Sukses

Busana Klasik dan Penuh Makna Joe Biden-Kamala Harris di Pelantikan Presiden AS

Liputan6.com, Jakarta - Joe Biden dan Kamala Harris sudah resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS). Joe menjadi presiden AS ke-46 dan yang tertua dalam sejarah AS. Biden disumpah oleh Hakim Mahkamah Agung John Roberts di Gedung Capitol, Washington DC, AS, Rabu, 20 Januari 2021 waktu setempat.

Pelantikan Joe Biden dihadiri mantan presiden Barack Obama, Bill Clinton, dan George W. Bush. Namun, tidak dengan Donald Trump. Mantan Wakil Presiden Mike Pence turut hadir bersama istri. Tokoh senior Partai Republik, Senator Mitch McConnell, juga datang.

Semua peserta terpantau memakai masker. Pelantikan dibuka oleh Senator Amy Klobuchar. Dalam acara pelantikan tersebut, Joe Biden dan Jill Biden terlihat serasi bergandengan tangan berjalan dengan busana yang cukup menarik perhatian.

Jill mengenakan blazer berwarna biru laut dan masker sutra yang senada dengan warna busananya.  Sedangkan Joe tampil gagah dengan setelan jas hitam dengan dasi berwarna biru muda yang serasi dengan pakaian sang istri. Kombinasi ini membuat mereka berdua jadi bernuansa tenang tapi menarik perhatian.

Dilansir dari laman WWD, Rabu, 20 Januari 2021, Jill Biden menggunakan busana dari desainer Alexandra O'Neill, pendiri dan direktur kreatif Markarian yang berbasis di New York.

Markarian menjelaskan makna dibalik warna biru laut yang dipakai Joe Biden dan istri. "Warna biru dipilih untuk potongan-potongan itu untuk menandakan rasa percaya, kepercayaan diri, dan stabilitas," jelasnya. Jill melengkapi penampilannya dengan kalung putih yang bertaburkan berlian Swarovski.

2 dari 4 halaman

Warna Ungu Kamala Harris

Untuk pakaian Joe dibuat oleh desainer terkenal dan ikonik Amerika Serikat dan dunia, Ralph Lauren. Pilihan tersebut menunjukkan penghormatan Joe Biden pada mode Amerika klasik. Sebelumnya, Joe beberapa kali terlihat memakai kaos polo Ralph Lauren.

Wakil Presiden Kamala Harris yang dilantik lebih dulu, juga mengenakan blazer seperti Jill Biden, tapi ia lebih memilih warna ungu yang merupakan rancanan desainer kulit hitam Christopher John Rogers dan Sergio Hudson. Warna ungu sendiri kerap menjadi simbol pemersatu dan perdamaian. Harris diyakini ingin menyampaikan pesan agar warga Amerika tidak terbelah dan tetap bersatu.

Sementara sang suami Doug Emhoff, juga mengenakan setelan jas rancangan Ralph Lauren. Mereka semua, kecuali Joe Biden, terlihat memakai sarung tangan dalam acara pelantikan tersebut.

3 dari 4 halaman

Infografis Peta kemenangan Presiden AS

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: