Sukses

10 Manfaat Cuka untuk Mempermudah Pekerjaan Rumah Tangga

Cuka merupakan bahan pembersih serbaguna yang bisa dimanfaatkan, mulai dari mengenyahkan noda di kaca jendela, sampai urine hewan peliharaan di karpet.

Liputan6.com, Jakarta - Telah lama sejak cuka dimanfaatkan jadi salah satu bahan penyedap makanan. Penambahannya memberi sensasi rasa asam nan segar pada sejumlah makanan. Kendati, penggunaannya juga bisa mempermudah pekerjaan rumah tangga.

Karena memiliki sifat asam yang tinggi, cuka dapat digunakan sebagai bahan pembersih serbaguna. Karenanya, tak heran bila bahan satu ini jadi andalan dalam mengatasi berbagai keperluan rumah tangga.

Dari sekian banyak, berikut beberapa manfaat cuka untuk keperluan rumah tangga seperti dilansir dari laman Today, Senin, 22 Februari 2021.

1. Pembersih kaca jendela

Caranya, campurkan cuka putih dan air dengan perbandingan yang sama. Lalu, semprotkan cairan tersebut ke kaca jendela. Lap dengan alat pembersih berbahan karet sampai bersih.

2. Bahan pencuci tirai

Cuka bisa membersihkan tirai yang biasanya dicuci dengan deterjen. Campurkan satu cangkir amonia, setengah cangkir cuka putih, seperempat cangkir soda kue, dan 3,8 liter air hangat. Lalu, gunakan spons atau kain untuk membersihkan tirai dengan campuran tersebut. Setelahnya, bilas dengan air bersih sebelum dijemur.

3. Pembersih mesin kopi

Melarutkan mineral dan penumpukan minyak pada mesin kopi, isi reservoir dengan cuka putih dan nyalakan mesin dengan memilih siklus penyeduhan kopi. Kosongkan teko. Bilas sisa cuka dengan menjalankan reservoir yang telah diisi air selama siklus pembuatan kopi.

4. Menghilangkan rumput

Cuka juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan rumput yang mengganggu di halaman rumah. Caranya, tinggal tuang cuka putih di area rumput yang tak diinginkan. Ulangi tahap ini sesuai kebutuhan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5. Jaga Kesegaran Bunga

Cuka juga bisa membuat bunga jadi segar dan bertahan lebih lama. Anda tinggal tambahkan dua sendok makan cuka putih dan dua sendok makan gula ke dalam vas yang sudah diisi air berukuran satu liter. Pangkas batang yang menganggu bunga Anda dan ganti air setiap hari atau saat bunga sudah mulai layu.

6. Pembersih barang dari tembaga, kuningan, dan timah

Untuk menghilangkan noda pada barang berbahan tembaga, kuningan, dan timah dengan mudah, Anda bisa oleskan campuran satu sendok teh garam, setengah cangkir cuka putih, dan secukupnya tepung untuk mengentalkan tekstur. Oleskan campuran itu dan biarkan selama 15 menit. Setelahnya, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain lembut.

7. Pembersih pemukaan bathtub

Bersihkan permukaan bathtub dengan lebih dulu mengelapnya dengan cuka putih, lalu disambung soda kue. Bilas kotoran dengan air bersih.

 

3 dari 4 halaman

8. Mengatasi Urine Hewan Peliharaan di Karpet

Pertama, bersihkan urine dengan meletakkan beberapa kain lap di atas area tersebut dan berjalan di atasnya. Pasalnya, tekanan ekstra bisa meningkatkan penyerapan. Ganti kain lap dan bersihkan sampai sebagian besar urine berhasil terserap.

Sebelum menggunakan cuka, uji ketahanan warna karpet dengan meneteskan cuka di area kecil, seperti di bagian ujung karpet. Jika warna tak luntur, basahi noda dengan larutan cuka putih dan air dalam perbandingan yang sama.

Diamkan selama 10 menit. Bersihkan seperti sebelumnya dengan mengganti kain lab sesuai kebutuhan. Saat sebagian besar karpet sudah kering, taburkan soda kue di area tersebut. Ini akan membantu menyerap bau. Kemudian, vakum area itu setelah sekitar satu jam.

9. Pembersih pintu kamar mandi

Membersihkan noda di pintu kamar mandi, Anda bisa menggunakan spons yang sudah dibasahi dengan cuka. Gosok sampai permukaannya bersih, dan tak perlu dibilas.

10. Pembilas pakaian

Cuka juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan residu deterjen pada pakaian. Caranya dengan menambah secangkir cuka dalam bilasan terakhir. Sebagai catatan, tambahkan dua cangkir cuka pada bilasan pakaian lebih berat. (Muhammad Thoifur)

4 dari 4 halaman

5 Benda Harus Sering Dibersihkan Hindari COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.