Sukses

Apa yang Perlu Diwaspadai Setelah Gempa Terjadi?

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa wilayah di Tanah Air diguncang gempa di awal 2021. Sebut saja gempa magnitudo 5,9 mengguncang Majene, Sulawesi Barat, Kamis, 14 Januari 2021 pukul 13.35 WIB.

Lalu, sejumlah bangunan bertingkat di kota Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, roboh akibat gempa berkekuatan 6,2 skala richter yang berpusat di Majene Jumat. Adapun gempa ini terjadi pukul 02.28 WITA.

Terkait soal gempa, ada sederet hal yang perlu diwaspadai warga setelah gempa terjadi. Dilansir dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Jumat (15/1/2021), jika Anda ada di dalam bangunan, segera keluar dari bangunan itu dengan tertib.

Langkah selanjutnya adalah jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, tapi gunakanlah tangga biasa. Disampaikan pula untuk memeriksa apakah ada yang terluka. Jika ada, lakukan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan atau P3K.

Jika diperlukan, mintalah pertolongan bila ada yang terluka parah. Selain itu, periksa pula lingkungan sekitar Anda, mulai dari periksa apabila terjadi kebakaran, kebocoran gas, hubungan arus pendek listrik, aliran dan pipi air, hingga hal-hal yang membahayakan lain.

Langkah antisipasi setelah gempa selanjutnya adalah jangan memasuki bangunan yang terkena gempa. Dikarenakan kemungkinan masih terdapat reruntuhan gempa di sana.

2 dari 4 halaman

Antisipasi Gempa

Hal yang perlu diwaspadai lainnya usai gempa terjadi, jangan berjalan di daerah sekitar gempa. Hal ini dilakukan mengingat adanya kemungkinan terjadi bahaya susulan masih ada.

Cara mengantisipasi selanjutnya, Anda dapat mendengarkan informasi selanjutnya dari berbagai media, apabila terjadi gempa susulan. Diimbau untuk tidak mudah terpancing kabar yang tidak jelas sumbernya.

Selanjutnya, mengisi angket yang diberikan instansi terkait. Hal tersebut dilakukan guna mengetahui seberapa besar kerusakan yang terjadi akibat gempa yang mengguncang.Juga, jangan panik dan jangan lupa berdoa.

3 dari 4 halaman

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: