yang dibawa ke dalam pesawat udara harus dipastikan tidak terhubung dengan perangkat elektronik lain. Serta, powerbank ditempatkan pada bagasi kabin dan dilarang ditempatkan pada bagasi tercatat.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

 
2 dari 4 halaman

Tips Memelihara Powerbank

Dilansir dari laman Medium, Minggu, 7 Maret 2021, ada beberapa tips untuk memelihara powerbank. Pertama, jangan gunakan powerbank Anda di tempat yang panas dan lembap. Panas dan suhu yang berlebihan menyebabkan powerbank meledak.

Kedua, jangan gunakan ponsel saat mengisi daya. Menggunakan perangkat seluler saat mengisi daya, Anda mungkin memperhatikan bahwa perangkat menjadi panas. Jadi, jangan beraktivitas seperti bermain game atau mengobrol saat perangkat seluler Anda diisi daya oleh powerbank.

Ketiga, jangan mengisi daya powerbank hingga dayanya benar-benar habis. Keempat, gunakan dan isi ulang powerbank Anda sesering mungkin. Ini akan membantu menjaga powerbank Anda dan meningkatkan masa pakai baterai.

Kelima, rawat powerbank dengan hati-hati. Hindari menjatuhkan atau mengetuk. Jangan menaruh beban berat pada powerbank Anda. Jangan duduk di atasnya karena powerbank terlalu sensitif.

3 dari 4 halaman

6 Cara Hindari Covid-19 Saat Bepergian dengan Pesawat

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: